Kalimantan Utara

Islamic Center Tarakan, Masjid Megah Ala Timur Tengah

Tarakan tak hanya menyimpan objek wisata yang kental dengan sejarahnya. Ternyata, Kota Bakau ini juga memiliki wisata religi yang patut dikunjungi, yaitu Masjid Baitul Izzah Islamic Center, yang merupakan masjid megah ala Timur Tengah.

Lokasi: Kampung Empat, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Sejak dibangun dan diresmikan pada tahun 2012, masjid yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ibadah umat Islam ini banyak dijadikan sebagai pusat studi dan kegiatan keagamaan. Contohnya, pagelaran MTQ dan kegiatan religi lainnya. Masjid yang dibangun dengan gaya ala Timur Tengah ini memiliki daya tarik utama yang terletak dari segi arsitekturnya. Untuk mengetahui lebih dalam, simak ulasan berikut.

Daya Tarik Masjid Baitul Izzah Islamic Center

Daya Tarik Masjid Baitul Izzah

Image Credit: Naldoleum.blogspot.com

Komplek ibadah umat muslim ini dibangun di atas lahan dengan luas sekitar 30 hektar. Terdiri dari bangunan utama yang sangat luas dengan beberapa lantai keramik yang digunakan untuk sholat atau kegiatan Islami lainnya. Ketika mengunjungi wisata religi tersebut, Anda akan disambut dengan interior masjid yang dihiasi dengan ukiran unik baik di pintu atau area lainnya. Bangunan tersebut juga dilengkapi dengan adanya jendela besar.

Jendela yang besar yang ada di setiap sudut menambah kesan kemegahan dan menjadi ciri khas bangunan ala Timur tengah. Memasuki bangunan utama, Anda akan menyaksikan kemegahan kantor dengan dua aula yang cukup besar. Ruangan itulah yang biasa dipergunakan untuk menggelar acara Islami. Namun ketika ruangan sedang tidak digunakan, biasanya dialihfungsikan sebagai area istirahat untuk wisatawan yang mengunjunginya.

Masjid Baitul Izzah juga memiliki pelataran dan taman dengan ukuran yang cukup luas. Biasanya, pelataran tersebut selalu ramai pengunjung yang ingin sekedar berjalan jalan menikmati waktu sore. Tak hanya sampai disitu saja, pelataran tersebut juga dilengkapi dengan jogging track diperuntukkan bagi mereka yang ingin berolahraga. Menariknya lagi, di halaman tersebut juga dibangun sebuah air mancur dengan ukuran yang sangat besar.

Hal yang tak kalah unik dan menarik dari masjid tersebut adalah adanya menara tinggi nan kokoh. Menara tersebut merupakan hasil dari pengeboran minyak pada jaman dahulu. Konon katanya, menara bekas pengeboran minyak tersebut sudah ada sejak jaman penjajahan Bangsa Belanda. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Bahkan, pemandangan menara tersebut sulit ditemukan di bangunan masjid lain.

Daya Tarik Baitul Izzah

Image Credit: Shutterstock.com

Menara tersebut terletak di bagian belakang masjid dan terpisah dari bangunan utama masjid. Sehingga, Anda bisa mendapatkan pemandangan unik menara tanpa harus masuk ke dalam area masjid. Di halaman belakang masjid, Anda juga bisa menemukan pemandangan menarik seperti desain latar menarik menggunakan bebatuan kecil yang disusun dengan rapi. Saat mengunjungi area halaman belakang, Anda akan merasakan kesan kemegahan dari masjid itu sendiri.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Kalimantan Utara Paling Hits Dikunjungi

Hal lain yang menjadi keunikan masjid ini ialah adanya lantai dasar yang dipergunakan sebagai lahan atau area parkir para pengunjung. Lahan tersebut bisa dibilang sangat luas dan mampu menampun kendaraan besar seperti bis sekalipun. Di bagian sudut ruangan dalam masjid, dibangun beberapa bangsal bangsal kecil yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para wisatawan dari luar daerah, apabila sedang ada perhelatan.

Masjid Baitul Izzah, Islamic Center Tarakan memiliki struktur bangunan berupa 1 kubah utama, dan 4 kubah kecil pendukung yang terletak di atas bangunan utamanya. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki 1 buah Minaret yang dibuat di sebelah utara bangunan masjid. Perlu diketahui, masjid ini juga merupakan pusat kegiatan beribadah bagi masyarakat muslim di Kota Tarakan yang diresmikan sejak tahun 2012 yang lalu.

Ketika Anda mengunjungi masjid ini di tanggal penting umat Islam, biasanya Anda akan dihadapkan dengan adanya berbagai acara religi. Umumnya, acara tersebut akan mengundang banyak sekali pengunjung untuk turut menghadiri perhelatan tersebut. Bila Anda berminat mengunjungi wisata religi ini, disarankan untuk datang di hari hari tertentu agar lebih mengenal kebudayaan umat Islam di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Islamic Center Tarakan

Alamat Islamic Center Tarakan

Image Credit: Wisatalengkap.com

Bagi Anda yang datang dari arah Bandara Juwata, silahkan menempuh perjalanan menuju ke Jalan raya Mulawarman, lalu belok menuju arah Jend. Sudirman hingga sampai ke Jalan Sei Sesayap. Untuk akses perjalanan yang harus ditempuh pun sangatlah mudah. Sayangnya, di area lokasi masjid tersebut masih belum ada angkutan umum yang beroperasi. Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan bis atau kendaraan pribadi yang Anda miliki.

Masjid Baitul Izzah juga terletak di bagian pertengahan administrasi Kota Tarakan dan Pulau Tarakan. Lokasi masjid ini juga berdekatan dengan Perpustakaan Daerah Tarakan dan Museum Perang Dunia II. Tak hanya itu, di sebelah masjid ini juga ada objek wisata kebudayaan Baloy Adat Tidung. Jadi, setelah melaksanakan ibadah di Masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan, Anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata yang berjarak sangat dekat dari masjid.

BACA JUGA:  Pantai Amal, Destinasi Wisata Terbaik di Tarakan

Fasilitas yang Ditawarkan Pihak Pengelola Islamic Center

Fasilitas Islamic Center

Image Credit: Bebaskutu.com

Bangunan masjid dengan dominasi warna cream ini dikategorikan sebagai bangunan terbesar dan termegah di Kota Tarakan. Masjid tersebut memiliki toilet dan tempat wudhu yang terletak di basement masjid. Di sana pula, Anda akan melihat area parkir yang sangat luas. Tak hanya itu, di sebelah koridor area parkir juga ada beberapa ruangan yang biasa dipergunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pengunjung yang berasal dari luar daerah.

Masjid tersebut juga dilengkapi dengan ruangan utama yang sangat luas. Terdiri dari 2 lantai, ruangan tersebut memiliki kapasitas yang bisa menampung sekitar 10.000 lebih jemaah. Tak ayal, masjid tersebut sering digunakan pemerintah untuk menyambut Ustadz kondang yang datang dengan tujuan melaksanakan rangka safari dakwahnya. Dengan bangunan dan ruangan yang sangat luas, masjid tersebut sering dijadikan media dakwah.

Di bagian depan bangunan juga dibangun beberapa ruangan kantor pengelola dan aula yang luas. Jika Anda membutuhkan sesuatu, bisa memberitahukannya kepada pihak pengelola masjid. Setelah menyusuri bagian bawah masjid, Anda bisa melanjutkan eksplorasi ke halaman belakang. Di sana, Anda bisa melewati koridor yang dibangun dengan menghubungkan sisi kiri dan kanan masjid.

Beralih ke bagian samping kiri masjid, Anda akan menemukan bangunan sport center yang bisa digunakan sebagai area tempat olahraga. Dan di bagian kanan masjid juga terdapat Taman Berkampung yang acap kali digunakan untuk menggelar acara resmi seperti Upacara 17 Agustus dan acara besar lainnya. Di waktu sore hari, taman ini banyak menjajakan kuliner khas dengan cita rasa menggoyang lidah yang bisa Anda nikmati.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Masjid Baitul Izzah

Kegiatan di Masjid Baitul Izzah

Image Credit: Travelscapeengineer.com

Anda tentunya tahu bahwa masjid merupakan tempat beribadah bagi setiap kaum muslim. Sebagaimana Masjid Baitul Izzah dibuat dengan tujuan tempat peribadatan umat Islam. Hal menarik lain yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke tempat tersebut ialah berburu foto menarik. Dibangun dengan arsitektur megah bak gaya Timur Tengah, masjid yang satu in sukses menarik perhatian berbagai kalangan yang ingin mendapatkan foto terbaik.

BACA JUGA:  2 Pakaian Adat Khas Kalimantan Utara

Setelah puas berburu foto menarik, Anda bisa melakukan kegiatan eksplorasi masjid megah tersebut. Anda bisa menjelajah setiap detail dan sisi dari bangunan yang juga memiliki nilai sejarah. Ketika Anda merasa lelah setelah bereksplorasi di wisata religi tersebut, Anda bisa menikmati kuliner yang dijajakan para penjual di sekitar masjid. Cita rasa khas kuliner Tarakan mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Beragam Kegiatan Unik Masjid Baitul Izzah Saat Bulan Ramadhan

Kegiatan Unik Saat Bulan Ramadhan

Image Credit: Kodim0907trk.wordpress.com

Ketika Bulan Ramadhan tiba, hal yang sudah umum terjadi bagi para pemeluk agama Islam ialah melakukan serangkaian kegiatan keagamaan. Mulai dari sahur bersama, shalat tarawih bersama, hingga mendengarkan ceramah. Pemandangan tersebut juga bisa Anda saksikan ketika mengunjungi Masjid Baitul Izzah di Bulan Ramadhan. Biasanya, pemerintah daerah setempat melakukan perhelatan acara keagamaan dengan mengundang ustadz kondang.

Tak hanya itu, di Bulan yang penuh berkah tersebut para pihak pengelola masjid sering kali melakukan acara buka bersama dengan seluruh lapisan masyarakat. Masih di bulan yang sama, ketika menginjak 10 malam terakhir Bulan Ramadhan masjid tersebut semakin ramai dikunjungi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan itikaf. Bahkan, masjid yang menjadi pusat peribadatan Kota Tarakan sering mengadakan acar santunan bagi anak yatim atau kaum duafa.

Suasana haru penuh berkah bisa dirasakan di tempat tersebut. Menuju akhir Bulan Ramadhan, Masjid Baitul Izzah juga mengadakan acara yang semakin berarti. Acara megah tersebut dilakukan seolah olah menjadi tanda perpisahan Bulan Ramadhan yang sangat di sayangkan. Salah satu acara yang biasa diadakan ialah, kegiatan malam takbiran. Kegiatan tersebut paling banyak diikuti masyarakat untuk menyambut hari yang Fitri di esok hari.

Dikatakan sebagai masjid terbesar di Kota tarakan, membuatnya berhasil menjadi objek wisata religi yang digandrungi wisatawan lokal maupun daerah. Berdasarkan ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Islamic Center Tarakan dengan gaya Timur Tengah tersebut bisa saja menjadi masjid dengan panorama yang mungkin tak bisa ditemukan di tempat lain. Tak hanya keindahan arsitektur yang memukau, masjid ini juga memiliki fasilitas memadai yang menunjang kenyamanan jemaah.