Kalimantan Timur

15 Hotel Murah di Samarinda yang Paling Populer

Berkunjung ke Samarinda, tentu saja Anda butuh tempat beristirahat terbaik. Jangan khawatir, Kota Samarinda memiliki sejumlah hotel dan penginapan dengan harga murah didukung dengan fasilitas yang lengkap.

Belakangan ini kota Samarinda sedang naik daun di kalangan wisatawan. Bagaimana tidak destinasi alamnya begitu beragam, belum lagi budaya yang ditawarkan sangat unik. Lokasinya yang berada di tepian Sungai Mahakam,menjadi alasan mengapa Samarinda menarik untuk dikunjungi.

Namun rasanya tidak cukup hanya satu hari menghabiskan liburan disini. Maka dari itu Anda membutuhkan rekomendasi penginapan dan hotel murah di Samarinda yang menawarkan fasilitas terbaik.

1. Amaris Hotel

Amaris Hotel

Image Credit: Booking.com

Hotel bintang dua ini menawarkan beragam akomodasi modern, dengan dekorasi yang tampak minimalis. Suasana penginapan sangat hangat dan bersahabat, membuat siapapun pengunjung betah disini. Ukuran kamarnya memang tidak begitu luas, tetapi cukup nyaman dijadikan tempat menginap. Setiap kamar juga sudah dilengkapi dengan AC, TV, dan area duduk untuk bersantai.

Bisa dikatakan lokasi hotel lumayan strategis karena terletak di jalan Dr. Sutomo. Jika ingin pergi ke Lembuswana Shopping Mall tinggal berkendara 5 menit. Atau ingin menikmati keindahan Sungai Mahakam yang hanya berjarak sekitar 10 menit. Alasan inilah yang membuat hotel selalu ramai setiap musim liburan. Tidak dipungkiri berada di pusat kota ternyata kerap menjadi jujugan para wisatawan.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.75, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

2. Homestay Sidarta

Homestay Sidarta

Image Credit: Booking.com

Apabila Anda berlibur ke Samarinda dengan budet pas-pasan, maka Homestay Sidarta bisa menjadi solusi untuk melepas lelah. Fasilitas di dalamnya memang tidak bisa dibandingkan dengan hotel bintang lima. Tetapi berhasil menciptakan aura kenyamanan untuk setiap pengunjung yang datang. Ditambah pelayanan hotel yang kelewat ramah sehingga tamu merasa kedatangannya disambut dan dihargai.

Letak penginapan berada di jalan KH. Agus Salim, dan jaraknya cukup dekat dari restoran Telok Lerong Garden. Masing-masing kamarnya memiliki fasilitas AC, TV, dan akses Wifi yang bisa ke segala penjuru. Ada kamar yang sudah dilengkapi kamar mandi, namun ada juga yang belum. Karena bukan kelas hotel berbintang maka fasilitas toilet dibuat seadanya. Terpenting bisa mencukupi kebutuhan mandi dan buang air para tamu.

Lokasi: Jl. KH. Agus Salim No.16, Sungai Pinang Luar, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

3. Celia Hotel

Image Credit: Agoda.com

Di daerah Sidodadi terdapat Celia Hotel yang memiliki beragam tipe kamar. Setiap kamar ditawarkan dengan harga yang berbeda, tergantung fasilitas serta layanan yang diberikan. Rata-rata kamar sudah dibekali dengan AC, TV LCD, kamar mandi, shower, serta perlengkapan mandi gratis. Sedangkan untuk fasilitas umumnya tersedia tempat parkir sekaligus ruangan bebas asap rokok.

Pelayanan yang diberikan sangat memprioritaskan pengunjung, terbukti dari adanya layanan kamar 24 jam. Akese Wifi gratis diberikan bebas tanpa tambahan biaya, dan bisa dipakai ke segala penjuru hotel. Lokasinya cukup strategis karena jaraknya sekitar 1,9 km dari Bandar Udara Temindung. Jika ingin melihat ramainya pusat perbelanjaan perlu berjalan sekitar 6 km ke area BIG Mall.

BACA JUGA:  Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Memukau di Samarinda

Lokasi: Jl. Delima Dalam No.07, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

4. The Hotel Samarinda

The Hotel Samarinda

Image Credit: Pegipegi.com

Apabila Anda mencari penginapan yang dekat dengan pusat perbelanjaan, maka pilihannya berada pada The Hotel Samarinda. Anda hanya perlu berkendara sekitar 10 menit menuju Mall Lembuswana. Atau kurang lebih 5 menit berjalan kaki dari hotel, jika ingin pergi ke Pasar Segiri. Letaknya yang berada di tengah-tengah wisata belanja, membuat hotel ini mudah ditemukan oleh wisatawan. Tidak heran kalau pengunjung silih berganti untuk berdatangan.

Pihak hotel menjamin kenyamanan dan ketenangan bagi para tamu yang ingin beristirahat. Hal ini karena setiap kamar dilapisi alat kedap suara dan AC, guna menjaga suhu kamar tetap dingin. Tersedia pula TV, telepon, serta kamar mandi dalam yang telah dilengkapi dengan alat-alat mandi. Demi membuat pengunjung semakin terkesan, disediakan restoran dan coffe shop yang menghidangkan aneka makanan berat dan camilan.

Lokasi: Jl. Letjend S.Parman No.20, Temindung Permai, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

5. Hotel Andhika Syariah

Hotel Andhika Syariah

Image Credit: Skyscanner.co.id

Berangkat dari konsep hotel syariah, membuat penginapan ini mensyaratkan banyak protokol. Salah satunya ialah calon tamu haruslah suami istri yang sah, dan menyertakan bukti identitas serta buku nikah. Jarak hotel ke Bandara Samarinda Baru hanya berselang 8 menit, sehingga posisinya berada di tengah. Dari hotel Anda bisa berkendara 18 menit untuk menuju Jembatan Mahakam. Atau jika ingin berkunjung ke Pulau Beras Basah perjalanan kisaran 3 jam.

Hotel Andika Syariah menawarkan akomodasi yang bersih dan teratur. Terlihat dari tata letak kamar yang rapi, serta aromanya begitu harum. Fasilitas kamar sendiri sudah dilengkapi dengan TV, kulkas mini, dan lemari pakaian. Setiap kamar mempunyai kamar mandi dalam dengan shower dan bathub. AdaWifi gratis yang bisa diakses ke segala penjuru hotel, ditambah dengan adanya restoran yang menyediakan beragam menu lezat.

Lokasi: Jl. KH. Agus Salim No.37, Sungai Pinang Luar, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

6. Segiri Hotel Samarinda

Segiri Hotel Samarinda

Image Credit: 1001Malam.com

Setibanya di kota Samarinda pastinya Anda ingin segera melepas lelah di kasur hotel. Ada baiknya langsung melakukan reservasi di Segiri Hotel, atau mungkin sudah memesan hari sebelumnya. Alasannya karena penginapan tersebut memiliki jarak yang paling dekat dengan Bandara Termindung. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh menuju hotel. Disamping itu fasilitas dan pelayanan yang diberikan tidaklah buruk seperti bayangan anda.

Untuk fasilitas masing-masing kamar terdapat TV, AC, shower, serta peralatan mandi yang lengkap. Wifi yang tersedia dapat digunakan di area publik, sekitar kawasan hotel, hingga ke kamar pribadi. Layanan restoran disini menyediakan menu lezat ala masakan Samarinda. Bagi pengunjung tipe kelas kamar tertentu, biasanya akan mendapatkan sarapan gratis selama menginap. Untuk harga tidak perlu khawatir karena masih terjangkau dan ramah di kantong.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba

Lokasi: Jl. Pahlawan No. 34, Dadi Mulya, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

7. Hotel Gading Kencana

Image Credit: Facebook.com @Gading1196

Dari Bandara Internasional APT Pranoto sekitar 25 km terdapat hotel yang kerap dikunjungi wisatawan. Hotel bintang dua ini menawarkan fasilitas kamar yang cocok untuk digunakan oleh keluarga. Terlihat dari ukuran kasur king size serta ukuran kamar yang cukup luas. Ada 7 tipe kamar yang bisa dipilih oleh pengunjung, masing-masing memberikan harga yang berbeda. Tetapi soal fasilitas tetap sama rata seperti adanya TV, AC, hingga kamar mandi dalam.

Kawasan hotel dikelilingi oleh area wisata yang wajib untuk dikunjungi wisatawan. Berjarak kurang dari 1 km terdapat Giant Supermarket Mesra Indah Mall. Kemudian ada Pasar Pagi yang menjual berbagai makanan tradisional. Dan juga wisata kuliner berupa RM Ayam Gepuk Asli Ponorogo serta Dejavu Kitchen & Bar. Tempat-tempat tersebut dapat Anda kunjungi jika menginap disini. Tarif per malam hotel ini cukup terjangkau dijamin isi dompet aman.

Lokasi: Jl. Pulau Sulawesi No.76, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

8. Lavender Guest House

Lavender Guest House

Image Credit: Booking.com

Hotel bintang satu ini cocok untuk Anda yang berlibur ke Samarinda dengan budget pas. Pasalnya menawarkan harga yang terjangkau dengan akomodasi yang memadai. Untuk fasilitas publiknyan hotel menyediakan ruang bersama dan parkir pribadi gratis. Karena jarak hotel ke bandara sangat jauh, maka hotel memberi layanan antar-jemput kepada calon tamu. Sedangkan bagi Anda yang ingin berkeliling Samarinda pihak hotel juga menyewakan rental mobil dan motor.

Unit-unit di penginapan ini sudah dilengkapi dengan TV LCD, AC, serta meja dan kursi. Bagian toiletnya sengaja diletakkan di dalam kamar tamu, dengan perlengkapan mandi yang baru. Ada dua tipe kamar yang dapat dipilih pengunjung yaitu Deluxe Queen dan Superior Twin. Keduanya berbeda pada bagian kasur saja, tipe Deluxe Queen kasurnya ukuran jumbo sedangkan Superior Twin ada 2 single bed.

Lokasi: Jl. Biola No.32, Sungai Pinang Luar, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

9. Good Sleep Samarinda

Good Sleep Samarinda

Image Credit: Pegipegi.com

Di daerah Karang Mumus terdapat hotel bintang dua dengan pelayanan 24 jam. Menawarkan jenis kamar yang memiliki fasilitas TV LCD, AC, dan kamar mandi pribadi yang dilengkapi shower. Baik Deluxe Single ataupun Standard Double, Anda bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Letak hotel sangat strategis karena dekat dengan restoran dan wisata kuliner lainnya. Jika ingi membeli oleh-oleh tinggal berkendara sekitar 1,4 km menuju Pasar Pagi.

Lokasi: Jl. Pulau Samosir No.27b, Karang Mumus, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda.

10. Akasia 8

Akasia 8

Image Credit: Facebook.com @Akasia 8 Guesthouse Samarinda

Layaknya penginapan dengan harga miring lainnya, Akasia 8 dilengkapi dengan fasilitas kamar yang standar. Meliputi tempat tidur, AC, kamar mandi dalam, serta gratis sarapan pagi. Suasana penginapan ini sangat bersahabat dengan perabotan yang ditata rapi, sehingga siapapun yang memandangnya terlihat menarik. Udara sekitar hotel sangat bersih karena sedikit jauh dari kota. Sehingga pengunjung bisa nyaman beristirahat karena jauh dari berisiknya kota.

BACA JUGA:  10 Taman di Samarinda yang Cocok untuk Refreshing

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, RT.06/RW.No.39, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

11. Hotel Temindung

Hotel Temindung

Image Credit: Pegipegi.com

Akses menuju ke penginapan ini dapat ditempuh dengan jarak 16 km dari Bandara Termindung. Dengan mengeluarkan biaya yang sangat miring, Anda bisa mendapatkan fasilitas hotel yang memadai. Setiap kamarnya memiliki fasilitas berupa spring bed, selimut, TV, AC, dan akses internet gratis. Letaknya berada di pusat kota Samarinda membuat tempat singgah ini mudah dijangkau dari berbagai penjuru daerah.

Lokasi: Jl. Pelita, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

12. Star One Guest House

Star One Guest House

Image Credit: Pegipegi.com

Bagi Anda yang liburan ke Samarinda dengan budget minim, mungkin bisa mempertimbangkan penginapan ini. Meskipun ditawarkan dengan harga murah tetapi fasilitas kamar yang didapat juara. Mulai dari kasur nyaman, perlengkapan mandi, TV, AC, serta akses Wifi gratis. Lokasinya dekat dengan Pelabuhan Samarinda memungkinkan Anda untuk sekedar jalan-jalan santai di sekitar perlabuhan saat sore.

Lokasi: Jl. Dermaga No.4, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

13. AS Guest house

AS Guest house

Image Credit: Agoda.com

Penginapan ini mempunyai kebijakan ketat, dimana pengunjung perlu menunjukkan bukti nikah saat melakukan reservasi. Fasilitas kamarnya sangat nyaman sehingga pengunjung dijamin betah berlama-lama disini. Hampir semua unitnya sudah diberi AC, TV, kasur nyaman, serta kamar mandi pribadi. Di bagian luar hotel tersedia mesin ATM dan supermarket yang jaraknya sangat dekat.

Lokasi: Jl. KH. Agus Salim, Sungai Pinang Luar, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

14. Hotel Grand Pirus

Hotel Grand Pirus

Image Credit: Tribunnews.com

Tidak hanya menyediakan fasilitas kamar yang optimal, hotel ini juga memiliki ruang pertemuan yang cukup luas. Terdapat penyewaan mobil bagi pengunjung yang ingin menjelajahi Samarinda. Jika kehabisan pakaian ada layanan binatu yang disediakan oleh hotel, tinggal memberi tambahan biaya saja. Sekitar 10 menit dari hotel Anda akan sampai di Mall Mesra Indah.

Lokasi: Jl. Pirus No.30, Ps. Pagi, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

15. Hotel Mahakam Samarinda

Hotel Mahakam Samarinda

Image Credit: Booking.com

Berangkat dari konsep modern, nyatanya hotel ini tetap memberikan kenyamanan bagi para tamunya. Letaknya sangat strategis tepat di tengah kota, sehingga dapat memberikan pengalaman liburan yang komplit. Meskipun posisinya dekat dengan pusat kota, namun lingkungan hotel tetap aman dan bersih. Selain itu fasilitas kamar yang disediakan benar-benar mencerminkan hotel berkelas. Padahal harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal.

Lokasi: Jl. Kadrie Oening, Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Samarinda memang menawarkan banyak destinasi wisata yang mengesankan. Sayang sekali apabila Anda melewatkan pengalaman menakjubkan begitu saja. Maka dari itu untuk menuntaskan hasrat liburan, Anda perlu menghabiskan waktu di Samarinda lebih lama. Tidak perlu khawatir soal tempat istirahat, ada banyak hotel murah di Samarinda yang menawarkan fasilitas nomer satu. Baik itu fasilitas kamar maupun ruang publik yang memberikan kenyamanan.