Kalimantan Timur

Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Objek Wisata Andalan Kutai Kartanegara

Lokasi: Jl. H. Bachrin Seman No.RT.12, Mangkurawang, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara.
MapCek Lokasi

Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda cukup bosan dengan mall dan pusat perbelanjaan. Salah satu rekomendasi destinasi wisata di Kutai Kartanegara, yang bisa Anda kunjungi yaitu Ladang Budaya Tenggarong. Tempat wisata ini terdiri dari bangunan kayu yang unik dengan beberapa wahana permainan yang menarik. Untuk lebih jelasnya mengenai Ladaya Tenggarong, yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik Ladang Budaya Tenggarong

Daya Tarik Ladang Budaya Tenggarong

Image Credit: Mindalubis.com

Ladaya atau Ladang Budaya merupakan kawasan wisata yang dikelola oleh Yayasan Lanjong. Tempat ini memiliki fungsi utama sebagai kawasan outbond. Namun, berbeda dengan tempat outbound lain yang biasanya jauh dari tempat keramaian, Ladaya terletak tidak jauh dengan pusat kota. Selain itu, di tempat ini juga memiliki suasana yang masih asri, dimana banyak pohon yang tumbuh di sekitar kawasan objek wisata ini.

Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, terutama jika mengajak anak-anak. Terdapat berbagai wahana permainan yang menarik, salah satunya yaitu flying fox. Di Ladang Budaya juga terdapat Mini zoo yang menjadi habitat dari binatang endemik dari pulau Borneo. Adapun binatang yang bisa ditemui di tempat ini yaitu Burung Enggang, Beruang Madu hingga Burung Merak. Sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mengenal hewan khas Kalimantan.

Di tempat ini juga dibangun Odah Rehat yang merupakan bangunan kecil dengan bentuk sederhana yang menggunakan arsitek khas Rumah Tradisional Kutai. Odat Rehat berfungsi sebagai tempat istirahat bagi para wisatawan, sembari menikmati suasana di tempat ini. Terdapat sekitar 22 unit Odah Rehat yang dibangun di tempat ini. Bahkan banyak pengunjung yang rela mengantri agar dapat bisa menikmati Odah Rehat di Ladaya.

BACA JUGA:  Danau Cermin Lamaru, Danau Cantik di Balikpapan

Akses Menuju Lokasi & Tiket Masuk Ladaya

Akses Menuju Lokasi & Tiket Masuk Ladaya

Image Credit: Twitter.com @MINCHULHC

Karena letaknya yang tidak jauh dari kota Tenggarong, akses menuju lokasi ini cukup mudah. Baik pengunjung dari kota Tenggarong maupun luar kota, menuju tempat ini tidaklah membingungkan. Tempat ini berada di H. Bachrin Seman Mangkurawang, Tenggarong. Ladang Budaya Tenggarong tidak jauh dengan kawasan sungai. Sehingga bisa dicari dengan menggunakan google maps.

Jika masih bingung, Anda juga bisa menanyakan kepada penduduk setempat untuk menunjukkan arah wisata ini, atau membaca petunjuk arah menuju Ladang Budaya. Jam operasional tempat wisata ini dibuka mulai dari 09.00 hingga 18.00 WITA. Tentunya jika Anda mengunjungi dari awal dibuka, maka waktu yang digunakan untuk menikmati liburan di sini akan semakin lama.

Harga tiket masuk yang dikenakan juga cukup murah. Tiket masuk untuk orang dewasa dibebankan biaya sekitar Rp 10 ribu, sedangkan untuk anak anak hanya sekitar Rp 5 ribu. Dengan biaya yang cukup murah tersebut, tak heran jika tempat ini menjadi wisata andalan untuk keluarga saat liburan. Mengingat kebanyakan tempat perbelanjaan dinilai sudah sangat biasa. Selain itu, adanya banyak wahana yang bisa dicoba membuat anak anak semakin senang.

Awal Mula Pembangunan Ladaya Tenggarong

Awal Mula Pembangunan Ladaya Tenggarong

Image Credit: Suara.com

Tempat wisata ini dibangun pada tahun 2015. Sejak awal dibangun, sudah banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Ladang budaya menyatu dengan berbagai panggung seni yang rutin digelar berbagai kegiatan. Pembangunan tempat ini tergolong cukup unik. Pasalnya, pemiliknya tidak ingin ada pohon yang ditebang, sehingga pembangunan menyesuaikan dengan lokasi sebelumnya.

Dengan demikian, pembangunan di tempat wisata ini dinilai tidak merusak ekosistem yang ada. Bahkan untuk mendirikan bangunan, tidak ada satupun pohon yang ditebang. Penginapan terdiri dari rumah pohon dan rumah adat. Di bagian depan diberi nama daerah yang ada di Kutai Kartanegara. Ada yang diberi nama Senipah, Anggana, Kembang Janggut dan lain lain. Di tempat ini, juga terdapat miniatur pesawat tempur dengan mobil tempur yang didesain mirip aslinya.

BACA JUGA:  10 Taman di Balikpapan yang Cocok untuk Refreshing

Fasilitas yang Tersedia di Ladang Budaya

Fasilitas yang Tersedia di Ladang Budaya

Image Credit: Tripadvisor.com

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, dimana terdapat tiga kawasan utama yaitu kawasan outbond yang berupa paintball, playground dan camping ground. Arena outbond yang ada di tempat ini menyediakan berbagai fasilitas permainan outdoor yang menarik, mulai dari flying fox hingga berjalan di atas papan dengan ketinggian 4 meter. Tersedia permainan menyusuri titian di atas sebuah tali yang terbuat dari baja. Selain bisa dinikmati orang dewasa, permainan ini juga bisa dicoba anak anak.

Selain itu, terdapat fasilitas yang lain seperti toilet, kantin dan mushola hingga kebun binatang. Jika pengunjung merasa lapar, terdapat restoran yang bisa dikunjungi. Bahkan hampir sepanjang memasuki Ladaya Tenggarong, pengunjung akan menyusuri pedagang makanan dan minuman, layaknya berjalan di kereta api. Harga makanan di tempat ini juga tergolong murah, sehingga tidak akan menguras kantong anda.

Di tempat ini juga disediakan tempat penginapan bagi pengunjung yang berasal dari tempat yang jauh. Rumah penginapan dibangun dari kayu, dan disewakan dengan tarif yang bervariasi tergantung dari fasilitas yang diberikan. Tempat penginapan juga sudah menyediakan sarapan gratis. Luas rumah sewa ini cukup untuk dihuni oleh satu keluarga yaitu sekitar 4 orang. Selain kamar tidur, di setiap rumah juga sudah disediakan toilet.

Kegiatan Menarik di Ladang Budaya Tenggarong

Kegiatan Menarik di Ladang Budaya Tenggarong

Image Credit: Ramahtraveler.com

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Kegiatan utama di tempat ini memang untuk bermain outbond. Menikmati wahana permainan yang seru dan menantang adrenalin seperti flying fox, tentunya akan membuat semangat Anda kembali lagi. Apalagi jika liburan dilakukan bersama keluarga maupun teman terdekat. Namun, perlu diketahui jika menikmati wahana permainan di tempat ini pengunjung akan dikenakan biaya tambahan.

BACA JUGA:  10 Cafe di Samarinda yang Instagramable & Paling Hits

Jika memang Anda memiliki budget yang pas pasan, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa melihat Mini Zoo, sembari mengenalkan kepada anak anak mengenai hewan hewan yang ada di tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana di tempat ini dengan duduk santai di tempat duduk yang telah disediakan. Terdapat juga tempat bermain untuk anak anak, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat sedang mengajak anak anak.

Salah satu yang paling diincar oleh pengunjung yaitu berfoto dengan latar odah rehat. Karena bangunannya yang unik, dan tampak jarang ditemukan apalagi di tempat lain seperti Jawa. Bahkan tempat ini menjadi ikon dari Ladaya sendiri. Ada banyak spot spot menarik yang bisa digunakan untuk mengambil gambar. Beberapa diantaranya di atas jembatan dengan odah rehat, atau tepat di depan odah rehat itu sendiri.

Mengunjungi Ladaya Tenggarong tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain menikmati permainan dan berinteraksi dengan hewan endemik yang ada di sana, pengunjung juga dapat menginap di Odah Rehat yang dibangun dengan bentuk rumah tradisional khas Kutai. Tempat ini berada tidak jauh dari kota Tenggarong, sehingga akses menuju tempat wisata ini cukup mudah.