Kalimantan Timur

Intip Keindahan Hutan Pinus Samboja di Kutai Kartanegara

Ingin berlibur ke tempat wisata yang dapat mendatangkan ketenangan dan energi positif? Berkunjung ke Hutan Pinus Samboja bisa menjadi pilihan terbaik karena menyuguhkan pesona alam luar biasa indah dan dapat membuat betah.

Lokasi: Jl. Samboja-Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara.
Map: Cek Lokasi

Bosan berlibur di tempat wisata biasa? Tampaknya Anda perlu memasukkan wisata Hutan Pinus Samboja dalam daftar kunjungan berikutnya. Disuguhkan dengan pemandangan cantik menawan dengan udara yang begitu sejuk, dijamin wisatawan akan merasa betah berada disana. Mampu mendatangkan energi positif, wajar saja jika hutan satu ini dijadikan sebagai destinasi wisata favorit. Daripada penasaran dengan keindahannya, silahkan simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Pinus Samboja

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Pinus Samboja

Image Credit: Instagram @rhiezma18

Sebelum sampai di pintu masuk wisatanya, kemungkinan Anda sudah bisa merasakan energi positif mengitari kawasan wisatanya. Energi positif tersebut didapatkan dari nuansa sekitar hutan serta banyaknya pepohonan yang tampak menyejukkan mata. Bahkan energi tersebut akan semakin terasa kuat sejak pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata tersebut. Hembusan angin yang terasa sejuk dan bersih, berhasil membuat siapapun enggan untuk pergi.

Pagi hari disebut sebagai waktu terbaik untuk mengunjunginya, lantaran udara sekitar masih sangat bersih dan menyegarkan. Inilah alasan mengapa kawasan wisatanya sudah begitu padat bahkan di pagi hari sekalipun. Sekumpulan orang terlihat tengah melakukan berbagai kegiatan demi meningkatkan suasana hati, sebelum akhirnya beraktifitas seperti biasanya. Bahkan kawasan ini kerap mengalami pembludakan pengunjung ketika akhir pekan tiba.

Cocok dijadikan sebagai tempat berlibur favorit bersama keluarga tersayang maupun sahabat, dijamin pengunjung akan merasa nyaman bahkan ketika hanya duduk santai di bawah pohon saja tanpa melakukan aktifitas apapun. Bagaimana tidak, seluas mata memandang pengunjung akan disuguhkan pesona alam yang begitu asri dan indah. Pesonanya sendiri berasal dari banyaknya pepohonan pinus tampak menjulang ke atas langit.

Rimbunnya dedaunan di setia pohonnya, membuat nuansa sekitarnya semakin sejuk dan menyegarkan. Tidak jarang pula terlihat sekumpulan kabut tampak turun ke permukaan, yang membuat pemandangan di pagi hari semakin indah. Sesekali terdengar kicauan burung bernyanyi yang terdengar menyatu dengan suara alam di sekitarnya, seakan menambah daya tariknya yang tidak bisa ditemukan di destinasi wisata alam lainnya.

Berkat nuansanya yang begitu menenangkan, tidak heran jika Hutan Pinus Samboja kerap dijadikan sebagai tempat menyegarkan pikiran yang penat. Wisatawan dari luar daerah pun rela datang dari jauh, hanya untuk mendapatkan kedamaian sekaligus ketenangan yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Ketenangan bisa didapatkan dengan mudah, mengingat lokasi wisatanya yang memang jauh dari kebisingan khas perkotaan.

BACA JUGA:  Taman Bekapai, Taman Keren Andalan Warga Balikpapan

Selama berada disana, suara kicauan burung ataupun beberapa orang tengah bercakap ria saja yang tampak mendominasi. Walaupun demikian, Anda sudah bisa menikmati betapa sejuk udara sekitar sekaligus bisa merasakan ketenangan dalam satu waktu. Selagi menginjakkan kaki di kawasan wisatanya, tidak ada salahnya menjelajahi hutan tersebut untuk melihat pesona dari sudut berbeda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Samboja

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus Samboja

Image Credit: Wisataka.com

Usai mengetahui daya tarik utamanya dan tertarik menuju kesana ? Segeralah meluncur ke Jl. Samboja, Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Pengunjung yang berasal dari luar daerah tampaknya tidak akan kesulitan untuk bisa sampai di lokasi wisatanya, karena daerahnya cukup mudah dijangkau bahkan ketika menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda empat dan dua sekalipun.

Apabila baru pertama kali menuju kesana, tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi canggih untuk memandu hingga sampai di kawasan wisatanya. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan berbagai aplikasi canggih yang siap membantu pengguna smartphone. Namun bagaimana jika masih kesulitan menemukan lokasi wisatanya meski menggunakan teknologi canggih ? Tidak perlu panik ataupun ragu untuk meminta bantuan kepada masyarakat sekitar.

Termasuk destinasi wisata alam yang populer dikunjungi, masyarakat pun dengan mudah menunjukkan arah yang benar menuju lokasi wisatanya. Bahkan Anda tidak perlu sungkan untuk meminta antar ke dekat lokasi wisatanya, jika memang dirasa kesulitan menemukannya. Sebab masyarakat dengan senang hati akan membantu wisatawan agar cepat sampai di tempat wisata alam menawan satu ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Wisata Hutan Pinus

Harga Tiket dan Jam Operasional Wisata Hutan Pinus

Image Credit: Advanture.wordpress.com

Untuk bisa menikmati acara berlibur menyenangkan idaman, ternyata tidak selamanya membutuhkan dana besar. Bahkan Anda bisa menikmati nuansa sejuk dan menyegarkan, kedamaian, ketenangan, serta pengalaman tidak terlupa dengan berkunjung ke Hutan Pinus Samboja tanpa membayarkan dana sedikitpun alias gratis. Namun pengunjung hanya perlu membayarkan bahan bakar mesin kendaraan pribadi untuk bisa sampai di lokasi wisata.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Danau Biru Singkawang yang Memukau

Tidak perlu menunggu hingga akhir pekan tiba untuk bisa berkunjung kesana, karena wisata alam satu ini siap menyambut wisatawan setiap harinya. Benar, Hutan Pinus Samboja dibuka setiap hari mulai dari hari Senin hingga hari Minggu mulai dari jam 7.30 pagi hingga jam 6 sore. Apabila ingin berlama lama disana, silahkan datang sejak pagi agar acara liburan terasa lebih puas tanpa ada yang terlewatkan.

Aktivitas Menarik Selama Berada di Hutan Pinus Samboja

Aktivitas Menarik Selama Berada di Hutan Pinus Samboja

Image Credit: Instagram.com @arifpidi.a

Wisatawan tampaknya tidak akan pernah bosan mengunjungi Hutan Pinus Samboja, karena ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Dari sekian banyak aktivitas asyik yang ada, cobalah untuk mengunjungi sebuah menara yang tampak menjulang tinggi di kawasan wisata cantik ini. Pihak pengelola dengan sengaja membangun menara tersebut, untuk memudahkan wisatawan yang tertarik melihat pesona alam lebih luas dan bebas.

Pemandangan akan semakin menawan ketika sampai di puncak menaranya, sehingga banyak yang berlomba lomba untuk segera sampai disana. Melihat kecantikannya dari ketinggian tertentu, dijamin berhasil memberikan pengalaman baru tak terlupakan sepanjang hayat. Selagi asyik menikmati setiap sudut kecantikan alamnya, jangan lupa untuk mengabadikannya sebagai kenang kenangan terindah.

Suguhkan pesona alam luar biasa indah, puncak menaranya pun disebut sebagai salah satu spot terbaik untuk mengabadikan momen berlibur. Lokasi ini pun kerap diburu oleh para pecinta fotografi, dimana mereka siap mengabadikan setiap detiknya momen berlibur dengan lensa andalannya. Puas mendapatkan beberapa jepretan cantik dan menawan, saatnya untuk melihat keindahannya dari dekat.

Rasanya kurang lengkap ketika tidak menjelajah sedikit lebih jauh di lokasi wisatanya. Selama perjalanan menyusuri setiap sudut hutannya, kemungkinan wisatawan akan menemukan sejumlah spot cantik yang sayang dilewatkan. Apabila merasa lelah, duduk santai di bawah pohonnya pun bisa menjadi aktivitas menarik yang pernah dilakukan.

Aktivitas yang tidak kalah menarik untuk dilakukan yaitu mencicipi aneka kuliner yang berada di tepi jalanan. Santaplah kuliner tersebut selagi hangat, sembari duduk santai di dalam hutan untuk merasakan nuansa sejuknya. Tentu saja piknik di tengah hutan sambil menyantap kuliner lezat tidak bisa menambah daftar pengalaman baru. Setelah mengkonsumsi jajanannya, pastikan membuang sampah di tempatnya, agar kawasan wisata tetap bersih dan asri.

Walaupun disana terdapat beberapa penjual yang menawarkan aneka kuliner lezat, namun tidak ada salahnya membawa bekal sendiri agar lebih hemat. Dengan membawa bekal sendiri, Anda bisa merasakan nuansa piknik lebih kental. Menu yang disiapkan pun disesuaikan dengan keinginan, sehingga Anda bisa mencicipi makanan dan minuman favorit di tempat yang tidak akan ditemui setiap harinya.

BACA JUGA:  10 Cafe di Balikpapan yang Instagramable & Paling Hits

Ketika menjelajahi kawasan hutannya, tidak perlu terkejut jika menemukan sekumpulan orang tengah mengenakan pakaian olahraga kesayangannya. Sebab kawasan wisata satu ini memang kerap dijadikan sebagai lokasi terbaik untuk berolahraga ringan. Selagi melakukan beberapa gerakan, Anda bisa menghirup udara segar yang membuat tubuh terasa bugar. Bahkan di beberapa kesempatan, pengunjung akan berolahraga di tengah tebalnya kabut.

Tidak hanya menyuguhkan pesona alam luar biasa menawan, pihak pengelola juga menambahkan sejumlah outbound menarik untuk dicoba. Pemberian fasilitas tersebut, membuat pengunjung tertarik mencobanya, tidak terkecuali orang dewasa sekalipun. Alhasil pengunjung akan semakin enggan untuk pulang dari kawasan wisata tersebut, mengingat banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan disana.

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Samboja

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Samboja

Image Credit: Instagram.com @ratihwulan

Tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal semata, namun keindahannya sudah terkenal hingga ke luar daerah. Alhasil banyak wisatawan luar kota yang tertarik mengunjunginya, dan bahkan beberapa diantaranya rela datang dari jauh untuk melihatnya. Apabila berlibur satu hari saja dirasa kurang, maka mencari penginapan terdekat tampaknya bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa dilakukan.

Setidaknya ada beberapa tempat penginapan yang tersedia di sekitar wisata, yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang dipersiapkan. Dari sekian banyak tempat penginapan terbaik dan murah, Anda bisa beristirahat di penginapan Samboja Lodge. Berlokasi tidak terlalu jauh dari lokasi wisata alam cantik satu ini, sehingga wisatawan tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk bisa sampai di lokasi wisatanya.

Tingginya minat masyarakat untuk mengunjunginya, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas demi memenuhi kebutuhan serta memberikan kepuasan bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas yang disediakan meliputi area parkir cukup luas, menara untuk melihat pesona alamnya, hingga berbagai spot foto menarik dengan latar berupa alam asri sebagai daya tarik utamanya.

Berjalan jalan santai di Kutai Kartanegara, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Hutan Pinus Samboja. Suguhkan pesona alam asri dan bernuansa positif, siapapun yang berkunjung kesana akan dibuat betah untuk berkunjung kembali. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan selama berada disana, sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjunginya di lain kesempatan. Selamat Berlibur!