Kalimantan Timur

Kebun Raya Unmul Samarinda, Tempat Rekreasi Favorit

Lokasi: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
MapCek Lokasi

Liburan akan terasa lebih menyenangkan jika diisi dengan mengunjungi tempat rekreasi. Rasa penat akibat aktivitas rutin akan menjadi hilang dengan ketika anda menghabiskan liburan di tempat wisata. Salah satu pilihan tempat rekreasi yang paling tepat untuk tujuan liburan adalah Kebun Raya Unmul Samarinda.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Samarinda, Kalimantan Timur, wajib mampir ke tempat rekreasi ini. Berikut ini alasan mengapa Kebun Raya Unmul Samarinda menjadi tempat rekreasi favorit.

Liburan yang Menyenangkan Kebun Raya Unmul

Liburan yang Menyenangkan Kebun Raya Unmul

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Mengunjungi tempat ini, anda bisa melihat beberapa koleksi binatang yang ada seperti orangutan, buaya kancil, kuda hingga elang kepala putih. Tidak hanya itu, di kebun raya unmul juga terdapat museum yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis kayu yang dikumpukan dari berbagai daerah yang ada di kalimantan. Dan hal yang menarik lainnya adalah, terdapat danau buatan yang semakin memperindah kebun raya unmul samarinda.

Tempat rekreasi ini ditumbuhi pepohonan yang membuatnya tampak semakin sejuk. Udara segar di tempat ini, akan membuat anda semakin betah untuk berlama lama di sini. Kebun Raya Unmul Samarinda cukup luas sehingga anda bisa berlarian kecil mengelilinginya. Jika sudah lelah, maka anda bisa beristirahat di gazebo yang sudah tersedia hampir di setiap sudut tempat ini. Sembari membeli makanan yang dijual di rumah makan sekitar tempat ini.

Saat memasuki hari libur besar, biasanya di tempat ini disediakan berbagai permainan yang menarik, diantaranya seperti gokart, bianglala, komedi putar hingga motor ATV. Namun, untuk menikmati wahana permainan terssebut biasanya diharuskan membeli tiket terlebih dahulu. Dan yang tidak kalah menarik di tempat ini, yaitu adanya jalur refleksi pijat yang memiliki lintasan sepanjang 25 meter, yaitu jalanan berupa kerikil untuk memijat telapak kaki.

BACA JUGA:  10 Mall di Samarinda yang Wajib Anda Kunjungi

Sejarah Singkat Kebun Raya Unmul Samarinda

Sejarah Singkat Kebun Raya Unmul Samarinda

Image Credit: Wisatagung.com

Unmul sendiri merupakan singkatan dari Universitas Mulawarman. Hal ini dikarenakan pada zaman dulu yaitu tepatnya pada tahun 1974, kebun raya ini merupakan kawasan hutan Konservasi milik dari Universitas Mulawarwan. Tempat dengan luas sekitar 300 hektar ini biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul para mahasiswa Universitas Mulawarman. Lokasi ini juga seringkali digunakan sebagai tempat penelitian mahasiswa yang memasuki semester akhir.

Namun pada tahun 2001, 62 hektar dari lahan tersebut kemudian diubah fungsikan menjadi tempat wisata dan mendapat dukungan dari walikota setempat. Pihak pemerintah setempat kemudian membangun fasilitas jalan, fasilitas danau buatan, fasilitas panggung hiburan dan fasilitas olahraga ditambah lagi dengan adanya taman bunga, taman burung dan peerahu wisata. Hingga saat ini kebun raya tersebut sudah dibuka untuk umum, sehingga anda juga bisa mengunjungi tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia Lengkap

Fasilitas yang Tersedia Lengkap

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Ketika mengunjungi tempat rekreasi, fasilitas menjadi salah satu faktor yang cukup penting. Hal ini dikarenakan adanya fasilitas yang lengkap dan menunjang kegiatan rekreasi, akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan. Berbeda dengan tempat wisata yang kurang fasilitas, pastinya pengunjung akan merasa kecewa karena liburan yang harusnya dinikmati dengan senang, justru menjadi terganggu. Namun, anda tidak  perlu khawatir jika berkunjung ke Kebun Raya Unmul Samarinda.

Di tempat ini disediakan beberapa fasilitas diantaranya area parkir yang luas dan nyaman untuk memarkirkan kendaraan anda. Tersedia juga beberapa tempat makan yang bisa anda tuju ketika sedang lapar. Bagi anda yang ingin menginap di daerah sekitar taman rekreasi ini, terdapat beberapa penginapan dengan harga terjangkau yang bisa anda tuju. Fasilitas yang sangat menyenangkan bagi anda yang berasal dari luar kota tentunya.

BACA JUGA:  Pantai Kemala, Destinasi Bahari Favorit di Balikpapan

Akses Menuju Kebun Raya Unmul

Akses Menuju Kebun Raya Unmul

Image Credit: Pidii.info

Ketika berencana mengunjungi tempat ini, pastinya anda akan berfikir bagaimana akses menuju Kebun Raya Unmul Samarinda. Kesulitan jalan yang dilalui, bisa menyebabkan perjalanan anda menjadi kurang menyenangkan. Begitupun dengan ketersediaan angkutan menuju lokasi, jika memang anda berasal dari luar kota. Untuk masalah ini anda tidak perlu khawatir lagi, akses menuju Kebun Raya Unmul sangatlah mudah. Lokasi tempat ini juga cukup dekat dengan pusat kota Samarinda.

Tempat wisata ini berada di Jalan Kuaro, Gn Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Kebun Raya Unmul Samarinda biasanya buka pada pukul 09.00 hingga 17.00, kecuali pada hari jum’at. Jadi untuk mengunjungi tempat ini jangan terlalu pagi, karena dikhawatirkan tempat rekreasi belum dibuka. Namun, usahakan untuk tidak mengunjunginya pada sore hari, karena waktu anda di tempat ini akan sangat terbatas sehingga anda kurang puas mengelilinginya.

Perjalanan dari Samarinda menuju tempat rekreasi ini berjarak sekitar 15 km. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum, yaitu naik angkot dengan nomor f yang berwarna kuning. Angkot ini biasanya melayani perjalanan melewati jalur Pasar Segiri menuju Sungai Siring, namun setelahnya harus berjalan kaki. Anda juga bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, pastikan dengan melihat peta atau google maps agar anda tidak sampai tersesat.

Kegiatan Menarik yang Bisa dilakukan di Kebun Raya Unmul

Kegiatan Menarik yang Bisa dilakukan di Kebun Raya Unmul

Image Credit: Picuki.com @danafebrian_

Di tempat ini anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang cukup menarik, diantaranya anda bisa mengelilingi danau untuk melihat keindahan pemandangannya. Anda bisa melakukannya dengan menyewa sepeda air yang sudah disediakan oleh pengelola wisata setempat. Selain itu, anda juga bisa bermain bersama beberapa hewan yang ada di kebun binatang mini. Pastinya ini juga akan terasa menarik jika anda ternyata juga membawa anak kecil ke tempat rekreasi ini.

BACA JUGA:  10 Cafe di Samarinda yang Instagramable & Paling Hits

Di tempat ini juga disediakan kolam pemancingan yang bisa digunakan oleh pengunjung yang memiliki hobi memancing. Selain itu, terdapat pula panggung terbuka yang terkadang digunakan untuk mengadakan suatu pagelaran. Dan yang tidak kalah menarik adalah menyaksikan koleksi kayu yang tersimpan di dalam museum. Tak jauh dari museum ini, anda akan menemukan pintu gerbang Praja Muda Karana yang biasanya digunakan untuk tempat berkemah.

Wisata Edukasi di Kebun Raya Unmul Samarinda

Wisata Edukasi di Kebun Raya Unmul Samarinda

Image Credit: Idntimes.com

Selain untuk kegiatan liburan, di sini anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru yang mungkin tidak didapatkan di tempat wisata lain. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Anda bisa belajar banyak hal seperti mengenal beberapa jenis pohon yang ada di tempat rekreasi ini. Pasalnya, Kebun Raya Unmul Samarinda ditumbuhi dengan banyak pepohonan yang rindang dan meneduhkan.

Di beberapa pohon tersebut sudah dilabeli dengan nama spesiesnya, sehingga anda bisa mengetahuinya dengan mudah. Tidak hanya itu, adanya museum yang menyimpan kayu dari berbagai tempat di Kalimantan, juga menjadi salah satu edukasi kepada wisatawan untuk mengenalkan salah satu kekhasan dari kayu Kalimantan. Sangat menarik bukan?

Kebun Raya Unmul Samarinda menjadi kebun raya favorit dikarenakan tempat ini menyediakan berbagai fasilitas yang cukup menarik seperti adanya gazebo di setiap tempat, adanya kebun binatang mini, museum untuk koleksi kayu yang ada di Kalimantan serta jalur pijat refleksi. Akses menuju lokasi ini juga cukup mudah, dimana anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun, pastikan untuk mengunjunginya tidak lebih dari jam 17.00.