Kalimantan Barat

7 Kue Khas Pontianak yang Wajib Anda Coba

Mengunjungi salah satu wilayah di Nusantara, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khasnya. Hal ini pula yang perlu untuk Anda lakukan ketika sedang berkunjung di Pontianak. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di ibukota Kalimantan Barat ini, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai kue khas yang menjadi kebanggaan masyarakat di kota Pontianak.

Berikut beberapa jenis kue khas yang lezat dan wajib untuk Anda cicipi ketika berkunjung.

1. Cha Kwe atau Choi Pan

Cha Kwe atau Choi Pan

Image Credit: Kumparan.com

Untuk Anda yang sedang mengunjungi kota satu ini, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kudapan khas kota Pontianak. Salah satu jenis kue yang wajib untuk Anda coba adalah cha kwe atau yang akrab juga disebut dengan choi pan. Untuk kue satu ini tentu saja sudah sangat terkenal di kota Pontianak. Sehingga Anda pun akan dapat dengan mudah untuk menemukan cha kwe ketika sedang berjalan jalan.

Kelezatan dari kue yang berisi sayur dan dibungkus dengan adonan tepung beras ini pun akan sukses menggoyang lidah anda. Untuk di Pontianak sendiri, biasanya akan terdapat dua jenis cha kwe atau choi pan ini. Dimana ada yang digoreng dan juga ada yang dikukus. Sedangkan untuk isiannya sendiri pun juga beragam yakni mulai dari yang isi kacang, kucai hingga rebung serta talas dan bengkoang pun akan tersedia di jajanan satu ini.

2. Mochi Pontianak

Mochi Pontianak

Image Credit: Kumparan.com

Siapa sih dari Anda yang merupakan penggemar mochi? Jika Anda merupakan salah satunya, maka Anda pun wajib untuk merasakan kelezatan dari Mochi Pontianak. Hal ini dikarenakan mochi yang berasal dari kota Pontianak agak sedikit berbeda dengan mochi pada umumnya. Dimana mochi yang umumnya berbentuk bulat dan ditaburi tepung, maka untuk mochi yang berada di kota ini pun akan memiliki bentuk yang sedikit berbeda.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Panjang, Destinasi Wisata Favorit di Singkawang

Hal tersebut dikarenakan mochi satu ini akan dibuat dengan menggunakan adonan tepung yang berasal dari tepung kanji. Kemudian, ketika sudah masaka maka kue ini akan dipotong dengan memiliki bentuk kotak dan juga tidak berisikan kacang. Melainkan kacang tersebut nantinya akan ditaburkan diatas mochi dan diaduk hingga adonan berubah menjadi wangi. Dan untuk rasanya pun juga akan membuat Anda menjadi ketagihan pastinya.

3. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar

Image Credit: Merdeka.com

Selain itu, ketika berada di Pontianak pastikan Anda untuk mencicipi kudapan unik satu ini. Pasalnya, Anda pun tak akan menemukan kue satu ini ketika berada di luar Pontianak. Memiliki nama kue kantong semar, jajanan ini merupakan cemilan khas dari ibukota Kalimantan Barat yang berasal dari pedalaman dan sekitar pesisir daerah setempat.

Dengan memiliki rasa yang khas, kue satu ini pun juga dibuat dengan bahan adonan yang beradal dari beras pulut. Yang kemudian dicampurkan dengan kacang merah kukus dan dibungkus dengan kantong semar. Kue satu ini pun merupakan cemilan yang wajib disajikan ketika acara-acara besar seperti hari raya Idul Fitri, acara adat dan juga acata pernikahan. Sehingga Anda pun wajib untuk mencoba kudapan ini ketika berada di Pontianak.

4. Jorong-Jorong

Jorong-Jorong

Image Credit: Daengpajoka.com

Memiliki nama yang unik, ternyata juga ada keunikan lain dari kue jorong-jorong ini. Dimana untuk menikmati kue satu ini, Anda pun hanya bisa menjumpainya ketika bulan Ramadhan tiba. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kue satu ini yang cukup sulit sehingga hanya pada saat tertentu saja Anda akan bisa untuk menjumpainya. Dengan memiliki bahan baku utama berupa tepung beras dan santan, maka kue satu ini pun akan memiliki cita rasa yang enak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kayong Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk membuat kue satu ini juga akan dibutuhkan tangan yang handal dan terampil. Sehingga nantinya akan menghasilkan rasa kue jorong-jorong yang enak. Untuk itu, Anda pun tak bisa sembarangan untuk membuatnya. Hal ini dikarenakan ketika Anda salah sedikit saja di dalam memasukkan bahan, maka nantinya rasa yang akan dihasilkan dalam kue jorong-jorong ini pun akan menjadi berubah.

5. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Ksmtour.com

Jika Anda merupakan merupakan penggemar dodol, maka ketika berada di Pontianak Anda pun harus mencoba Lempok Durian. Pasalnya, kudapan satu ini memiliki cara pengolahan dan bentuk yang mirip sekali dengan dodol. Perbedaan yang terdapat di dalam kue satu ini hanyalah terletak dari bahannya saja. Dimana penggunaan buah durian dari kue ini yang cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan dodol.

Hal ini tentu saja dikarenakan karena kota Pontianak merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan buah duriannya. Sehingga dengan banyaknya durian tersebut dapat dijadikan bahan baku untuk membuat lempuk yang dapat bertahan dengan lebih lama. Untuk itu, ketika sedang berwisata ke kota satu ini, Anda wajib untuk mencicipinya. Terlebih lagi bagi Anda yang memang menyukai buah durian.

6. Kiam Ko Kwe

Kiam Ko Kwe

Image Credit: Foodnesia.net

Kue lain yang bisa untuk Anda jadikan cemilan adalah kue Kiam Ko Kwe. Kue satu ini merupakan kue khas tradisional dari Pontianak yang memiliki rasa yang enak dan juga halal. Dengan memiliki bahan dasar berupa tepung beras dan juga taburan ayam cincang diatasnya, maka hal ini akan membuat kue tersebut memiliki cita rasa yang gurih dan lezat untuk Anda nikmati.

Kue khas satu ini tentu saja akan cocok sebagai menu pendamping ketika sedang ngeteh di sore maupun pagi hari. Untuk Anda yang tidak berkesempatan untuk datang ke Pontianak dan penasaran akan kue satu ini, maka Anda pun bisa membuatnya sendiiri di rumah. Hal ini dikarenakan telah banyak resep yang beredar untuk membuat kue satu ini. Namun jika Anda ingin  mencobanya secara langsung, maka Anda pun bisa singgah ke kota Pontianak.

BACA JUGA:  Keunikan Rumah Betang - Rumah Adat Suku Dayak

7. Bingke Berendam Pontianak

Bingke Berendam Pontianak

Image Credit: Pontibonticake.com

Jajanan satu ini merupakan kudapan khas dari Pontianak yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Apalagi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, hidangan satu ini pun akan kerap kali Anda jumpai di pasar Ramadhan. Untuk kue satu ini pun terdiri dari berbagai macam rasa. Mulai dari rasa keju, jagung, susu, kacang hijau hingga ubi yang memiliki rasa coklat dan asin.

Di jaman dahulu, pembuatan kue satu ini sangat susah dikarenakan harus dibakar dengan menggunakan kayu yang sulit untuk didapat. Dengan memiliki jangka waktu yang tahan hingga 3 hari, maka kue ini pun akan menjadi buah tangan yang cocok untuk kerabat anda. Selain untuk oleh-oleh, biasanya masyarakat Pontianak akan menyajikan kue satu ini sebagai menu untuk berbuka puasa.

Itulah 7 kue khas yang bisa untuk Anda coba ketika berada di Pontianak. Dengan memiliki beragam rasa, mulai yang manis hingga gurih maka Anda pun bisa memilih yang sesuai dengan selera anda. Untuk itu, ketika Anda sedang melakukan kunjungan di Pontianak ada baiknya Anda untuk mencicipi beberapa kue khas yang ada di daerah tersebut.