Kalimantan Selatan

Danau Galuh Cempaka, Tempat Terbaik Menikmati Senja di Banjarbaru

Danau Galuh Cempaka merupakan perairan yang terbentuk akibat sisa penambangan, namun memiliki keindahan yang begitu menawan. Apalagi ketika matahari mulai terbenam, pesona danau semakin terlihat.

Lokasi: Purnawirawan, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru.
Map: Cek Lokasi

Tidak hanya keindahan dari alamnya saja yang dapat menarik berbagai wisatawan untuk berkunjung ke Banjarbaru. Salah satu alternatif lainnya yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di kota tersebut adalah Danau Galuh Cempaka. Lokasinya yang berada di kilometer ketujuh belas dari Bandara Syamsudin Noor memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Jika Anda ingin tahu lebih detailnya danau cantik ini, yuk simak ulasan berikut!

Pesona yang Disajikan Danau Galuh Cempaka

Pesona Danau Galuh Cempaka

Image Credit: Youtube.com @redboii

Kalimantan Selatan khususnya Banjarbaru ternyata memiliki cukup potensi menjadi daerah wisata. Banyak daerah yang dikembangkan sebagai daya tarik bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu yang dapat Anda datangi adalah Danau Galuh Cempaka. Perairan dengan warna kehijauan ini menampilkan gradasi yang serasi dengan alam yang ada di sekelilingnya.

Tempat ini menjadi lokasi yang sangat cocok untuk menghabiskan libur akhir pekan atau hanya sekedar bersantai menikmati keindahan alam sekitar. Letaknya yang berada agak ke dalam, membuat suasana di sekitar danau menjadi lebih damai. Selain itu, banyak sekali pepohonan rindang yang hijau menambah suasana lebih sejuk dan nyaman untuk dijadikan tempat berlibur.

Pesona yang disajikan dari danau ini tidak bisa diragukan lagi, karena hembusan angin semilir dengan tumbuhan sekitar lokasi danau menambah keasrian jika berada di sini. Terlebih air dari danau yang tenang dan langit biru cerah disertai kicauan burung akan memberi kenangan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda jika ingin melepas penat untuk mencari suasana baru.

Namun siapa sangka jika Danau Galuh Cempaka merupakan sisa dari lubang akibat hasil eksplorasi tambang yang sudah lama terbengkalai. Tempat ini merupakan bekas area tambang, tetapi jejak pertambangan sudah tidak tampak. Sebagai gantinya, genangan air yang berwarna kehijauan serta kepungan tumbuhan hijau yang segar menghiasi Danau Galuh Cempaka Banjarbaru ini.

Menariknya lagi, jika Anda merupakan pengunjung yang berasal dari luar daerah, mungkin tidak akan sadar jika danau terbentuk karena sisa penambangan. Danau ini terbentuk begitu saja tanpa adanya proses reklamasi yang berubah menjadi destinasi wisata yang sangat indah dan menawan. Terlebih jika pengunjung datang ketika sore hari. Langit berwarna jingga dan matahari yang mulai terbenam dan mulai memerah membuat pemandangan yang sangat cantik.

BACA JUGA:  Keunikan Rumah Bubungan Tinggi, Rumah Tradisional Suku Banjar

Daya Tarik Utama Danau Galuh Cempaka Banjarbaru

Daya Tarik Danau Galuh Cempaka

Image Credit: Google Maps (Adrian Bd)

Keberadaan dari danau ini memang benar berasal dari sisa penambangan yang terbengkalai. Tetapi Anda akan dibuat terpukau dengan pemandangan yang ditawarkan lokasi wisata ini. Keindahan yang ditampilkan dari Danau Galuh Cempaka semakin lengkap dengan adanya tumbuhan hijau yang tumbuh di sekeliling lokasi. Hal ini menjadi pesona yang tidak bisa dipungkiri karena hanya dapat ditemukan di Banjarbaru.

Tidak hanya memiliki keindahan yang memesona saja, begitu Anda melangkah untuk mendekat ke danau, gradasi air danau yang unik akan membuat terkagum. Air yang berwarna hijau agak sedikit keruh yang dipadukan dengan hijaunya pepohonan sekitar, dijamin membuat ketertarikan tersendiri bagi pengunjung. Anda dapat duduk dengan santai di sekitar danau untuk mengabadikan momen tak terlupakan bersama orang tercinta dengan latar belakang danau.

Ketika Anda menginjakkan kaki untuk mendekat ke arah danau, Anda bisa melihat air yang tenang dan membentang luas. Sayangnya, Anda tidak bisa berenang Danau Galuh Cempaka karena bekas dari penambangan. Sehingga banyak lubang sumur yang tersisa dan berisiko membahayakan pengunjung jika bermain di dalam air. Maka dari itu, jika Anda berkunjung ke sini, Anda hanya diperbolehkan berada di sekitar danau.

Namun, jika Anda ingin menikmati angin dengan hembusan yang semilir di tengah danau, terdapat fasilitas yang bisa digunakan. Anda bisa menyewa perahu kelotok yang disediakan pihak pengelola yang hendak berkeliling di sepanjang danau. Alternatif lainnya, Anda bisa menyusuri jembatan danau yang menuju ke tengah danau. Selain aman bagi keselamatan, Anda juga bisa menikmati keindahan danau dengan gratis.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Danau Galuh Cempaka

Kegiatan di Danau Galuh Cempaka

Image Credit: Facebook.com @danaugcpalam

Area di tepi Danau Galuh Cempaka yang sejuk dengan pepohonan hijau rindang membuat banyak pengunjung datang hanya untuk bersantai. Sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar pantai, Anda juga bisa membawa bekal makanan untuk piknik bersama dengan kerabat terdekat yang diajak berlibur. Seharian di danau ini pasti akan lebih seru jika menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

BACA JUGA:  Pulau Kembang, Rumah Para Kera di Sungai Barito Kalimantan Selatan

Namun, jika tidak mau hanya sekedar berdiam diri di tepian pantai, Anda bisa menyewa perahu yang disediakan pihak pengelola. Dengan menaiki perahu, pengunjung akan disuguhkan keindahan danau yang menawan lebih dekat dan aman. Selain itu, ada juga kereta wisata bagi Anda yang ingin mengelilingi danau melalui jalur darat. Anda bisa menyewanya dengan harga yang sangat terjangkau.

Pengujung dewasa maupun anak – anak dapat menikmati fasilitas tersebut. Menariknya lagi, kereta wisata ini dapat membunyikan suara klakson yang unik sehingga beberapa pengunjung anak – anak merasa riang gembira ketika dibunyikan. Hal ini menambah kesenangan tak terlupakan meskipun dengan hal yang sangat sederhana. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat berfoto mengabadikan momen tersebut.

Pemandangan yang indah berpadu dengan birunya langit akan menjadi waktu tepat untuk berfoto. Untuk mendapat jepretan terbaik, Anda bisa menggunakan latar belakang danau dengan kecerahan langit pada saat siang hari. Selain pesona alam sekitar lebih terekspos, berswafoto di saat matahari masih bersinar membuat hasil tangkapan dari foto Anda lebih berkualitas dan baik.

Tidak hanya itu saja, jika Anda berada di Danau Galuh Cempaka, jangan terburu – buru meninggalkan tempat. Pasalnya, langit di waktu senja juga menghadirkan keindahan yang begitu menawan. Anda bisa menikmati sajian sunset yang terlihat memesona ketika matahari terbenam. Sehingga, destinasi wisata ini akan sangat ramai ketika menjelang sore karena banyak pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam dari ufuk barat.

Meskipun fasilitas yang disediakan terbatas, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar danau seperti camping. Jika ingin menginap di tepi danau sebaiknya untuk meminta izin dari pihak pengelola yang merupakan warga sekitar. Setelah mendapatkan izin, Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan pengalaman yang bakal menjadi kenangan tak terlupakan. Selain dapat menikmati keindahan sunset, jika menginap Anda akan disuguhkan dengan sunrise yang elok.

Untuk Anda yang hobi fotografi, pemandangan di sekitar danau juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Begitu Anda menangkap panorama di danau ini, maka Anda tidak dapat berhenti mengabadikannya. Terlebih jika memilih waktu yang sempurna seperti saat langit sedang cerah atau ketika matahari terbenam. Hal ini akan semakin lengkap jika memadukan dengan berbagai lanskap dari genangan air danau dan kepungan pepohonan hijau.

BACA JUGA:  Pantai Muara Kintap, Destinasi Favorit di Tanah Laut

Fasilitas yang Tersedia di Danau Cantik Banjarbaru

Fasilitas Danau Cantik Banjarbaru

Image Credit: Sany-sofyan.blogspot.com

Apabila Anda mengunjungi danau ini, Anda tidak usah bingung dengan fasilitas yang ada. Karena, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Mulai dari toko, tempat duduk, toilet hingga spot foto yang menarik bisa Anda gunakan dengan mudah. Setelah lelah menghabiskan waktu berkeliling di sekitar danau, Anda dapat beristirahat di tempat duduk di sekitar lokasi.

Selain itu, jika Anda ingin menikmati keindahan danau dari dekat, perahu kelotok bisa menjadi alternatif liburan. Ketika berada di tengah danau, kesejukan dari angin semilir yang berhembus akan menambah keseruan akhir pekan. Tidak hanya itu saja, ada juga kereta wisata yang bisa disewa jika Anda ingin memandang danau dari kejauhan melalui transportasi darat.

Rute dan Harga Tiket Masuk Danau Galuh Cempaka

Harga Tiket Danau Galuh Cempaka

Image Credit: Facebook.com @danaugcpalam

Danau yang berada di Purnawirawan Kelurahan Palam, Cempaka, Banjarbaru ini bisa ditempuh dengan mudah dari pusat kota. Jika dilalui melewati jalur Palam, waktu yang dibutuhkan sekitar 1.5 KM. Setelah itu, Anda harus mengikuti jalur utama yang sudah beraspal yang akan mengantarkan Anda ke pertigaan dengan tulisan selamat datang di objek wisata tersebut. Namun, perjalanan Anda tidak berhenti sampai di sini saja.

Untuk masuk ke danau ini Anda harus melaju hingga 500 meter melalui jalan tanah yang sedikit berpasir. Di pertengahan jalan, adan akan menemui pos penjagaan yang akan mematok biaya parkir sebesar lima ribu rupiah. Setelah itu Anda harus melewati jembatan kayu yang tidak begitu panjang. Kemudian, barulah Anda akan menemui hamparan perairan danau yang cukup luas. Danau ini dibuka mulai pagi hingga petang, jadi Anda bisa berlama – lama menikmati keindahannya.

Itulah keindahan alam yang bisa Anda rasakan di Danau Galuh Cempaka Banjarbaru. Meskipun perairan ini merupakan bekas dari penambangan yang terbengkalai, tetapi pesonanya tidak bisa diragukan begitu saja. Pasalnya, danau seperti ini hanya akan ditemukan di daerah Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Selain bisa melepas penat karena suasananya yang sejuk, ada juga bisa menghabiskan akhir pekan dengan orang tersayang untuk menikmati pesonanya.