Kalimantan Barat

Danau Laet, Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Barat

Lokasi: Lalang, Kec. Tayan Hilir, Kab. Sanggau.
MapCek Lokasi

Sudah merencanakan liburan? Pasti anda sedang bingung memilih tempat liburan. Memasuki masa liburan pasti setiap orang mulai bingung menentukan lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Jika anda bingung menentukan lokasi maka cobalah untuk datang ke Danau Laet. Anda pernah mendengar Danau Laet sebelumnya? Danau ini berada di Kalimantan Barat.

Ketika berada di Kalimantan Barat maka cobalah untuk mampir di danau ini. Seperti yang kita tahu bahwa di Kalimantan terdapat berbagai wisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata di pantainya hingga ke danau.

Danau Laet ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda gunakan sebagai pengisi waktu liburan. Jika anda penasaran dan ingin mengetahui berbagai hal lebih detail mengenai wisata satu ini, maka anda bisa menyimak ulasan kali ini hingga selesai.

Danau Laet Wisata Baru di Kalimantan Barat

Danau Laet Wisata Baru di Kalimantan Barat

Image Credit: Ksmtour.com

Kalimantan Barat tidak kalah menarik dari wilayah lain yang ada di Kalimantan. Belum lama ini Kalimantan Barat mempunyai destinasi wisata baru. Wisata ini adalah Danau Laet. Mungkin beberapa dari anda pernah datang ke Danau Laet ini.

Danau Laet ini berada di wilayah Sanggau. Danau Laet ini bahkan dianggap sebagai miniaturnya Danau Sentarum. Danau Sentarum sendiri adalah sebuah danau terbesar dan yang paling luas di Kalimantan. Bahkan Danau Sentarum ini digunakan sebagai sumber utama air untuk mengaliri sungai Kapuas.

Munculnya Danau Laet ini mampu menjadi tempat wisata baru yang tidak kalah indah dari danau lain yang ada di Kalimantan. Semakin hari Danau ini semakin ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Cocok sekali anda gunakan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan anda.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Singkawang yang Wajib Anda Coba

Lokasi Danau Laet Sanggau

Lokasi Danau Laet Sanggau

Image Credit: Clarissaimas.blogspot.com

Tertarik untuk datang ke Danau Laet? Anda perlu mengetahui lokasi danau tersebut. Danau Laet ini merupakan sebuah danau rawa ketika dilihat dari atas drone sangat indah. Ada banyak pulau – pulau ke kecil yang terbentuk. Pulau tersebut dihuni oleh para penduduk disepanjang Danau Laet.

Ada lima pulau yang kabarnya mengelilingi danau Laet ini. Setiap pulau mempunyai ukuran luas lebih dari 1 km persegi. Danau Laet ini berada di Desa Subah di Kecamatan Tayan Hilir dan juga di Kabupaten Sanggau. Menuju danau ini bisa ditempuh dari perjalanan Kota Pontianak sekitar 2 jam perjalanan. Tiket masuk danau ini juga sangat terjangkau hanya Rp 15 ribu saja untuk setiap pengunjung.

Apa Saja yang Menarik dari Danau Laet?

Apa Saja yang Menarik dari Danau Laet

Image Credit: Pontianak.tribunnews.co

Anda pasti penasaran dengan berbagai hal menarik dari Danau Laet ini. Hal menarik yang bisa anda temukan pertama kali adalah melihat pemandangan danau yang sangat indah. Danau Laet menjadi danau dengan pemandangan yang sangat cantik. Pengunjung yang datang terkadang hanya ingin menikmati indahnya pemandangan Danau Laet saja.

Hal menarik lainnya adalah berkeliling danau menggunakan perahu atau kano. Biasanya pengunjung yang datang akan menyewa sebuah perahu untuk sekedar menikmati indahnya pemandangan dari Danau Laet.

Mengabadikan keindahan Danau Laet melalui sebuah foto. Para pengunjung tidak jarang yang mengabadikan moment di sana dengan berfoto. Ada banyak spot yang menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Bahkan spot foto yang disediakan dirancang semenarik mungkin untuk menarik anak muda untuk berfoto. Jika anda datang ke Danau Laet ini maka jangan lupa untuk mengabadikan setiap momentnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bengkayang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Menariknya dari Danau Laet ini adalah adanya jembatan kayu atau bambu. Jembatan ini dibuat untuk mengelilingi tepian danau hingga menuju ke tengah danau. Jembatan ini dibuat semenarik mungiin dengan bentuk seperti simbol cinta dan bentuk lainnya.

Disisi lain juga ada sebuah taman bunga yang dibuat sangat indah. Ada beraneka ragam tanaman hias yang bisa anda temukan. Tidak jarang orang menggunakan taman sebagai tempat mengambil gambar yang indah.

Mencoba Berbagai Outbond di Danau Laet

Mencoba Berbagai Outbond di Danau Laet

Image Credit: Pragusthabalitour.com

Datang ke Danau Laet tidak sempurna juga belum mencoba outbond yang ada di sana. Ada banyak outbond yang disediakan yang bisa membuat anda semakin betah berlama – lama di danau tersebut.

Outbond yang disediakan disana adalah seperti menggunakan ATV, flayingfox, dan bahkan disediakan juga berbagai area untuk balapan. Dijamin anda tidak akan bosan menghabiskan waktu di danau ini.

Jika anda ingin beristirahat menaikmati indahnya Danau Laet maka anda bisa menggunakan fasilitas gazebo. Ada banyak gazebo yang disediakan dipinggiran danau untuk digunakan para pengunjung. Ada juga warung yang disediakan ketika pengunjung ingin membeli makanan maupun minuman.

Karena Danau Laet menyediakan tempat untuk outbond maka danau ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Banyak pengunjung yang datang berombongan untuk sekedar bermain outbond yang ada disana. Ketika anda datang ke Danau Laet maka anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk bermain outbond di lokasi tersebut.

Bermalam di Danau Laet

Bermalam di Danau Laet

Image Credit: Pontianak.tribunnews.com

Bagi anda para pengunjung dari daerah yang jauh jangan khawatir. Pasalnya disekitar danau juga ada sebuah penginapan. Biasanya pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Danau Laet akan memilih untuk menyewa penginapan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Sintang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ada banyam penyewaan penginapan yang bisa anda gunakan. Tidak hanya menikmatinya di siang hari saja, melainkan anda juga bisa menikmati keindahan Danau Laet di malam hari. Pastilah liburan anda akan lebih indah dan menyenangkan.

Fenomena Menarik yang Ada di Danau Laet

Fenomena Menarik yang Ada di Danau Laet

Image Credit: Facebook.com @Danaulaetzona1

Disamping menikmati keindahan dari danau tersebut, pengunjung juga bisa menemukan sebuah fenomena yang sangat menarik. Bahkan jika ada kesempatan untuk melihat fenomena ini, maka anda dijamin akan kembali lagi datang ke Danau Laet.

Fenomena tersebut adalah fenomena pasang surut. Fenomena ini memang tidak bisa dijumpai oleh setiap pengunjung yang datang, hanya pengunjung yang beruntung saja yang bisa menemukan fenomena ini. Fenomena pasang surut ini biasanya terjadi ketika musim hujan.

Namun ketika memasuki musim kering maka pengunjung tidak bisa menemukan fenomena pasang surut tersebut. Bahkan biasanya dimusim kemarau Danau Laet ini sepi dari pengunjung. Pasalnya air yang ada di Danau akan surut. Hal ini menyebabkan Danau Laet dikenal sebagai tampung hujan. Pasalnya air di danau akan ada jika memasuki musim hujan saja.

Sekilas Informasi Keadaan di Danau Laet

Sekilas Informasi Keadaan di Danau Laet

Image Credit: Disporapar.sanggau.go.id

Ketika anda berkunjung ke Danau Laet ini, maka anda harus tahu bahwa di danau ini tidak ada listrik. Sehingga untuk mencari sinyal telepon pun sangat susah. Sebelum anda berkunjung ke danau ini maka alangkah pentingnya untuk bisa menyiapkan segala keperluan anda selama ada di sana.

Walaupun tidak ada listrik namun pemandangannya yang indah akan membayar semua kekurangan yang dimiliki danau ini. Dari penjelasan di atas pastilah anda menjadi lebih tertarik lagi untuk datang berlibur di Danau Laet. Ajak teman, keluarga, dan saudara untuk menghabiskan waktu berlibur di Danau Laet.