Kalimantan Timur

Danau Cermin Lamaru, Danau Cantik di Balikpapan

Lokasi: Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
MapCek Lokasi

Jika anda sedang berada di Balikpapan, sebenarnya banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa untuk anda kunjungi. Salah satu wisata yang bisa untuk anda singgahi ketika berada disini adalah Danau Cermin Lamaru. Memiliki panorama dan tempat yang indah, maka anda pun tak akan menyesal mengunjungi wisata satu ini sebagai destinasi anda. Simak ulasan selengkapnya.

Asal Mula Terbentuknya Danau Danau Cermin Lamaru

Asal Mula Terbentuknya Danau Danau Cermin Lamaru

Image Credit: Youtube.com (Kamboja TV)

Danau sendiri terkadang ada yang terbentuk karena alam ataupun yang sengaja dibentuk oleh manusia. Akan tetapi, berbeda dengan Danau Cermin Lamaru dimana danau ini terbentuk atas unsur ketidak sengajaan. Menurut cerita dari penduduk sekitar, awal mula terbentuknya danau ini adalah ketika terdapat sebuah tanah asli danau yang dikeruk oleh TNI AD. Dimana tempat tersbeut nantinya akan dijadikan tempat untuk latihan menembak pihak TNI AD.

Tanah yang memiliki luas 1 hektar yang berada di wilayah Lamaru itu pun pada tahun 2009 akhirnya digunakan sebagai tempat untuk latihan menembak. Akan tetapi ketika tanah tersebut sudah tidak digunakan atau ditinggalkan, maka area tanah yang memiliki bentuk cekung ini pun akan digenangi oleh air. Sehingga dengan adanya air yang terdapat di cekungan tanah bekas latihan menembak tersebut membentuk sebuah danau yang hingga saat ini terkenal dengan sebutan Danau Cermin Lamaru.

Sebagian orang pun juga kerap kali menyebutnya sebagai Danau Belakang Lapangan Tembak. Hal ini dikarenakan lokasi dari danau tersebut memang terletak di belakang lapangan tembak. Dimana tempat tersebut sering kali digunakan untuk atlet maupun anggita TNI dan Polri untuk latihan menembak. Namun, meskipun danau satu ini merupakan danau yang terbentuk karena tidak sengaja, terdapat keberkahan yang muncul berkat danau satu ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Mahakam Ulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dimana dengan adanya Danau Cermin Lamaru ini, ternyata dapat membawa berkah selama musim kemarau, dimana seperti yang terjadi di akhir tahun 2014 kemarin. Hal ini dikarenakan ketika musim kemarau yang panjang tersebut, terdapat beberapa truk yang berasal dari berbagai daerah. Truk tersebut terlihat sedang datang dan mengangkut air yang berada di danau ini. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu fenomena yang cukup menguntungkan bagi warga sekitar.

Mitos yang Terdapat di Danau Cermin Lamaru

Mitos yang Terdapat di Danau Cermin Lamaru

Image Credit: Trepling.xyz

Memiliki panorama yang indah, ternyata terdapat cerita mistis yang berkembang di masyarakat mengenai danau satu ini. Dimana menurut cerita mulut ke mulut warga lokal terdapat ular raksasa yang menjadi penunggu dari danau cantik ini. Mitos tersebut pun sontak menjadi kencang berhembus dikarenakan pada tahun 2014 yang lalu terdapat anak laki laki yang menghilang ketika sedang berenang di danau satu ini.

Setelah itu, beberapa hari kemudian bocak tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal. Akan tetapi, kondisi dari anak laki laki yang ditemukan tersebut cukup normal. Tidak tampak seperti anak yang sedang tenggelam, dimana hal tersebut cenderung janggal. Mitos ini pun juga sempat membuat tertarik salah satu stasiun televisi yang ada di Indonesia. Dimana program televisi tersebut akhirnya menguak bahwa terdapat makhluk lain yang juga berada di danau satu ini.

Selain itu, menurut informasi dari warga sekitar, air yang berada di danau ini pun memiliki kadar asam  yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan akibat kandungan tanah liat dan batu baru yang berada di danau ini. Sehingga untuk anda yang sedang berwisata ke danau satu ini bersama keluarga, alangkah baiknya jika anda tidak mengonsumsi air yang berasal dari Danau Cermin Lamaru.

BACA JUGA:  Wisata Seru Menjelajah Kampung Atas Air Margasari di Balikpapan

Keindahan & Potensi Wisata dari Danau Cermin Lamaru

Keindahan & Potensi Wisata dari Danau Cermin Lamaru

Image Credit: Kaltim.idntimes.com

Ketika berada disini, nantinya anda pun akan bisa menikmati jernihnya air yang ada di Danau Cermin Lamaru ini. Selain itu, jika anda melihat dari sudut tertentu maka nantinya anda pun akan mendapati bayangan dari pepohonan dan juga langit yang terpantul dengan indah. Hal satu ini merupakan daya tarik bagi wisatawan luar untuk mrngunjungi destinasi wisata satu ini.

Selain itu, anda pun juga bisa mendapatkan spot foto yang menarik ketika sedang berada di wisata satu ini. Dimana spot foto terbaik yang bisa untuk anda jumpai disini adalah ketika anda mendaki bukit yang berada di sisi samping danau. Nantinya anda pun akan mendapatkan hasil dan juga panorama yang sangat menarik ketika mengunjungi tempat satu ini. Bagi anda yang doyan foto pun wajib untuk mengambil gambar dari spot satu ini.

Untuk potensi wisata dari satu ini, sebenarnya memiliki lokasi yang cukup strategis. Dimana Danau Cermin Lamaru ini terletak dekat dengan beberapa obyek wisata Kalimantan Timur yang lain. Sebut saja seperti Kampung Warna Warni, Pantai Manggar hingga Pennagkaran Buaya. Sehingga ketika anda sedang berkunjung dan berwisata ke danau satu ini, maka anda pun akan sekalian bisa menjelajah wisata lainnya yang memiliki potensi menarik di sekitar danau satu ini.

Meskipun termasuk salah satu wisata potensial, namun fasilitas yang terdapat di dalam danau ini masih cukup kurang. Akan tetapi, ketika anda sedang berada disini nantinya anda pun akan bisa untuk menikmati area bumi perkemahan yang dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. Sehingga anda pun nantinya akan bisa untuk menikmati suasana jernihnya danau yang indah. Ditambah dengan pantulan bayangan yang akan membuat suasana menjadi seakan lebih hidup lagi.

BACA JUGA:  Pusat Mangrove Graha Indah, Ekowisata Terbaik di Balikpapan

Rute Menuju Danau Cermin Lamaru

Rute Menuju Danau Cermin Lamaru

Image Credit: Treya.io

Ketika anda ingin berkunjung ke danau satu ini, maka akses jalan yang anda temukan pun tidak akan sulit. Meskipun memiliki lokasi yang jauh yakni sekitar kurang lebih 26 kilometer dari pusat kota Balikpapan, namun anda bisa dengan mudah untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini. Dimana untuk alternatif pertama, anda pun bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi danau satu ini.

Selain itu, jika anda tidak membawa kendaraan pribadi maka anda pun juga bisa dengan menggunakan angkutan umum untuk mengunjungi tempat satu ini. Dimana nantinya anda bisa naik angkutan kota nomer 7 yang memiliki rute menuju Danau Cermin Lamaru. Disini nantinya anda bisa turun ke SMK Adzkiya atau turun di dekat Pondok Pesanten Gema Rahmatullah. Kemudian anda pun bisa berjalan kaki sepanjang 200 meter untuk tiba dan menemukan danau satu ini.

Untuk itu, bagi anda yang ingin berkunjung ke danau satu ini maka anda pun perlu untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah. Selain itu, anda bisa datang ke danau Cermin Lamaru ini pada saat sore hari. Hal ini dikarenakan saat yang tepat untuk mengunjungi danau tersebut adalah ketika sore agar anda tidak kepanasan. Destinasi wisata satu ini dapat anda jadikan sebagai salah satu alternatif tempat wisata yang bisa untuk anda kunjungi bersama keluarga anda.