Kalimantan Selatan

Nikmati Keindahan Alam Danau Caramin di Banjarbaru

Danau Caramin di Banjarbaru tergolong wisata alam buatan yang seakan tidak mau kalah dengan objek wisata lain. Meski sangat sederhana, namun warga sekitar kerap mendatangi Danau Caramin untuk menikmati keindahan dan ketenangan.

Lokasi: Jl. Guntung Manggis, Landasan Ulin Timur, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan adalah pulau yang kaya akan fauna, flora, hingga hasil SDA tambangnya pun melimpah. Bertandang ke pulau ini seakan disuguhkan dengan agenda liburan yang tidak terbatas. Mulai dari wisata laut hingga gunung pun bisa dipilih. Namun dari sekian banyak wisata, lokasi bekas galian tambang yang berubah menjadi objek wisata pun tidak kalah memukau. Seperti Danau Caramin, wisata alam yang tampil dengan keindahan asrinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Buatan Caramin

Daya Tarik Danau Caramin

Image Credit: Instagram.com @supardi_afriyanto

Siapa sangka bahwa hamparan luas air biru bening di danau ini berlokasikan di tempat bekas galian tambang. Keindahan alam sekitar, kontur tanah, dan garis pinggir danau tampak seolah buatan tangan Tuhan. Namun saat ditelaah lebih dalam, ternyata danau ini dibuat dengan campur tangan manusia yang menggali sumber daya mineral. Setelah lama terbengkalai, air yang terbendung sedikit demi sedikit memenuhi galian dan hasilkan danau Caramin.

Seakan tidak ingin kalah dengan danau alami, danau cermin ini memiliki air yang sangat tenang dan jernih. Bahkan saat dilihat, warnanya yang hijau kebiruan seakan berikan efek cermin pada langit dan juga lingkungan sekitar. Hal tersebut dikarenakan, kejernihan air mampu memantulkan cahaya matahari dengan baik. Karena itulah danau ini dinamai dengan danau Caramin yang berarti danau Cermin.

Tidak berhenti di situ saja, daya tarik utama yang ditawarkan adalah pemandangan alam yang masih asri dan dipadu dengan bangunan lama yang sudah hancur. Sekeliling danau ini masih ditumbuhi pohon hijau rimbun, yang membuat danau ini tampak tidak memiliki batas. Meski beberapa bangunan sekitar tampak hancur, namun tidak sedikit pengunjung yang gunakan lokasi tersebut sebagai spot berfoto dengan latar belakang nyeleneh.

Hal ini sungguh disayangkan, apalagi bangunan tersebut tidak lain tidak bukan adalah bekas penambangan dan juga fasilitas pengelola. Benar saja, operasional obyek wisata danau Caramin memang hanya bertahan sejenak. Sehingga tidak banyak yang bisa ditemukan dan dilakukan. Namun untuk sebagian orang, hal tersebut tidak menjadi halangan. Bahkan tidak sedikit yang merasa bahwa pesona keindahan pemandangan danau masih tetap menarik.

BACA JUGA:  5 Rumah Adat Khas Kalimantan Selatan

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Danau Caramin

Kegiatan di Danau Caramin

Image Credit: Visitkalsel.com

Lalu apa yang bisa dilakukan di danau ini? meski tanpa ada operasional yang berjalan dan nihilnnya pihak pengelola yang turun tangan, danau ini tidak redup begitu saja. Anak muda dan juga keluarga yang ingin liburan di daerah sepi dan mudah diakses masih sempatkan diri untuk kunjungi danau ini. Terutama para muda mudi yang mencari lokasi untuk menyalurkan hobi fotografi dan memancing di danau yang mencapai luas 10 hektare.

Lokasi yang berubah dari sebuah eks tambang PT Galuh Cempaka ini masih dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun. Tidak hanya itu, lokasinya juga cukup tenang. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang mendambakan area tenang di dekat pusat kota. Disarankan untuk datang dengan kendaraan pribadi, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai tempat untuk duduk santai di pinggiran danau.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa bekal makan dan peralatan hiburan lain. Dengan begitu Anda bisa nikmati mengisi perut sembari menikmati segarnya udara dan hembusan semilir angin. Setelah puas menikmati pemandangan, tidak ada salahnya untuk beranjak ke platform atau jembatan yang menjorok ke tengah danau. Struktur jembatan yang seperti panggung ini memiliki bentuk yang cukup unik, yakni berbentuk waru atau love.

Lokasi inilah yang menjad spot favorit bagi para pencinta swafoto. Berdiri dipanggung kemudian membidikkan camera dengan pemandangan danau yang indah, menjadi daya tarik sendiri. Namun, karena sudah tidak diolah dengan baik, ada baiknya Anda berhati hati saat berfoto di jembatan yang sudah pudar ini. Pasalnya, dikhawatirkan struktur kayu yang digunakan tidak bisa menanggung beban berat badan Anda.

Jika ingin pilihan yang lebih aman, maka Anda bisa abadikan momen di sekitar danau. Deretan pohon hijau yang masih asri seakan menjadi batas danau yang indah. Bahkan, Anda jangan berpikir untuk beranjak terlebih dahulu. Danau Caramin ternyata memiliki pesona tersembunyi berupa keindahan pemandangan sunset atau matahari terbenam. Saat matahari berada diujung barat, pesona senja temaram tersebut seakan leburkan kesan terbengkalai.

Di saat langit jingga mulai menghiasi hari, Anda akan dibuat lupa dengan keadaan danau yang merupakan bekas tambang. Bahkan, Anda mungkin akan dibuat heran mengapa obejk wisata ini juga tidak seramai sebelumnya. Apabila cahaya mulai redup, ada baiknya Anda segera beranjak pergi. Pasalnya tidak ada penerangan yang baik di sekitar danau, kecuali lampu penerangan jalan Guntung Manggis Ujung.

BACA JUGA:  10 Taman di Banjarmasin yang Cocok untuk Refreshing

Terbatasnya penerangan ini tentunya membuat suasana lokasi terasa seram. Terutama diikuti dengan bangunan bangunan kosong bekas fasilitas. Bagi Anda yang suka hal yang berkesan mistis, lokasi ini pasti akan membuat semangat eksplorasi menggebu gebu. Anda bisa telusuri fasilitas sebagai kegiatan adu nyali. Namun demikian, pastikan Anda gunakan alat pengaman dan peralatan yang lengkap seperti senter, tongkat, dll. untuk keselamatan.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Danau

Fasilitas di Sekitar Danau

Image Credit: Tribunnews.com

Di tahun 2017 hingga akhir 2019, danau ini memiliki banyak sekali fasilitas asyik untuk dicoba. Hal tersebut dikarenakan danau Caramin masih dalam kondisi naik daun. Sehingga operasional objek wisata yang dikelola oleh warga sekitar pun masih cukup lengkap. Seperti warung makan dan minuman yang tersedia, kemudian fasilitas kelotok atau perahu tradisional untuk keliling danau, hingga permainan perahu karet.

Bahkan salah satu fasilitas yang cukup dinanti adalah perahu itik. Fasilitas perahu itik ini digemari karena Anda bisa berkeliling danau dengan mengayuh pedal bersama teman. Tidak hanya itu, fasilitas ini bahkan hanya dibanderol dengan harga 20 ribuan saja untuk durasi 30 menit. Jika Anda mengunjungi danau ini saat jam kerja atau weekday, perahu itik atau bebek bebekan ini bahkan bisa digunakan secara tak terbatas.

Selain itu, masih banyak dek atau jembatan untuk berfoto di sekeliling pantai. Dek tersebut sengaja dibangun untuk memberi fasilitas dan spot menarik untuk berfoto ria. Fasilitas ini mungkin adalah satu – satunya yang masih bisa ditemukan sejak operasionalnya tutup di akhir tahun 2019. Anda masih bisa gunakan dek tersebut untuk berfoto, meski harus berhati – hati saat melangkah. Hal ini sungguh disayangkan, apalagi melihat potensi wisatanya yang tinggi.

Fasilitas sederhana seperti kamar mandi, warung makan, perahu itik yang digembor – gemborkan hingga perahu kelotok pun seakan terbengkalai begitu saja. Jangan heran jika Anda temukan bekas fasilitas tersebut di sekitar danau. Jika ditelaah dengan lebih baik, mungkin salah satu alasan objek ini ditutup adalah rendahnya angka pengunjung. Sehingga warga sekitar yang berswadaya untuk mengelola pun akhirnya menyerah begitu saja.

BACA JUGA:  5 Tempat Belanja di Banjarmasin yang Wajib Anda Kunjungi

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Caramin

Alamat Danau Caramin

Image Credit: Google Maps (Kartika Eka H)

Meski mengalami nasib yang tragis karena operasional yang tutup total, tetapi cukup banyak warga atau orang yang masih datang ke lokasi ini. Entah karena penasaran dengan ceritanya, ingin melihat keindahan alam di tengah kesan terlupakan, atau hanya sekedar mampir dari jalanan utama Banjarbaru. Sebenarnya, danau ini berada di lokasi yang cukup strategis. Yakni berada tepat di pinggir jalan Guntung Manggis, kelurahan guntung Manggis.

Jika meluncur dari Banjarmasin, ibu kota Kalimantan selatan, perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam saja. Hal ini dikarenakan jarak dari kota ke danau hanya sekitar 37 Km. Bahkan jika start dari pusat kota Banjarbaru, jaraknya hanya sekitar 8 km saja. Seharusnya lokasi ini bisa menjadi nilai positif tersendiri, karena lokasi ini cenderung lebih dekat dengan pusat kota dan memiliki akses jalan yang sudah cukup baik.

Bagaimana tidak, jika akses jalan yang menuju ke danau ini sudah teraspal seluruhnya. Sehingga perjalanan akan terasa lebih nyaman. Sayangnya, Anda hanya bisa capai lokasi ini dengan kendaraan pribadi. Pasalnya tidak ada kendaraan umum yang menuju danau Cermin. Untuk lebih jelasnya, lokasi ini berada di jalan A. Yani Ujung Ulin. Dimana danau tepat ada di pinggir jalan, sehingga mudah sekali untuk ditemukan.

Harga Tiket Masuk Danau Caramin Banjarbaru

Harga Tiket Danau Caramin

Image Credit: Tripadvisor.com

Sekali lagi sangat disayangkan bahwa operasional objek wisata ini ditutup sekitar tahun 2019. Namun untuk Anda yang ingin berkunjung, maka jangan risau dengan hal berkaitan dengan tiket dan jam beroperasi. Anda bisa kunjungi setiap waktu tanpa harus bayar sepeser pun. Kalaupun ada biaya parkir atau tiket masuk, biaya masuk pasti akan sangat terjangkau. Pasalnya, saat masa jayanya saja harga tiket masuk hanya sekitar seribu rupiah.

Meski sangat disayangkan bahwa tidak ada pengelolaan yang baik, namun keheningan, kesejukan, dan keindahan alam dari danau Caramin tidak diragukan lagi bahkan terus menarik pengunjung. Danau Caramin adalah salah satu contoh sempurna dari fenomena alam yang luar biasa memukau. Galian tambang yang luas seakan melebur menjadi sebuah lokasi wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja saat bertandang ke bumi Banjarbaru.