Kalimantan Timur

Pesona Keindahan Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur

Lokasi: Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
MapCek Lokasi

Siapa bilang Kalimantan Timur cuma punya pantai? Butiknya danau Labuan Cermin berhasil memukau para wisatawan. Pertemuan air laut dan air tawar ini ramai dikunjungi pengunjung, yang penasaran akan keindahannya. Kini wisata danau satu ini menjadi andalan wisata Kalimantan Timur. Jarak tempuhnya yang dekat membuat area wisata, penuh saat akhir pekan dan musim liburan. Ingi tahu bagaimana pesona Labuan Cermin? Simak disini.

Rute Perjalanan Menuju Labuan Cermin

Rute Perjalanan Menuju Labuan Cermin

Image Credit: Backpackerborneo.com

Berbicara tentang keunggulan wisata Indonesia memang tidak ada habisnya. Hal ini disebabkan Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga kekayaan alamnya berlimpah. Termasuk Pulau Kalimatan yang berada tepat di khatulistiwa, yang menjadikannya pulau dengan banyak pesona wisata. Pulau dengan kekayaan alam cukup besar ini tidak boleh dilewatkan, terutama keindahan alamnya. Segala pesona yang unik tersedia disini, termasuk Danau Labuan Cermin.

Bukan pantai atau pegunungan pada umumnya, tempat ini merupakan danau yang membuat decak kagum siapapun. Terletak di Desa Labuan Kelambu tepatnya Kecamatan Biduk-biduk, daerah Kalimantan Timur. Jarak tempuh ke lokasi sekitar 6-7 jam dari ibukota Kabupaten Berau. Saking penasarannya pengunjung rela menempuh perjalanan jauh, dan rasa lelah akan terbayar begitu sampai di lokasi. Suasana danau yang alami dan asri membawa ketenangan tesendiri.

Jika anda ingin mengunjungi wisata ini disarankan naik pesawat terbang. Darimanapun kota anda berasal, termasuk di sekitar Kalimantan. Menuju ke Berau lalu transit dahulu di Balikpapan. Pilih penerbangan yang langsung connecting supaya tidak repot, mengeluarkan isi bagasi saat di Bandara Sepinggan. Begitu tiba di Bandara Kalimaru Berau silahkan cari mobil sewaan, untuk pergi ke Biduk-biduk.

Anda akan menempuh perjalanan selama 5-6 jam, jika dengan travel bisa sampai 7 jam. Hati-hati dengan ruas jalanannya yang rusak, membuat anda kadang terpelanting kanan-kiri. Karena biasanya supir akan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Disarankan membawa obat anti mabuk, untuk yang tidak kuat. Untuk mencapai  Labuan Cermin anda perlu menyewa kapal, dengan harga 200 ribu. Tenang harga tersebut tidak mahal, untuk perjalanan pulang-pergi.

BACA JUGA:  Bukit Alpha, Bukit Teletubbies di Balikpapan

Persatuan Dua Jenis Air dalam Satu Pesona

Persatuan Dua Jenis Air dalam Satu Pesona

Image Credit: Cationspotindonesia.wordpress.com

Perjalanan jauh anda akan terbayarkan dengan panorama danau, yang memukau dari kejauhan. Air danau yang bersih dan jernih bahkan sampai, dasar danau terlihat sangat jelas. Dari atas air anda bisa melihat dasar danau, yang berupa pasir air laut. Ketika sinar matahari datang, maka akan membiaskan cahaya. Hal inilah yang menjadi alasan disebut sebagai danau Labuan Cermin. Saking jernihnya jika anda berdiri disamping danau, maka pantulan diri anda terlihat di danau.

Keunikan danau yang paling membuat penasaran, ialah air yang terdiri dari air laut dan tawar. Air Labuan Cermin berasal dari sumber mata air, di sekitar dinding karts. Pada pernmukaan rasa airnya tawar, seperti danau pada umumnya. Namun mulai di kedalaman tiga meter kebawah, rasa air berubah. Air danau akan terasa lebih asin, seperti air laut. Fenomena ini yang membuat danau mempunyai lapisan pemisah. Sehingga saat sinar matahari masuk, air dapat memantul.

Air Danau Labuan Cermin ini berwarna hijau kebiruan, yang membuatnya enak dipandang. Saat sinar matahari memantul akan terlihat buliran air, yang sebening kristal. Makannya dari jauh danau terlihat berkilauan, seperti ladang kristal yang menumpuk. Alhasil ada yang menyebutnya danau kristal. Dari atas perahu anda akan melihat banyak biota danau, yang terlihat hingga ke dasaranya.

Tidak jarang orang mengenalnya dengan Danau Dua Rasa, tapi masih lebih populer nama Danau Labuan Cermin. Meskipun terlihat dangkal namun itu hanya tipuan mata saja. Aslinya kedalaman danau mencapai 4-5 meter. Jadi diharapakan berhati-hati bagi anda, yang tidak mampu berenang. Airnya tenang sehingga aman untuk bermain air cukup lama, di dalam danau. Ketika anda mulai menceburkan diri saat itu juga sensasi segarnya air, akan masuk ke pori-pori kulit.

BACA JUGA:  Bontang Kuala, Wisata Maritim Unik Andalan Bontang

Anda akan merasakan relaksasi yang berbeda, saat berkunjung kesini. Pemandangan sekitar danau sangat menenangkan, dan membuat jiwa tentram. Dikelilingi rimbunan pohon yang membuat suasan teduh. Sehingga sangat tepat apabila anda ingin rehat sejenak, dari rutinitas yang padat. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah di siang hari, karena sinar matahari sedang cerah-cerahnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen, di Labuan Cermin semua sudut adalah spot foto.

Aktivitas Senang-senang yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Senang-senang yang Bisa Dilakukan

Image Credit: Wikipedia.org

Saat berkunjung ke Labuan Cermin jangan lupa mencoba snorkeling, atau menyelam. Anda bisa membawa perlengkapannya sendiri, atau bisa menyewa saat di dermaga. Saat menyelam anda akan melihat pesona bawah danau. Ikan-ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan, serta biota danau lainnya. Dari dasar air anda akan melihat ikan mana yang jenis air tawar, dan mana ikan air laut. Karena secara otomatis akan terpisah akibat fenomena unik tersebut.

Bagi anda yang lebih suka bermain air dan bersantai ria, tidak perlu khawatir. Karena pengelola menyediakan persewaan ban, dan perahu air. Jadi anda bisa berenang santai, tidak perlu menyelam sampai ke dasar. Atau berkeliling kawasan naik perahu yang dikayuh warga setempat. Jadi tidak perlu basah-basahan tapi masih bisa menikmati pemandangan. Dari atas perahu anda bisa mengambil banyak gambar menarik, dengan backgroud rimbunan pohon.

Supaya anda puas mengeksplor wisata Labuan Cermin, sebaiknya sediakan waktu setengah hari. Karena jika hanya 1-2 jam saja kemungkinan baru merasakan naik perahu saja. Kalaupun langsung berenang perlu waktu beberapa jam, untuk eksplorasi dasar danau. Baru setelah itu membilas diri, yang fasilitasnya ada di balik hutan. Baru kembali lagi naik perahu menuju muara Labuan Kelambu. Jadi anda perlu waktu setengah hari hingga hampir satu hari.

Aktivitas Senang yang Bisa Dilakukan

Image Credit: Airyrooms.com

Setelah lelah bermain air di Labuan Cermin, anda perlu mengisi kembali energi. Jika tidak membawa bekal tidak perlu bingung. Karena di sekitar danau terdapat warung penjual makanan, letaknya agak jauh dari danau. Anda bisa menyantap beragam menu rumahan, atau masakan khas Kalimantan. Harga yang ditawarkan pun tidak membuat dompet kering, dan rasanya enak.

BACA JUGA:  Bukit Tangkiling, Objek Wisata Alam Penuh Legenda di Palangkaraya

Jika edisi megeksplor Labuan Cermin hingga larut malam, anda tidak perlu bingung. Karena di sekitar danau tersedia penginapan. Tepatnya di daerah Biduk-bidukk anda akan menjumpai beragam pilihan. Mulai dari yang harganya 100 ribu hingga 300 ribu, per malamanya. Atau untuk traveller dan backpaker penganut wisata murah, anda bisa menginap di rumah warga. Para warga tidak pernah keberatan rumahnya disinggahi wisatawan, malah merasa senang.

Apabila berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lewatkan mampir ke Danau Labuan Cermin. Anda akan terpana melihat keelokan dua jenis air yang menjadi satu, air tawar dan air laut. Untuk menuju ke tempat wisata ini anda perlu menempuh perjalanan sekitar 4-7 jam. Tapi bukan suatu masalah besar karena lelah anda, akan dibayar ketika tiba di lokasi. Aktivitas mulai berkeliling danau hingga snorkeling, bisa anda lakukan di Labuan Cermin.