Kalimantan Tengah

Fantasy Beach, Taman Wisata Favorit Keluarga di Palangkaraya

Kota Palangkaraya menawarkan keindahan wisata yang berbeda, yaitu Fantasy Beach. Danau buatan yang dilengkapi wahana air yang menarik dan permainan yang menantang adrenalin.

Lokasi: Marang, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan Tengah jadi salah satu destinasi liburan yang memiliki keindahan tiada duanya. Berada di tengah pulau Borneo membuatnya tak memilih area perairan, seperti laut sebagai wisata bahari. Akan tetapi, masyarakat setempat dapat menikmati keindahan yang dari objek wisata Fantasi Beach di pusat kota Palangkaraya. Tempat ini menarik perhatian, baik dari penamaan maupun lokasinya yang cukup mudah dijangkau.

Daya Tarik Taman Wisata di Kota Palangkaraya

Daya Tarik Taman Wisata di Kota Palangkaraya

Image Credit: Maps.google.com @kezia ika

Taman wisata yang dibangun di pusat kota ini berada di provinsi yang tidak memiliki wilayah perairan. Meskipun namanya Fantasi Beach, tetapi lokasi wisata ini bukan berupa laut karena sejatinya berupa danau buatan. Lokasi bekas penambangan pasir yang terdahulu telah dibiarkan terbengkalai tanpa adanya reklamasi dari pemerintah atau pihak swasta. Oleh sebab itu, dikelola dan diubah jadi destinasi wisata yang sangat baik dan menarik untuk keluarga.

Sebelumnya, tempat bekas penambangan pasir ini dibiarkan terbengkalai tanpa ada yang berniat untuk merawatnya. Dengan begitu, hanya menyisakan lokasi tak terurus yang cukup kotor sehingga tak ada yang berniat berkunjung ke tempat itu. Setelah beberapa lama, lokasi tersebut dirombak menjadi destinasi wisata keluarga yang diidam idamkan oleh orang banyak di Palangkaraya. Danau ini pun selalu ramai pengunjung, terutama saat libur akhir pekan atau libur panjang.

Lokasi yang disebut sebagai danau buatan ini memiliki luas lahan yang cukup besar. Tak heran, karena lokasi penambangan dulunya pun cukup luas sehingga memuaskan untuk Anda pakai berkeliling. Keindahan danau ini membuat siapa saja ingin berkeliling memakai perahu atau sepeda air. Berkunjung ke area wisata ini tentu tidak lengkap bila tidak melihat berkeliling danau dan mengabadikannya dalam bentuk foto atau video sebagai kenang kenangan.

Danau ini berisi air yang sangat jernih, sehingga tidak tampak keruh atau kecoklatan saat dilihat dari atas permukaan. Yang tidak kalah menarik, yaitu tumbuhnya beberapa pohon di sepanjang danau. Tumbuhan yang beraneka ragam mini menambah keasrian lokasi sekitar serta membuat area tersebut jauh lebih sejuk. Rapatnya pepohonan ini membuat banyak produksi oksigen ditambah dengan angin sepoi sepoi yang membuat para pengunjung lebih nyaman.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Palangkaraya yang Wajib Dicoba

Tak hanya memiliki suasana asri dan sejuk, Anda juga disuguhi dermaga eksotis yang juga dilengkapi dengan tempat bersandar perahu. Uniknya, dermaga ini bukan tempat bersandar perahu pencari ikan. Perahu perahu tersebut biasa disewa untuk berkeliling di sekitar danau oleh para pengunjung. Kapal kapal ini memiliki kapasitas yang beragam, sehingga bisa Anda pakai secara beramai ramai dengan keluarga atau rombongan teman untuk berkeliling area danau.

Taman wisata untuk keluarga ini didesain di area yang cukup luas, sehingga cocok untuk berlibur bersama rombongan atau keluarga besar. Diklaim mampu menampung jumlah pengunjung yang banyak, bahkan tidak perlu takut untuk berjubel di area wisata tersebut. Saat libur panjang atau hari besar pun area ini masih tetap beroperasi dan tidak ada kendala yang terjadi. Oleh sebab itu, para pengunjung dapat berlibur secara nyaman dan aman.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Fantasy Beach

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Fantasy Beach

Image Credit: Naturalbeautyindonesia.blogspot.com

Dibangun di area yang cukup luas, membuat para pengelola menyediakan berbagai hiburan untuk para pengunjung. Pengunjung yang suka aktivitas menantang adrenalin, maka flying fox salah satu wahana yang wajib dicoba. Lintasan dari wahana satu ini dibuat melintang atau melintasi danau. Dengan begitu, Anda akan meluncur di atas ketinggian air danau yang cukup dalam. Aktivitas ini tentu sangat menyenangkan bagi para penikmat pemacu adrenalin.

Tak perlu khawatir terkait pengamanan karena setiap pengunjung yang bermain flying fox akan diberi pengaman. Mulai dari tali yang sangat kuat, helm sebagai pengaman kepala, dan didampingi oleh tenaga ahli. Meskipun melintasi danau, Anda tidak akan jatuh hanya karena tali yang putus. Keamanan dari permainan ini sangat diperhatikan agar tidak ada korban jiwa saat dioperasikan, sehingga membuat reputasi dari pengelola wisata sangat buruk.

Wahana yang tersedia untuk Anda lainnya, yaitu memanfaatkan dermaga di atas danau dengan memancing dan sepeda air. Di sekitar tempat wisata ini telah disediakan tempat untuk menyewa pemancingan dan membeli umpan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa alat pancing dari rumah. Umpan dapat diperoleh secara mudah, sehingga ikan bisa tertangkap melalui mata kail. Aktivitas ini biasanya dilakukan di sekitar dermaga Fantasi Beach.

Aktivitas lainnya yang bisa Anda nikmati, yaitu berkeliling area danau dengan menggunakan perahu. Perahu motor ini lebih populer disebut klotok oleh masyarakat sekitar, tetapi kali ini dipakai sebagai kendaraan wisata di area danau buatan. Dibuat dengan kapasitas yang cukup besar, sehingga mampu menampung keluarga atau rombongan besar. Anda dapat menyewa perahu motor ini untuk melihat keindahan danau yang dibuat di tengah kota ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Murung Raya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bagi yang datang dengan teman atau pasangan, Anda tak perlu khawatir karena perahu motor ini dapat digantikan dengan sepeda air. Masih beroperasi di area perairan dan bisa dipakai untuk berkeliling. Bedanya, jumlah penumpang atau kapasitasnya terbatas dan cocok dipakai untuk berdua. Bentuk yang tersedia untuk sepeda air ini menyerupai hewan hewan yang hidup di air, seperti kuda air atau bebek dengan jumlah yang cukup banyak.

Destinasi wisata ini tidak hanya diperuntukkan wisata keluarga, tetapi juga cocok dipakai sebagai area outbond. Bagi beberapa rombongan yang menyewa tempat ini sebagai tempat bermain secara bersama sama, maka pengelola menyediakan paket khusus. Anda dapat melakukan outbond dengan harga yang cukup terjangkau meskipun jumlah rombongan tak terlalu banyak. Aktivitas yang diberikan tetap menyenangkan dan mampu mendekatkan antar anggota.

Fasilitas yang Tersedia di Fantasy Beach Palangkaraya

Fasilitas yang Tersedia di Fantasy Beach Palangkaraya

Image Credit: Docplayer.info

Setiap destinasi wisata tentu memerlukan fasilitas penunjang untuk membuat pengunjung nyaman, begitu pula dengan Fantasy Beach. Danau buatan ini didesain dengan area parkir yang cukup luas, sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Anda dapat membawa mobil ataupun motor dengan area parkir yang mudah. Para pengendara roda empat tidak lagi bingung mencari tempat parkir yang kosong, meskipun datang di akhir pekan atau libur panjang.

Yang tidak kalah penting, Anda tidak perlu bingung saat ingin ke kamar mandi karena objek wisata satu ini menyediakan sederet kamar mandi yang cukup banyak. Tak hanya unggul dari segi kuantitas, tetapi juga masalah kebersihan. Kamar mandi di wisata ini cukup bersih dan terawat, sehingga para pengunjung nyaman. Yang tidak kalah penting, seluruh area ini telah dilengkapi dengan tempat sampah yang memadai sehingga lokasi sekitar pun tetap bersih.

Setelah lelah berjalan jalan, Anda bisa menikmati hidangan khas Palangkaraya sambil duduk di tepi danau. Para pengunjung bisa mendiami salah satu pondok yang tersedia sembari menikmati indahnya pemandangan yang tersaji. Nikmatnya makanan ditambah suasana yang tentram dan gemericik air danau terasa lengkap. Liburan di area wisata ini tak boleh Anda lewatkan, terutama yang ingin liburan tidak jauh dari pusat kota dan perjalanan yang singkat.

BACA JUGA:  Keseruan Wisata Susur Sungai Kahayan di Palangkaraya

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Fantasy Beach

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Fantasy Beach

Image Credit: Maps.google.com @the mas empire

Kota Palangkaraya berada di Provinsi Kalimantan Tengah, sehingga tidak memiliki wilayah perairan. Tak heran, masyarakat kota ini harus menempuh perjalanan yang jauh bila ingin menikmati indahnya pantai atau laut. Oleh sebab itu, lokasi bekas penambangan pasir yang sudah lama terbengkalai ini dirombak jadi danau buatan. Danau ini berada di jalan Tjilik Riwut KM 21 yang nama jalannya diambil dari nama Gubernur Kalimantan Tengah ke dua.

Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat para pengunjung tak perlu menempuh jalan yang jauh. Pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan ke arah Kasongan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, Anda akan sampai di tempat wisata keluarga yang sangat nyaman dan tersedia berbagai wahana. Para pengunjung dapat memilih memakai mobil atau motor dengan mobilitas yang jauh lebih mudah, sehingga tak perlu repot perjalanan laut atau udara.

Harga Tiket Masuk Fantasy Beach Palangkaraya

Harga Tiket Masuk Fantasy Beach Palangkaraya

Image Credit: Jalanjalanterus.me

Lokasi wisata yang dibangun di tengah kota ini tidak mematok harga tinggi, bahkan untuk weekdays dan weekend memiliki harga yang sama. Anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar 15 ribu rupiah untuk masuk ke dalam lokasi wisata. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa wahana atau perahu. Harga sewa perahu motor sekitar 150 ribu rupiah untuk dipakai berkeliling dengan kapasitas yang cukup banyak, sehingga tergolong murah.

Wisata yang beroperasi di Kalimantan Tengah memiliki jam buka yang berbeda beda, tetapi Fantasy Beach ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Terhitung sekitar 9 jam Anda dapat menikmati keindahan alam dan danau buatan yang disuguhkan untuk para pengunjung. Mengisi waktu liburan hingga senja menjelang terasa sangat menyenangkan dapat dipakai sebagai ajang mendekatkan antar anggota keluarga.

Wisata bahari jadi salah satu destinasi yang menarik perhatian, tetapi Kalimantan Tengah tidak memilikinya. Oleh sebab itu, lokasi bekas penambangan pasir diubah jadi danau buatan lengkap dengan wahana air dan permainan lainnya. Anda bisa menikmati dalam paket lengkap dan harga terjangkau. Keunikan lainnya, pengunjung tak perlu menempuh perjalanan yang jauh karena destinasi ini berada di pusat kota.