Kalimantan Timur

Wisata Seru Menjelajah Kampung Atas Air Margasari di Balikpapan

Lokasi: Jl. Sepaku, Desa Baru Tengah, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.
MapCek Lokasi

Berlibur di area pantai atau gunung tentu sudah menjadi liburan yang mainstream. Apabila Anda ingin melakukan liburan yang anti-mainstream cobalah berkunjung ke kampung atas air Margasari yang berada di Balikpapan. Anda bisa berkunjung ke kampung ini untuk liburan atau sekedar menjelajahi area kampung tersebut. Yuk simak apa saja keunikan yang tersembunyi dari kampung atas air Mergasari berikut.

Jelajahi Pesona Kampung Atas Air Margasari

Jelajahi Pesona Kampung Atas Air Margasari

Image Credit: Grandtjokro.com

Kampung atas air Mergasari Balikpapan adalah salah satu kampung yang pernah mengantarkan Balikpapan menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 silam. Kampung ini menjadi bukti berhasilnya pemerintah kota menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi dan lebih terlihat hijau.

Kampung ini berada tepat di belakang Unit pnegolahan V Pertamina tepatnya di Jalan Sepaku Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, Kalimantan Timur. Dinamakan kampung atas air karena perkampungan ini memang berada di atas air laut. Di bawah rumah penduduk ini langsung berhadapan dengan air laut yang ada di daerah tersebut.

Karena berada di atas air inilah, maka seluruh rumah yang dibangun di area seluar 6,7 hektar ini berada di atas air. Namun meskipun berada di atas air, kampung ini tetap memiliki pemandangan yang hijau di area kampung. Banyak sekali area terbuka hijau yang menyejukkan mata saat Anda berkunjung ke kampung atas air ini.

Daerah kampung ini terbilang sangat bersih dengan jembatan kayu ulin yang menjadi jalan utama dari kampung. Sementara di bagian kiri dan kanan kayu ulin tersebut terdapat beberapa aliran air laut yang menggenang. Meskipun demikian, warga pun senantiasa menjaga kebersihan kampung atas air mereka dengan melakukan kerja bakti pada hari hari tertentu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Paser Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kegiatan Menarik di Kampung Atas Air Balikpapan

Kegiatan Menarik di Kampung Atas Air Balikpapan

Image Credit: Subura2005.blogspot.com

Beberapa pot di pinggir kayu ulin juga ditanaman dengan tumbuhan hias. Bahkan pot tersebut dicat sedemikian rupa sehingga memiliki warna yang indah dan sangat cocok dengan area sekitar. Kepedulian masyarakat untuk tetap menjaga kampung agar tetap hijau memang perlu diacungi jempol. Tepat dibelakang kampung ini terdapat sebuah jembatan beton yang memanjang.

Dari atas jembatan beton ini Anda akan bisa melihat area konservasi hutan mangrove dan obor kilang yang nyaris tak pernah padam. Anda bisa berkunjung ke area konservasi mangrove ini dan melihat area sekitar mangrove tersebut. Anda juga bisa menyaksikan kampung atas air margasari dari sisi berbeda di tempat konservasi mangrove tersebut.

Pada saat sore menjelang, Anda akan melihat banyak sekali anak anak kampung yang bermain air. Mereka akan asyik untuk berenang dan menyaksikan keindahan matahari tenggelam dari atas jembatan beton tersebut. Jika Anda beruntung Anda akan menikmati keindahan pemandangan laut ditemani dengan matahari terbenam yang menjadi latar belakang foto diatas jembatan kayu ulin.

Para wisatawan juga bisa ikut berenang dengan anak anak setempat sambil menikmati air laut yang ada di daerah tersebut. Anda tidak perlu khawatir, karena air laut yang ada di kampung di atas air ini sangat bersih. Hal ini karena upaya warga untuk selalu menjaga kebersihan di area air laut sehingga tidak akan tercemari oleh sampah lingkungan yang ada di sekitar.

Dulunya kampung ini hanyalah kawasan kumuh yang tidak dilirik oleh wisatawan untuk berkunjung. Namun karena usaha dari pemerintah kota Balikpapan yang begitu gigih, kampung ini pun disulap menjadi kampung yang sangat bagus dan layak untuk ditinggali ditambah lagi kampung ini mendapatkan penghargaan pada tahun 2013 silam.

BACA JUGA:  10 Mall di Samarinda yang Wajib Anda Kunjungi

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Atas Air Margasari

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Atas Air Margasari

Image Credit: Inibalikpapan.com

Anda bisa menyaksikan keindahan kampung dari jembatan beton yang dibangun di area kampung tersebut. Nah sejajar dengan jembatan beton terdapat gazebo gazebo yang digunakan oleh warga sekitar untuk mencari nafkah. Warga setempat menggunakan tempat tersebut untuk berjualan kuliner hingga berjualan sisha di sini.

Gazebo ini biasanya akan ramai dikunjung ada saat malam hari, terlebih jika malam minggu atau malam malam liburan. Suasana akan semakin ramai seperti pasar jika sudah masuk waktu liburan. Menariknya di gazebo tersebut terdapat sebuah gedung yang digunakan untuk kegiatan belajar anak anak kampung di atas air yang tergabung dalam Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena).

Pada sore hari, gazebo ini seringkali digunakan untuk tempat nongkrong oleh sebagian masyarakat atau sebagian pengunjung untuk menikmati keindahan senja. Tak sedikit dari mereka yang mengabadikan keindahannya melalui kamera yang dibawa. Goresan langit yang begitu indah di sore hari akan menemani Anda untuk menutup hari yang melelahkan.

Tak hanya keindahan dan keunikan saja, namun warga kampung di atas air pun juga terbilang ramah terhadap wisatawan yang datang berkunjung. Tingkah lucu anak anak kecil setempat juga akan menambah rasa akrab dan membuat nyaman siapapun yang berkunjung ke tempat unik ini. Anda akan diajak untuk melakukan banyak aktivitas ketika Anda berkunjung ke kampung atas air Margasari.

Lokasi & Tips Berkunjung ke Kampung Atas Air

Lokasi & Tips Berkunjung ke Kampung Atas Air

Image Credit: Godiscover.co.id

Lokasi wisata ini berada di belakang pasar Pandasari Balikpapan Kalimangan Selatan. Untuk menuju lokasi Anda bisa menggunakan motor atau menggunakan angkot nomor 1 jika berangkat dari terminal Batu Ampar. Namun Anda juga bisa menggunakan angkot 5/6 jika berasal dari terminal BP. Turunlah d Pasar Pandansari kemudian Anda harus berjalan kaki atau menggunakan ojek untuk sampai dilokasi.

BACA JUGA:  Pantai Lamaru, Objek Wisata Berpagar Cemara di Balikpapan

Sangat disarankan untuk datang pada waktu pagi atau sore hari karena Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sunrise yang mempesona. Anda tidak perlu membayar biaya masuk ke Kampung atas air Margasari. Di kampung ini Anda bisa menyaksikan kapal kapal penduduk yang lalu lalang, jembatan kayu, sunset, sunrise dan pemandangan anak anak yang bermain air di sore hari.

Jika Anda sedang beruntung, Anda juga bisa mendapatkan udang ataupun ikan yang masih segar dari para nelayan yang baru pulang melaut. Anda bisa langsung membakar dan menikmatinya bersama dengan pemandangan sekitar yang mempesona. Warga yang ramah juga akan membuat Anda semakin betah untuk berlama lama tinggal. Anda bisa berbincang dengan warga setempat dan mencari tahu informasi kampung tersebut sebelum dirubah menjadi sekarang.

Apabila Anda ingin berkunjung ke kampung atas air Margasari, ada baiknya Anda ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Lakukan dukungan terhadap warga yang selalu merawat daerah tempat tinggalnya menjadi tempat yang bersih dan kawasan hijau. Anda bisa berkunjung pada sore hari atau pagi hari untuk menyaksikan terbitnya matahari dan tenggelamnya matahari.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai kampung atas air Margasari yang membuat siapa saja ingin berkunjung. Anda bisa berjalan jalan sambil menikmati angin laut yang segar untuk menenangkan fikiran setelah penat bekerja. Berjalan jalan di kampung ini akan membuat siapa saja merasakan damai dan keinginan untuk berkunjung kembali. Anda bisa menjadikan wisata kampung atas air sebagai list kunjungan saat bermain di Balikpapan.