Kalimantan Selatan

Kebun Raya Banua Banjarbaru, Wisata Seru Melihat Ribuan Koleksi Tanaman Langka

Lokasi: Jl. Aneka Tambang, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.
MapCek Lokasi

Ingin mencari wisata edukasi sekaligus memiliki pemandangan yang bagus? Maka Anda pun bisa mengunjungi Kebun Raya Banua yang berada di Banjarbaru. Di tempat wisata satu ini, maka Anda pun akan bisa untuk menikmati beragam koleksi tanaman langka. Hal ini tentu saja menjadi salah satu alternatif liburan bagi keluarga Anda saat berada di Kalimantan Selatan. Bagi Anda yang penasaran, simak ulasan mengenai kebun raya ini.

Sekilas Tentang Kebun Raya Banua

Sekilas Tentang Kebun Raya Banua

Image Credit: Lulukhodijah.com

Untuk Anda yang sedang mencari tempat berlibur, maka kebun raya ini dapat Anda jadikan salah satu destinasi wisata yang bisa untuk Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan Kebun Raya Banua menyediakan destinasi wisata yang menyenangkan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Ditambah lagi, ketika Anda berada di tempat satu ini maka Anda pun juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang alami dan udara yang sejuk.

Sehingga bagi Anda yang ingin untuk menghilangkan penat dengan berbagai urusan kerjaan maka Anda pun bisa mengunjungi tempat satu ini. Dengan datang ke tempat wisata satu ini dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Dengan wisata yang asri dan juga angin yang semilir, tentu saja akan mampu untuk menenangkan pikiran anda.

Dengan lahan sekitar 100 hektar tersebut, maka tempat ini dijadikan sebagai wisata lingkungan yang sangat besar dan terlengkap yang ada di Kalimantan. Pasalnya, di sini juga menjadi salah satu tempat untuk pengembangan, perlindungan dan juga penyelamatan dari berbagai macam tanaman lokal yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Image Credit: Kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Diantara tanaman tersebut adalah pohon kayu besi atau yang sering disebut dengan kayu ulin. Dimana tanaman satu ini semakin hari memiliki tingkat kepunahan yang tinggi. Selain pohon tersebut, juga terdapat beberapa spesies pohon buah yang langka dan telah dinyataakn punah di habitat alaminya. Buah tersebut adalah pohon buah Kelangkala, Kasturi, Binjai dan juga sebagainya.

BACA JUGA:  11 Rumah Adat Suku Banjar

Untuk itu, tempat wisata satu ini sangat bagus sebagai sarana edukasi bagi anak anda. Sehingga mereka pun menjadi tahu lebih banyak mengenai berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di Kalimantan Selatan. Kebun Raya Banua sendiri telah mempunyai beragam koleksi tanaman yang langka. Untuk jumlahnya sendiri yakni sekitar 3.000 pohon, dimana tanaman tersebut didapatkan dari berbagai sumber.

Mulai dari organisasi pecinta lingkungan, perusahaan swasta, bantuan dari pemerintah dan juga koleksi dari masyarakat. Untuk itu, pihak pengelola pun masih terus berburu koleksi dari tanaman langka yang berada di Kalimantan Selatan. Dimana daerah ujung yang masih memiliki ekosistem hutan dengan berbagai macam koleksi tanaman yang cukup lengkap. Sebut saja, seperti di Kabupaten Tabalong, Balangan, Tanah Laut, Tanah Bambu dan Kotabaru.

Sejarah Singkat dari Kebun Raya Banua

Sejarah Singkat dari Kebun Raya Banua

Image Credit: Kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Kebun Raya Banua merupakan salah satu kebun raya yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Dimana untuk lokasinya sendiri yakni berada di dalam kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatab, tepatnya di Banjarbaru. Untuk perencanaan pembangungan dari kebun raya ini dilakukan pada 13 Februari 2013. Dimana dicanangkan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H. Rudy Resnawan.

Kemudian di tahun 2016 yakni pada tanggal 8 Desember, Kebun Raya Banua ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan yakni H. Sahbirin Noot. Tema untuk konservasi tumbuhan secara ex situ dari kebun raya ini adalah Tumbuhan Berkhasiat Obat Kalimantan Selatan. Kebun raya ini pun hingga pertengahan tahun 2019, telah mengelola beberapa zona koleksi tumbuhan.

Untuk koleksi tersebut, diantaranya adalah zona koleksi tumbuhan obat dan zona koleksi tumbuhan kayu. Selain itu, ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini maka Anda pun juga akan menemukan zona koleksi tumbuhan atsiri, zona aromatik dan rempah, koleksi tumbuhan anggrek di pembibitan, zona koleksi tumbuhan buah, dan zona koleksi tumbuhan dikotil.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Balangan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Banjarbaru

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Banjarbaru

Image Credit: Kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Saat Anda berkunjung ke tempat satu ini, maka Anda pun akan bisa mendapatkan berbagai macam pengetahuan mengenai tumbuhan. Untuk itu, terdapat beberapa keunggulan yang bisa untuk Anda dapatkan di tempat satu ini. Pertama, Anda akan menemukan spot yang sangat unik ketika berada disini. Sehingga, di tempat satu ini pun Anda akan bisa untuk berfoto dan juga berselfie bersama keluarga anda.

Pasalnya, terdapat tanaman yang berbentuk love ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini. Tanaman tersebut memang sengaja diletakkan dengan dibentuk seperti lambang love. Dengan adanya tanaman tersebut, maka hal ini tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat satu ini. Hal ini dikarenakan spot satu ini cukup instagramable.

Selain itu, bagi Anda yang hobi berfoto maka Anda pun juga bisa menuju ke salah satu spot yang lain. Spot yang wajib untuk Anda datangi ketika berada di Kebun Raya Banua adalah Gardu. Pada gardu yang penuh keindahan akan bumi dan langit ini, maka Anda pun akan bisa melakukan foto yang memiliki latar belakang bumi dan juga langit. Tentu saja hal ini juga akan menjadi salah satu spot yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Fasilitas lain yang bisa untuk Anda nikmati di tempat satu ini adalah taman labirin di gedung tinggi. Dengan memanfaatkan fasilitas satu ini maka Anda pun nantinya akan bisa untuk melihat Taman Labirin. Baik itu dari bawah maupun dari atas ketika Anda memanjat ke gedung yang tinggi. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu wahana yang menantang bagi anda. Sehingga ketika berada di kebun raya ini, pastikan Anda untuk mencobanya.

BACA JUGA:  Mengintip Bukit Rimpi Pelaihari, Bukit Teletubbies di Kalimantan Selatan

Hal lain yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah karena adanya wahana edukasi tanaman obat. Untuk Anda yang ingin berwisata sembari belajar, maka Anda pun wajib datang ke spot satu ini. Pasalnya, disini nantinya Anda akan melihat berbagai macam tanaman obat yang tersedia. Tentu saja nantinya Anda pun akan menjadi lebih paham tentang jenis tanaman apa saja yang sering digunakan untuk obat.

Wisata edukasi ini tentu saja akan sangat jarang untuk Anda temui. Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda pun juga akan bisa untuk mengetahui berbagai macam jenis tanaman obat. Sehingga nantinya ketika Anda pulang maka Anda pun akan semakin mengerti tentang fungsi dan manfaat yang terkandung dari setiap tanaman tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa untuk Anda lakukan ketika berada di Kebun Raya Banua. Tempat wisata satu ini merupakan salah satu destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Dengan begitu, Anda pun bisa bermain dengan anak sekaligus belajar mengenai berbagai macam tanaman obat maupun tanaman langka yang ada di Kalimantan. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman yang berharga bagi Anda dan keluarga.