Kalimantan Timur

10 Cafe di Balikpapan yang Instagramable & Paling Hits

Jaman sekarang, nongkrong di sebuah cafe sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup tersendiri. Sehingga wajar di setiap sudut kota selalu bertebaran berbagai cafe, yang menawarkan tempat yang nyaman sembari menikmati aneka kuliner lezat. Begitu pula jika kamu berjalan jalan di Balikpapan, rasanya cukup mudah menemukan cafe yang asyik untuk nongkrong cantik bersama teman. Berikut rekomendasi cafe hits dan instagramable yang wajib dikunjungi saat berada di Balikpapan.

1. Open House – Hill Cafe

Open House - Hill Cafe

Image Credit: Sutiono-kuliner.blogspot.com

Open House – Hill Cafe termasuk salah satu tempat nongkrong terbaik yang berlokasi di tengah kota. Meski lokasinya cukup strategis, ternyata letaknya tersembunyi diantara dataran yang tinggi. Justru karena tersembunyi inilah, cafe populer satu ini banyak diburu oleh para penggemarnya. Bagaimana tidak, Open House – Hill Cafe mengusung konsep rooftop yang menyajikan pemandangan dari kota Balikpapan.

Di sekeliling cafe pun terlihat pepohonan hijau nan rindang yang mampu memberikan nuansa sejuk dan menenangkan. Konsep cafenya sendiri bergaya ala Bali, dimana menu yang disajikan cukup beragam yang siap memanjakan perut. Mulai dari menu dessert hingga main dishes dari Indonesia, Asia, serta Mediterania dapat ditemukan disini. Tidak perlu takut kantong kering, sebab harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Puncak Markoni Atas No.88, Damai, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

2. Titik Tenang Coffee

Titik Tenang Coffee

Image Credit: Foursquare.com

Titik Tenang Coffe tergolong cafe yang asyik untuk tempat nongkrong khas anak muda kekinian. Disini pengunjung akan dimanjakan dengan dekorasi minimalis bernuansa indoor dan semi outdoor di area teras bangunannya. Pencahayaannya cukup remang, sehingga sangat cocok menemani waktu bersantai. Menyuguhkan aneka macam menu kopi yang berhasil memunculkan aroma wangi nan menenangkan.

Bukan hanya kopi, disini juga tersedia aneka minuman lezat non kopi seperti teh dan susu beserta makanan ringan yang siap menemani waktu senggangmu. Berkat dekorasi dan aneka menunya, wajar jika masyarakat sekitar menjadikannya sebagai cafe terbaik untuk melepaskan penat. Semua menu yang disuguhkan dipatok dengan harga bersahabat di kantong, yang berarti dapat menjadi rekomendasi terbaik ketika isi dompet menipis namun tetap ingin nongkrong.

Lokasi: Gunung Samarinda, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

3. 3 Drinks & Eatery

3 Drinks & Eatery

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Tempat nogkrong hits dan tidak akan pernah membuatmu bosan adalah 3 Drinks & Eatery. Selama berada disini, pengunjung bisa melihat nuansa serba hijau yang menghadirkan atmosfer sejuk nan menenangkan berkat konsep garden. Terdiri dari bangunan outdoor dan indoor, dimana aksesoris pelengkapnya ditata sedemikian rupa di ruangan yang terbilang cukup luas agar pengunjung merasa lebih nyaman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Berau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika kamu menintip di area indoornya, terlihat meja biliard serta beberapa permainan board yang siap memanjakan para pengunjungnya. Berkat adanya fasilitas tambahan ini, wajar saja jika pengunjung betah berlama lama disini. Sebagai pelengkapnya, 3 Drinks & Eatery menyediakan menu yang cukup bervariasi mulai dari makanan ringan maupun minumannya. Dengan semua penawaran yang ada, apakah kamu yakin tidak ingin mengunjunginya ?

Lokasi: Jl. Milono No.33, Gunungsari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

4. D’allium Coffe Cafe

D’allium Coffe Cafe

Image Credit: Tripadvisor.co.id

D’allium Coffe Cafe adalah salah satu cafe unik dan kekinian yang sayang untuk dilewatkan. Keunikannya sendiri terlihat dari konsep semi outdoor dan penggunaan papan kayu yang terlihat dominan. Warna kayunya berhasil memberikan nuansa hangat dan nyaman, wajar jika pengunjung merasa betah. Sedangkan hidangan utamanya lebih menonjolkan kopi, meski masih ada beberapa menu lainnya seperti burger dan kebab yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Dibandingkan dengan cafe lainnya D’allium Coffe Cafe memiliki ukuran yang cukup lapang. Berkat ukurannya yang luas, tempat ini pun seringkali dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama teman teman dalam jumlah besar atau tempat favorit menonton pertandingan bola bersama. Sehingga sudah bukan menjadi pemandangan asing lagi ketika menjelang pertandingan bola, banyak masyarakat sekitar berbondong bondong datang ke cafe hits satu ini.

Lokasi: Jl. Balikpapan Regency No.1, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

5. 21 Cafe

21 Cafe

Image Credit: Tribunnews.com

Apabila kamu merasa bosan dengan cafe mainstream, tampaknya kamu harus berkunjung ke 21 Cafe. Mengusung konsep unik bertema garden yang dihiasi dengan beberapa lampu gantung sebagai daya tarik utamanya, membuatnya seperti berada di dalam rumah sendiri. Suasananya yang nyaman berkat tanaman hijau dan lampunya yang remang, berhasil menghadirkan kesan romantis dan hangat dalam satu waktu.

Para pengunjung semakin dibuat betah berlama lama dengan banyaknya hidangan lezatnya. Mulai dari makanan berat seperti nasi goreng hingga lalapan beserta aneka minuman menyegarkan bisa ditemukan disini. Axotic lechy dan Arians Bar, adalah menu andalan yang bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk dicoba. Sore ataupun malam hari dikatakan sebagai aktu terbaik untuk mengunjungi 21 Cafe, karena pagi harinya cafe dialih fungsikan menjadi bengkel.

BACA JUGA:  Kebun Raya Balikpapan, Wisata Edukasi Terbaik di Kalimantan

Lokasi: Jl. Dua No.kel, RT.16/RW.No.68, Gn. Samarinda, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.

6. The Ocean’s

The Ocean’s

Image Credit: Tripadvisor.com

Hanya dengan mendengar namanya, kamu pasti memahami jika tempat nongkrong satu ini menyuguhkan cantiknya pantai di Balikpapan. Mengusung konsep outdoor serta semi indoor, dimana pengunjung akan dibuat nyaman berkat nuansanya yang cozy. Cukup mudah untuk menemukannya, sebab lokasi The Ocean’s cukup strategis karena bisa diakses dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.8, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

7. Rooks Cafe Balikpapan

Rooks Cafe Balikpapan

Image Credit: Sgculinary.blogspot.com

Menyuguhkan kesan cozy dan nyaman, Rooks Cafe Balikpapan dijuluki sebagai tempat hangout terbaik untuk melepaskan penat. Kesan cozy berasal dari bangunannya yang mengusung konsep minimalis nan casual dining cukup baik, baik pada area outdoor maupun indoor. Bukan sekedar tempat nongkrong biasa, dimana cafe populer satu ini juga dilengkapi dengan toko kaos yang membuatnya semakin menarik.

Bak cafe pada umumnya, pengunjung dapat memesan aneka menu yang diinginkan sesuai selera. Entah itu menu untuk appetizer, breakfast, dessert, serta aneka beverages baik dingin maupun panas sebagai pilihannya. Semua menunya memiliki rasa yang lezat dan memuaskan perut, dan hanya dipatok dengan harga mulai dari Rp. 20 ribuan saja. Murah nan lezat serta tempatnya terasa nyaman, dirasa mampu menjadi poin tambah tersendiri.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.325, Damai, Kec. Balikpapan Selatan,  Kota Balikpapan.

8. Huns Cafe

Huns Cafe

Image Credit: Directmap.asia

Huns’s Cafe bukan sekedar cafe biasa, karena bisa difungsikan sebagai tempat nongkrong terbaik sekaligus bar. Berlokasi di tepian pantai Balikpapan, cafe hits dan instagramable satu ini mengusung konsep cukup sederhana berkat aksen kayu dan berada di lantai dua. Tersedia dalam dua pilihan yaitu semi outdoor di bagian teras dan indoor, pengunjung dapat memilih sendiri tempat yang sekiranya paling nyaman sembari menikmati hidangannya.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Samarinda Paling Enak & Murah

Selama berada disini, pengujung akan disuguhkan pemandangan khas pantai dan sesekali angin pantai tampak berhembus manja menyapu rambutmu. Berkat keunikannya, Huns’s Cafe dirasa cocok sebagai tempat bersantai bersama sahabat, keluarga, maupun pasangan. Sebagai pelengkapnya, cafe hits ini menyusuhkan berbagai hidangan mulai dari makanan berat hingga aneka minuman yang dapat melegakan dahaga dengan harga bersahabat.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 24, Stal Kuda, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

9. The Beach House

The Beach House

Image Credit: Manistebu.com

Menyuguhkan konsep pantai yang indah dan bersih, The Beach House dianggap sebagai tempat nongkrong kekinian terbaik yang wajib dikunjungi. Berlokasi tepat di pesisir pantai Balikpapan, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan mata dengan nuansa cozy. Berkat keunikannya tersebut, masyarakat sekitar akan tertarik berkunjung saat mendatangi pantainya untuk bersantai.

Selain menyuguhkan pemandangan indah nan menawan, pengunjung pun dipersilahkan memilih sendiri tempat duduk yang diinginkan. Baik itu tempat duduk yang berada di tepian pantainya ataupun di bungalo, tentunya menyodorkan pemandangan sedikit berbeda. Selagi menikmati pemandangannya, kamu bisa memesan aneka hidangan bergaya Nusantara maupun Western sebagai pilihan terbaiknya.

Lokasi: Jl. Mulawarman No. 14 RT53 Batakan, Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

10. Cafe Baca

Cafe Baca

Image Credit: Cafebaca.business.site

Satu lagi cafe yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Cafe Baca. Hanya dengan mendengar namanya, kamu pasti memahami jika tempat nongkrong satu ini sangat cocok untuk mereka yang hobi membaca. Mengusung tempat nongkrong yang nyaman untuk tempat membaca, dimana pengunjung bisa menemukan berbagai koleksi buku siap baca yang berhasil menarik perhatian.

Bukan sembarang kopi, pasalnya hidangan kopi dari berbagai pelosok Nusantara bisa ditemukan disini. Agar nongkrong semakin asyik, pihak pengelola juga menyusuhkan aneka camilan lezat sebagai sebagai teman minum terbaik. Sebagai tambahannya, tersedia pula WiFi kencang yang sangat cocok sebagai tempat terbaik untuk belajar bersama. Dipatok mulai dari 15 ribuan, wajar jika cafe hits satu ini menarik dikunjungi.

Lokasi: Jl. RE Martadinata No.2, Telaga Sari, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

Balikpapan termasuk salah satu kota cantik yang paling asyik untuk nongkrong santai sembari menghilangkan pikiran yang suntuk. Beraneka ragam cafe dapat ditemukan di Balikpapan, mulai dari yang menyediakan view pemandangan yang menyegarkan mata hingga menyuguhkan dekorasi unik dan menarik pun telah tersedia. Pelanggan pun akan diberikan pelayanan terbaik, sehingga kamu pun merasa betah berlama lama berada disana.