Kalimantan Selatan

Mengintip Bukit Rimpi Pelaihari, Bukit Teletubbies di Kalimantan Selatan

Lokasi: Tampang, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut.
MapCek Lokasi

Mengunjungi kota Banjarmasin, rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi salah satu wisata alamnya. Untuk itu, anda pun bisa mampir sejenak ke Bukit Rimpi yang berada di Pelaihari. Bagi anda yang ingin mencari destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, maka anda pun bisa datang ke bukit satu ini. Apa saja yang bisa anda lakukan di wisata tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daya Tarik dari Bukit Rimpi Pelaihari

Daya Tarik dari Bukit Rimpi Pelaihari

Image Credit: Indonesiakaya.com

Ketika anda ingin untuk mengunjungi kawasan wisata berbukitan maka anda pun bisa mencoba untuk datang ke tempat ini. Bukit Rimpi Pelaihari merupakan salah satu kawasan perbukitan yang ditumbuhi oleh padang savana yang hijau. Bukit yang dihiasi oleh hamparan rumput ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Sehingga anda pun nantinya akan betah untuk mengunjunginya.

Bukit yang memiliki pemandangan cantik ini juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Hal ini dikarenakan bentuknya yang menjulang, layaknya perbukitan di serial anak anak Teletubbies yang terkenal tersebut. Bukit satu ini terletak di Kabupaten Tanah Laut, tepatnya di Pelaihari. Bagi anda yang berasal dari Banjarmasin, maka anda pun bisa menempuh perjalanan selama dua jam untuk bisa sampai ke lokasi satu ini.

Saat anda mengunjungi bukit satu ini, nantinya anda pun akan dibuat terkagum kagum akan keindahan pesona yang ditawarkannya. Pasalnya, anda pun akan merasakan panorama yang memukau layaknya anda berada di New Zealand. Ketika berada disini pun, nantinya anda juga akan melihat segerombolan hewan ternak yang terlihat sedang melintasi bukit untuk mencari makanan.

Dengan adanya pemandangan hewan ternak dan juga bukit hijau di tempat wisat satu ini, maka tentu saja akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi anda. Selain itu, bagi anda yang ingin untuk melihat keindahan matahari terbit, maka Bukit Rimpi Palaihari ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikannya. Untuk itu, anda pun akan merasakan keindahan ketika berada disini dan menikmati indahnya pagi.

BACA JUGA:  Keseruan Berwisata ke Pondok Wisata Tambak Yudha di Banjarmasin

Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Rimpi

Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Rimpi

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Untuk anda yang ingin mengunjungi bukit satu ini, maka anda pun nantinya bisa berangkat dari kota Banjarmasin dengan tujuan ke kota Pelaihari. Perjalanan menuju ke Bukit Rimpi maka anda pun akan membutuhkan jarak tempuh yakni sekitar 65 kilometer. Dimana hal tersebut dapat anda tempuh dengan waktu yakni sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan mobil atau sepeda motor.

Selanjutnya, untuk bisa sampai ke lokasi satu ini maka anda pun bisa mengarahkan perjalanan anda menuju ke daerah arah Tanah Bumbu. Kemudian, sekitar 7 sampai 8 kilometer, maka anda pun nantinya akan bisa untuk melihat Desa Tampang. Untuk anda yang ingin mengunjungi bukit satu ini, maka anda pun perlu untuk bersenang hati. Hal ini dikarenakan jalan yang anda tempuh untuk menuju lokasi bukit satu ini cukup bagus.

Sehingga anda bisa menikmati perjalanan dengan jalanan yang halus dan beraspal. Meskipun di beberapa titik juga terdapat lubang, namun hal tersebut bukanlah sebuah medan yang berat untuk bisa sampai ke tempat satu ini. Setelah itu, anda pun nantinya akan bisa untuk menemukan papan penunjuk dan juga spanduk yang bertuliskan Parkiran Bukit Rimpi. Dimana papan tersebut akan terlihat pada kanan jalan.

Hal ini menunjukkan bahwa tempat wisata yang anda tuju ini berada di sebelah kanan jalan. Namun, untuk anda yang masih ragu dan telah berkendara di kota Pelaihari sekitar 7 kilometer, maka anda pun bisa bertanya kepada penduduk sekitar tentang bukit satu ini. Setelah sampai di tempat, maka anda pun bisa memarkir kendaraan anda di lahan yang telah disediakan untuk parkir. Kemudian anda akan berjalan kaki sekitar 200 meter ke kaki bukit untuk menuju lokasi utama dari Bukit Rimpi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Barito Kuala Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hal yang Bisa Anda Lakukan di Bukit Rimpi Pelaihari

Hal yang Bisa Anda Lakukan di Bukit Rimpi Pelaihari

Image Credit: Indonesiakaya.com

Setelah anda selesai memarkir kendaraan, maka anda pun bisa berjalan untuk bisa sampai ke lokasi wisata satu ini. Ketika anda melakukan pendakian maka anda pun perlu tahu, bahwa pendakian tersebut akan membutuhkan tenaga dan energi. Sehingga ketika anda berencana untuk datang kesini, maka anda pun sudah harus mempersiapkan hal tersebut.

Nantinya, anda pun akan melakukan pendakian secara hati hati. Hal ini dikarenakan ketika berada disini, memang bukit ini memiliki jalur yang sedikit terjal. Selain itu, perjalanan yang harus anda tempuh tanpa adanya tangga ataupun alat bantu yang berguna untuk membantu anda untuk berpegangan. Sehingga hal itulah yang membuat anda perlu untuk melakukan pendakian dengan ekstra hati hati.

Namun, pendakian yang melelahkan dan menguras tenaga tersebut akan terbayar ketika anda telah sampai di puncak bukit. Hal ini dikarenakan anda akan disambut dengan padang savana yang berwarna hijau segar. Tentu saja hal ini akan membuat hati menjadi damai dan sejuk ketika melihat pemandangan tersebut. Di atas bukit Teletubbies ini, anda pun juga akan disambut dengan panorama indah yang akan membuat anda berdecak kagum.

Selain itu, hembusan angin yang ada di bukit ini pun cukup sejuk. Sehingga akan sangat cocok bagi anda yang lelah akan rutinitas kota yang sangat padat dan penuh polusi. Bahkan, di waktu waktu tertentu udara yang ada di bukit satu ini terasa dingin. Sehingga ketika anda ingin melakukan pendakian dan melihat matahari terbit di tempat satu ini, maka anda pun sebaiknya membawa jaket untuk menjaga badan agar tetap hangat.

BACA JUGA:  4 Pakaian Adat Khas Kalimantan Selatan

Tips Melakukan Perjalanan ke Bukit Rimpi

Tips Melakukan Perjalanan ke Bukit Rimpi

Image Credit: Zianarmie.blogspot.com

Ketika anda ingin untuk berwisata ke tempat satu ini, maka anda pun perlu untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Hal ini dikarenakan nantinya anda akan mendaki, maka anda pun bisa menggunakan sandal gunung ataupun sepatu yang tidak lincin. Selain itu, karena cuaca di tempat ini terkadang cukup dingin, maka anda pun bisa memakai jaket ketika berkunjung ke destinasi wisata satu ini.

Sebaiknya, anda juga membawa makanan dan minuman yang anda perlukan secukupnya. Hal ini dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan selama menjelajahi hamparan dari bukit Rimpi ini. Selain itu, anda pun juga bisa membawa peralatan yang bisa membuat anda terlindungi dari panas dan juga hujan. Dan yang paling terpenting, anda wajib untuk membawa kamera. Pasalnya, pemandangan yang ada di bukit satu ini sangat sayang jika anda tidak mengabadikannya.

Dengan begitu, kenangan akan perjalanan yang menyenangkan ini akan bisa tersimpan dengan baik di dalam bingkai foto. Untuk itu, bagi anda yang ingin melihat indahnya matahari terbit saat berada di Banjarmasin, maka Bukit Rimpi yang adai di Pelaihari ini dapat menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang bisa untuk anda tuju bersama keluarga anda. Pastinya anda pun akan bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit ini.