Kalimantan Timur

Bukit Tangkiling, Objek Wisata Alam Penuh Legenda di Palangkaraya

Lokasi: Tangkiling, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya.
MapCek Lokasi

Salah satu wisata unggulan yang bisa untuk anda kunjungi saat berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah adalah Bukit Tangkiling. Ada berbagai macam hal yang bisa untuk anda lakukan ketika berada disini, mulai dari melakukan kegiatan outbond, wisata religi, melihat berbagai macam satwa serta ditambah dengan panorama yang memukau. Ingin tahu lebih lanjut mengenai destinasi wisata satu ini? Berikut simak ulasannya untuk anda.

Daya Tarik dari Bukit Tangkiling, Palangkaraya

Daya Tarik dari Bukit Tangkiling, Palangkaraya

Image Credit: Wego.co.id

Bukit Tengkiling merupakan salah satu wisata yang juga terkenal akan wisata religinya. Hal ini dikarenakan ketika anda mengunjungi tempat satu ini maka anda pun nantinya akan bisa untuk menemukan pertapaan Karmel. Tak hanya itu saja, anda pun juga akan bisa melihat Pura Hindu Kaharingan yang memiliki nama yakni Pura Sali Paseban.

Ketika berkunjung ke pertapaan Karmel, maka anda pun nantinya tak hanya akan menemukan komunitas agama Katholik saja. Melainkan umat agama yang lain pun juga turut untuk menyaksikan dan menikmati momen sakral yang ada di tempat ini. Anda pun nantinya juga akan bisa untuk melihat suasana yang penuh dengan kerohanian dari kompleks biara yang terdapat di Bukit Tangkiling ini.

Kompleks pertapaan tersebut terdisi dari gereja dan juga patung 14 kisah sengsara dalam perjalanan Kristus. Selain itu, anda pun juga bisa untuk menemukan gua Maria dan juga penginapan yang memang disediakan bagi anda yang ingin untuk menginap. Ketika berada di tempat satu ini, maka anda pun nantinya akan bisa untuk menikmati suasana yang syahdu dan juga menentramkan. Ditambah lagi dengan pesona alam yang disuguhkan oleh bukit satu ini, tentunya akan membuat anda menjadi betah.

Di wisata satu ini pun juga termasuk dari kawasan yang memiliki banyak bukit. Hal ini dikarenakan Bukit Tangkiling masuk ke dalam kawasan Taman Wisata Alam atau TWA Bukit Tangkiling. Dimana disini terdapat sembilan bukit yang salah satunya adalah Bukit Tangkiling. Disini pun anda juga akan bisa untuk melihat berbagai macam satwa yang berada di sangkar, seperti kera, landak, kasuari dan binturung.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Bukit Tangkiling

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Bukit Tangkiling

Image Credit: Trepelin.com

Selain menyuguhkan panorama yang memukau, maka ketika berada disini ada berbagai macam kegiatan yang bisa untuk anda lakukan, salah satunya adalah mendaki. Di lokasi ini memang sebagai salah satu tempat yang dituju untuk melakukan pendakian akhir pekan. Untuk anda yang tidak memiliki keahlian mendaki, maka anda pun bisa untuk mencoba mendaki di bukit satu ini.

Hal ini dikarenakan ketika anda mendaki di bukit ini maka anda pun tak perlu untuk melakukan persiapan layaknya anda ingin mendaki gunung. Pasalnya, jika anda mendaki di Bukit Tangkiling maka anda pun bisa mendaki dengan santai seperti sedang berekreasi. Untuk itu, anda pun bisa mendakinya bersama keluarga ataupun sahabat anda.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Bukit Tangkiling pun tidak terlalu lama. Dengan ketinggian yakni sekitar 197 mdpl, maka anda pun hanya perlu untuk berjalan kaki selama kurang lebih yakni 30 menit saja. Untuk trek pendakiannya sendiri, nantinya anda akan mengawali pendakian dengan melewati pepohonan rimbun yang berada di kaki bukit.

Apabila anda menyusuri jalur tersebut di pagi hari maka nantinya anda pun akan bisa menikmati panorama alam yang memukau ditambah dengan suasana yang terasa sejuk dan segar. Disini pun anda akan disuguhkan beragam jenis pepohonan yakni mulai dari pohon meranti, pohon cempedak, hingga rambutan dan juga pilau. Untuk menikmati keindahan tersebut, maka disarankan bagi anda yang ingin melakukan pendakian mulai jam 7 hingga jam 8 pagi.

Hal ini dikarenakan ketika anda mendaki terlalu siang, maka anda pun nantinya akan merasa tidak terlalu nyaman akibat matahari yang bersinar terlalu terik. Selain melakukan pendakian di pagi hari maka and pun bisa muali mendaki di waktu sore hari sekitar pukul 3 sore. Namun, ketika anda mendaki sore maka anda pun memiliki waktu yang lebih terbatas karena berkejaran dengan malam.

Untuk mendaki bukit Tangkiling, maka anda pun bisa memilih dua jalur utama dari pendakian ini. Untuk setiap jalurnya sendiri dapat dengan mudah untuk anda lewati. Dimana nantinya anda pun bisa melewatinya secara bergantian ketika naik dan turun bukit. Untuk titik mulainya sendiri pun memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dengan parkiran.

Legenda dari Bukit Tangkiling yang Perlu Anda Tahu

Legenda dari Bukit Tangkiling yang Perlu Anda Tahu

Image Credit: Trisebud.com

Destinasi wisata yang berada di Palangkaraya ini juga memiliki legenda sendiri yang dipercaya oleh warga lokal. Legenda tersebut berawal dari seorang pemuda yang bernama Tangkiling yakni seorang saudagar kaya. Tangkiling memang terkenal suka pergi melanglang buana dengan menggunakan kapal besarnya. Suatu hari ketika sedang berjalan jalan ia pun bertemu dengan perempuan cantik, bernama Bawi Kuwu dan akhirnya mereka berdua menikah.

Pesta pernikahan pun digelar dengan megah. Tiga bulan setelah pernikahannya, Bawi Kuwu diminta oleh Tangkiling untuk mencari kutu yang berada di kepalanya. Namun, ketika mencari kutu tersebut kagetlah Bawi Kuwu bahwa Tangkiling adalah anaknya yang pergi. Hal ini dikarenakan 35 tahun yang lalu, Tangkiling yang kecil merengek meminta makanan. Namun, karena Bawi Kuwu tidak sabar akhirnya ia memukul anaknya sendiri hingga meninggalkan bekas di kepalanya.

Setelah kejadian tersebut, Tangkiling pun meninggalkan ibunya tersebut dan bertemu dengan saudagar kaya. Beruntungnya, Tangkiling diangkat menjadi anak dan kemudian bertemu dengan Bawi Kuwu lagi. Karena pernikahan tersebut dilarang olah dewa maka akhirnya Tangkiling pun berubah menjadi batu termasuk kapalnya. Sehingga hingga kini kapal yang menjadi Batu Banama tersebut berada di bukit Tangkiling.

Rute Menuju Wisata Bukit Tangkiling

Rute Menuju Wisata Bukit Tangkiling

Image Credit: Girlinthepot.wordpress.com

Bagi anda yag tertarik untuk mengunjungi tempat yang menarik ini, maka anda pun bisa menempuhnya melalui kota Palangkaraya. Untuk jaraknya sendiri yakni sekitar 34 kilometer. Sehingga anda pun bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan wkatu hanya sekitar 30 menit saja. Untuk anda yang ingin memasuki area bukit Tangkiling, maka ketika dari Kelurahan Banturung maka anda pun harus menempuh perjalanan dengan jarak 1.600 meter lagi.

Akses yang anda butuhkan untuk bisa sampai ke tempat ini pun nyaris tidak ada kesulitan. Hal ini dikarenakan untuk menuju ke tempat satu ini telah memiliki kualitas jalan yang sudah bagus. Dengan jalan yag sudah diaspal tersebut, maka hal ini akan bisa memudahkan anda untuk menempuh dan sampai ke Bukit Tangkiling ini.

Untuk anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata satu ini, maka tidak ada ketentuan akan jam buka dan tutup dari Bukit Tangkiling ini. Namun, akankah lebih baik jika anda mengunjungi tempat wisata ini saat pukul pagi hingga pukul 6 sore. Hal ini dikarenakan ketika anda berangkat jam 7 pagi, maka anda pun akan bisa merasakan kesejukan yang ada di tempat satu ini.