Kalimantan Selatan

Danau Seran, Destinasi Liburan Favorit di Banjarbaru

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
MapCek Lokasi

Destinasi wisata yang menarik, tentu saja akan memiliki peminat yang terus bertambah. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di tanah Kalimantan, tepatnya di Banjarbaru maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Danau Seran. Danau yang merupakan bekas tanah galian ini ternyata memiliki keindahan yang perlu Anda intip. Di dalam ulasan kali ini, akan dibahas mengenai indahnya Danau Seran untuk anda. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Danau Seran

Sekilas Tentang Danau Seran

Image Credit: Apahabar.com

Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata satu ini, maka Anda pun terlebih dahulu bisa mengenal sejarah dari terbentuknya Danau Seran. Danau satu ini sendiri dulunya merupakan area penambangan intan yang dimiliki oleh PT. Galuh Cempaka. Meskipun aktifitas penambangan sudah tidak lagi dilakukan di sekitar lahan satu ini, namun lahan ini pun masih berstatus milik perusahaan penambang hingga tahun 2034 mendatang.

Danau satu ini terbentuk akibat bekas galian yang tidak terpakai dan terbengkalai. Sehingga hal tersebut menjadikan tempat ini pun digenangi oleh air. Selanjutnya, menjelma menjadi sebuah danau indah yang saat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat satu ini, maka Anda pun perlu untuk mengetahui rute yang sebaiknya Anda tempuh untuk bisa sampai ke lokasi wisata satu ini.

Rute Menuju Lokasi Wisata Danau Seran

Rute Menuju Lokasi Wisata Danau Seran

Image Credit: Kompasiana.com

Bagi Anda yang ingin untuk mengunjungi danau satu ini, maka rute yang perlu Anda tuju pun cukup mudah. Jika Anda berangkat dari kota Banjarmasin, maka nantinya Anda pun bisa berangkat menuju ke arah Banjarbaru. Setelah itu, ketika Anda telah sampai di persimpangan lampu merah Guntung Manggis, yakni di depan markas Brimob Banjarbaru, maka Anda pun bisa berbelok ke kanan.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Banjarbaru yang Paling Populer

Kemudian, Anda pun bisa langsung lurus saja dengan mengikuti jalan Palam yang berada sekitar 6 kilometer. Disini, Anda pun jangan berhenti dan tetap melanjutkan perjalanan sebelum menemukan papan nama objek wisata yang bertuliskan Danau Seran. Untuk menuju ke lokasi wisata satu ini, maka Anda pun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan untuk menuju ke Danau Seran ini belum terdapat kendaraan umum yang melaluinya.

Daya Tarik Wisata Dari Danau Seran

Daya Tarik Wisata Dari Danau Seran

Image Credit: Wartaniaga.com

Ketika berada di tempat wisata satu ini, maka Anda pun tak henti hentinya dibuat takjub akan keindahan dari pemandangan danau satu ini. Dengan memiliki luas yakni mencapai 10 hektar, maka Anda pun akan melihat panorama yang akan menyejukkan mata. Ditambah dengan udara yag sejuk dan hijaunya alam sekitar akan membuat Anda berdecak kagum akan hal yang disuguhkan oleh danau satu ini.

Tak hanya itu saja, disini Anda pun juga akan bisa melihat jernihnya air yang terdapat di dalam Danau Seran. Sehingga hal ini pun akan membuat orang orang yang berkunjung akan tergiur untuk berenang. Akan tetapi, Anda pun perlu berhati hati. Pasalnya, danau satu ini memiliki kedalaman yang mencapai sekitar 30 meter. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak berenang di danau satu ini.

Meskipun belum setenar dengan danau danau yang lain, karena danau ini masih tergolong baru, namun keindahan yang ada disini perlu untuk Anda acungi jempol. Dengan memiliki aisr yang kehijauan dan jernih, maka danau ini pun dapat menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di sekitar Banjarbaru dan Banjarmasin.

Di tempat satu ini pun juga terdapat sebuah pulau kecil yang ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang. Dimana tempat satu ini pun menjadi salah satu lokasi yang bisa untuk Anda kunjungi sebagai wisatawan. Sehingga Anda pun tak hanya bisa menikmati pemandangan airnya yang mempesona saja, tetapi Anda juga bisa untuk mengunjungi pulau kecil yang berada di sekitar danau.

BACA JUGA:  Keseruan Berwisata ke Pondok Wisata Tambak Yudha di Banjarmasin

Aktifitas Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Danau Seran

Aktifitas Menarik yang Bisa Anda Lakukan di Danau Seran

Image Credit: Berbagifoto123.wordpress.com

Karena di Danau Seran memiliki pulau yang bisa untuk Anda kunjungi, maka Anda pun bisa menyeberangi pulau untuk menikmati pemandangan alam yang tersedia di danau satu ini. Untuk Anda yang ingin mengunjungi pulau satu ini, maka pihak pengelola dari Danau Seran telah menyediakan kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk menyebrang. Yang mana kendaraan tersebut adalah perahu mesin atau kelotok.

Perahu tersebut berfungsi untuk menyebrang bagi wisatawan menuju ke kawasan pulau yang ada di Danau Seran. Ketika Anda menyebrang danau dengan menggunakan kelotok maka Anda pun nantinya akan bisa untuk menikmati jernihnya air danau yang kehijauan. Dimana air yang jernih tersebut akan bisa untuk Anda lihat dengan lebih jelas ketika sedang menyebrangi danau.

Selain itu, bagi Anda yang ingin untuk menikmati keindahan Danau Seran ini, maka Anda pun juga bisa berkeliling dengan menggunakan jasa penyewaan perahu kelotok. Untuk tarif menyewa perahu ini pun cukup murah dan tidak akan menguras kantong anda. Selain dengan menggunakan perahu kelotok, maka Anda pun juga bisa untuk menyewa sepeda air untuk sekedar bersantai ataupun menikmati keindahan dari danau satu ini.

Untuk menikamati aktifitas sepeda air ini, maka Anda pun bisa menyewanya melalui pulau yang berada di tengah danau. Setelah Anda menyebrangi pulau tersebut, maka Anda pun bisa menyewa sepeda air dan berkeliling danau dengan menggunakan sepeda tersebut. Pastinya, Anda pun akan bisa menikmati keindahan dari Danau Seran bersama dengan pasangan dan juga keluarga anda.

Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang berkunjung ke tempat satu ini bersama dengan keluarga, maka disini pun juga tersedia wahana untuk bermain anak. Sehingga bagi Anda yang mengajak si kecil, Anda pun bisa untuk mengajak si kecil berman. Beberapa permainan pun lengkap tersedia di tempat satu ini, mulai dari permainan mobil berputar hingga memancing bola.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pantai Gedambaan di Kotabaru

Dengan adanya permainan tersebut maka akan membuat anak Anda menjadi betah untuk bermain dan menikmati keindahan dari Danau Seran ini. selain itu, di kawasan danau ini pun juga terdapat ayunan yang diikat di batang pohon. Sehingga nantinya Anda pun akan bisa untuk berayun dan melepas lelah sembari menikmati sejuknya alam di bawah rindangnya pohon.

Untuk Anda yang tidak membawa makanan, maka Anda pun tak perlu untuk khawatir. Pasalnya, di tempat satu ini Anda pun juga akan bisa untuk menemukan berbagai pedagang yang menjajakan makanannya. Sehingga Anda pun bisa untuk membeli makanan di area sekitar danau. Untuk harganya sendiri pun cukup terjangkau, sehingga tak akan menguras kantong anda.

Kawasan Danau Seran ini merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa untuk Anda jadikan tujuan untuk berlibur. Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi danau satu ini, maka tak ada salahnya untuk menjadikan lokasi satu ini sebagai salah satu tujuan wisata selanjutnya yang bisa untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan juga kerabat anda.