Kalimantan Timur

Mengintip Keindahan Alam Danau Biru Singkawang yang Memukau

Lokasi: Jl. Wonosari, kelurahan Roban, Kec. Singkawang Tengah, Kota Singkawang.
MapCek Lokasi

Berwisata ke Singkawang, tentu saja Anda wajib untuk mengunjungi Danau Biru. Hal ini dikarenakan destinasi wisata alam ini merupakan salah satu tempat untuk berlibur. Pasalnya, Danau Biru Singkawang, memiliki panorama yang sangat menarik dan bisa membuat Anda terkagum. Penasaran seperti apa indahnya daya tarik dari danau satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Rute Menuju Danau Biru Singkawang

Rute Menuju Danau Biru Singkawang

Image Credit: Keliling-dunia.com

Untuk Anda yang ingin berwisata ke tempat satu ini, maka Anda pun perlu untuk mengetahui rute yang tepat untuk bisa sampai ke Danau Biru Singkawang. Beralamat di Jalan Wonosari, Kota Singkawang, Pontianak ini, maka danau satu ini merupakan salah satu dari ikon wisata favorit yang ada di kota Singkawang. Hal tersebut dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh Danau Biru yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Singkawang, ada baiknya Anda mengajak tour guide ataupun orang yang sebelumnya telah kesini. Hal ini dikarenakan lokasi objek wisata ini agak masuk ke pelosok. Sehingga dengan mengajak pemandu wisata akan membuat Anda tidak tersesat untuk mencari lokasi dari danau yang indah ini.

Jalan yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi ini sebenarnya memiliki akses yang cukup baik, akan tetapi bagi Anda yang ingin menuju kesini pastikan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan tidak ada angkutan umum yang menuju ke objek wisata satu ini. Ketika Anda ingin berkunjung ke Danau Biru Singkawang, maka Anda pun bisa memulai perjalanan dari kota Singkawang.

Menuju Danau Biru Singkawang

Image Credit: Singkawang.info

Disini, Anda pun bisa memulai dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Karena kondisi jalanan untuk menuju lokasi satu ini cukup sepi, maka untuk menuju ke lokasi ini Anda pun hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Untuk Anda yang ingin kesini dengan mengendarai sepeda motor maka nantinya Anda bisa mengambil rute yakni dengan melewati jalan Veteran Roban.

BACA JUGA:  Taman Nasional Kutai, Berwisata Sembari Belajar Flora & Fauna

Nantinya Anda pun bisa  menemukan persimpangan yang terdapat tAnda atau plang untuk menuju ke arah SMP Negeri 13. Dimana plang tersebut bertuliskan jalan Wonosari. Ketika Anda telah menemukan plang tersebut, maka Anda pun bisa membelokkan motor Anda ke arah jalan Wonosari tersebut. Kemudian, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan lurus selama kurang lebih 15 menit.

Setelah mengendarai dengan kira kira waktu 15 menit, maka Anda pun nantinya akan menemukan lokasi dari danau satu ini. Untuk Anda yang ingin kesini, maka Anda pun perlu tahu bahwa material dari jalan Wonosari ini terdiri dari pasir dan aspal. Oleh sebab itu, nantinya Anda pun akan merasa berdebu ketika melewati jalan satu ini. Sehingga bagi Anda yang berkendara dengan sepeda motor, disarankan untuk menggunakan masker dan kaca mata.

Indahnya Danau Biru Singkawang yang Perlu Anda Tahu

Image Credit: Flickr.com @Endra Tirtana

Sama dengan danau danau lain yang ada di Indonesia, Danau Biru yang berada di Singkawang ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah. Dengan menyajikan keindahan dari alam yang masih asri ini, tentu saja akan menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja. Sehingga bagi Anda yang memiliki hobi untuk menikmati bepergian di alam terbuka, danau ini dapat menjadi hal yang wajib untuk Anda masukkan ke daftar.

Ketika berada disini, nantinya Anda akan disuguhkan sebuah danau yang memiliki warna biru. Danau ini tentu saja sangat cantik, ditambah lagi dengan nuansa latar belakang pegunungan dan juga hamparan rumput liar di sekitarnya. Anda pun pasti akan memiliki spot foto yang bagus ketika berwisata ke tempat satu ini. Untuk itu, kamera adalah hal yang wajib Anda bawa ketika bepergian ke tempat satu ini.

BACA JUGA:  Bukit Bangkirai, Hutan Tropis yang Memukau di Kutai Kartanegara

Perpaduan dari birunya warna air di danau dan juga pemandangan di belakangnya, pasti akan menjadi paduan yang indah di dalam frame foto anda. Sehingga, meskipun tempat ini agak terpelosok namun Anda pun akan merasa puas dan lega ketika telah berada di Danau Biru ini. Pasalnya, Anda akan mendapatkan hasil foto yang bagus dan juga bisa menikmati indahnya alam di dataran tanah Kalimantan tersebut.

Dengan warna sangat menawan yang dihadirkan oleh danau satu ini, akan membuat Anda ingin untuk berlama lama di tempat satu ini. Bagaimana tidak?warna biru toska yang berasal dari air danau dan juga warna langit yang biru. Ditambah dengan warna putih kecoklatan dari tanah dan juga material pasir, akan tampak sangat epik dan juga indah berpadu dengan warna hijau dari rumput liar.

Sehingga tak heran, jika wisata satu ini juga kerap  kali dijadikan lokasi untuk foto pre wedding. Hal ini tentu saja dikarenakan keindahan alam yang terbingkai di dalam foto akan menjadikannya sangat indah. Tak hanya untuk foto pre wedding saja, tempat ini pun juga sering kali dijadikan lokasi untuk hunting foto karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Hal yang Perlu Diketahui Ketika Berada di Danau Biru

Image Credit: Inimulti.com

Saat Anda telah menginjakkan kaki di tempat wisata satu ini, maka Anda pun perlu untuk memperhatikan beberapa hal. Pertama, air danau yang berwarna indah ini ternyata tidak bisa untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan, menurut cerita dari warga setempat bahwa danau ini awalnya terbentuk karena bekas tempat untuk pembersihan galian tambang emas.

Sehingga air yang berada di dalam danau ini pun mengandung begitu banyak bahan bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh anda. Terlebih lagi ketika Anda meminumnya. Untuk itu, ketika Anda sedang berwisata ke tempat satu ini alangkah lebih baik jika Anda membawa minuman sendiiri. Hal ini sebagai cara agar Anda tidak mengambil air yang mengandung banyak bahan kimia dari danau satu ini.

BACA JUGA:  Pantai Monpera, Destinasi Pantai Keluarga Favorit Warga Balikpapan

Selain itu, di Danau Biru Singkawang ini Anda pun juga dilarang untuk berenang. Karena selain mengandung zat yang berbahaya ketika dikonsumsi, maka air yang ada di dalam danau ini pun juga tidak boleh untuk Anda gunakan berenang ataupun bermain air. Sehingga ketika Anda berada disini, Anda pun cukup menikmati danau ini dari atas dan tidak menceburkan salah satu anggota tubuh Anda di air danau.

Meskipun terdapat biota yang hidup di dalam air danau ini, namun tetap saja air di dalam danau ini tidak dapat dikonsumsi. Ada berbagai macam pengalaman menarik ketika Anda mengunjungi tempat satu ini. Apabila Anda berkunjung saat malam hari, maka Anda pun nantinya akan bisa melihat gemerlapnya bintang di langit malam.

Namun, bagi Anda yang mengunjungi di waktu senja, maka Anda pun juga akan bisa menikmati pemandangan yang tak kalah cantik. Dimana nantinya Anda pun bisa berfoto dengan mendapatkan background yakni berupa matahari terbenam yang sangat cantik. Untuk itu, Danau Biru Singkawang adalah salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi.