Kalimantan Timur

Intip Keindahan Alam Bukit Biru Tenggarong yang Masih Asri

Saat Berkunjung ke Kutai Kartanegara, Anda bisa menjelajah ke Bukit Biru Tenggarong. Bukit yang menawarkan keindahan alam masih terjaga ke asriannya.

Lokasi: Sumber Sari, Loh Sumber, Kec. Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.
Map: Cek Lokasi

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah, khususnya dalam aspek wisata. Utamanya di Kalimantan Timur, ada puncak bukit biru, nama yang sudah tidak asing bagi kalangan pecinta alam. Berlokasi yang tepatnya di desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara.

Puncak Bukit biru memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata alam terutama bagi kalangan muda. Banyak sekali wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan alam seperti hamparan persawahan luas yang terkadang diselimuti oleh awan.

Mengenal Wisata Alam Bukit Biru Tenggarong

Mengenal Wisata Alam Bukit Biru Tenggarong

Image Credit: Heikaku.com

Wisata alam Bukit Biru bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing. Wisata puncak Bukit Biru sudah sejak lama menjadi salah satu destinasi spot terbaik khususnya di Kalimantan Timur. Spot terbaik yang ditawarkannya adalah senja kawan. Senja kawan merupakan salah satu kondisi permukaan bawah bukit yang tertutupi oleh awan. Hal inilah yang menjadi alasan banyaknya fotografer mengabadikan momen melalui gambar atau video.

Tak hanya itu, Bukit Biru merupakan lokasi yang menyenangkan untuk melakukan tracking. Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, mungkin Anda harus mencoba menaklukkan Bukit Biru ini. Namun apabila masih belum begitu berpengalaman mendaki, Anda juga bisa menggunakan Bukit ini sebagai ajang latihan pendakian. Memiliki tingkat kemiringan jalur 45 derajat hingga 60 derajat, bukit ini tidak akan banyak menguras stamina tubuh.

Jalur track pertama memiliki keindahan pepohonan lebat dengan vegetasi yang cukup sering. Melalui keindahan ini, bisa dikatakan sangat mirip dengan kondisi hutan tropis yang jarang ditemukan di wilayah kota besar padat penduduk. Dengan jalur kedua, Anda akan lebih tertantang. Sebab, di jalur ini Anda akan menemukan kemiringan yang tajam dengan jurang di sisinya. Tak perlu khawatir, selama Anda waspada maka akan terhindar dari celaka.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukti Biru

Daya Tarik yang Dimiliki Bukti Biru

Image Credit: Wonderfulborneoku.blogspot.com

Salah satu daya tarik yang menjadi tujuan wisatawan untuk mengunjungi Bukit Biru Tenggarong yakni menikmati keindahan alam yang berada tepat dibawahnya. Seperti hamparan sawah yang luas disertai dengan rimbunan pepohonan. Tidak hanya itu, menyaksikan matahari terbit maupun terbenam dari atas ketinggian bukit juga menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun asing di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Bukit Tangkiling, Objek Wisata Alam Penuh Legenda di Palangkaraya

Moment seperti inilah yang semakin membuat puncak bukit biru ramai dikunjungi berbagai kalangan, yang tidak hanya berasal dari Tenggarong saja. Puncak Bukit Biru merupakan bukit yang tertinggi di kawasan Tenggarong. Bila Anda sudah mencapai puncaknya, tak hanya hamparan sawah luas yang akan memanjakan mata Anda, namun dari sana Anda bisa melihat kota Tenggarong secara keseluruhan sejauh mata memandang.

Tak jarang banyak sekali remaja yang melakukan swa-foto dengan latar belakang hamparan sawah yang luas. Keindahan alamnya yang masih asri dan alami membuat tempat wisata ini menjadi daya tarik wisata baik dari kalangan dewasa hingga remaja. Bagi Anda pencinta alam, menjajal pendakian Bukit Biru ini merupakan ide yang sangat bagus untuk mengisi waktu luang. Selain dapat melihat keindahan alam yang asri kegiatan ini juga membuat badan bugar.

Terdapat pula spot foto yang menarik dimana tumpukan bebatuanlah yang menjadi latar belakangnya. Hal ini juga semakin membuktikan bahwa wisata alam ini masih asri dan alami, sehingga tak banyak kerusakan alam yang dapat mengurangi nilai estetika keindahan natural. Apabila Anda tertarik mengunjungi Puncak Bukit Biru, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan ke-alamian wisata tersebut. Kalau bukan masyarakat Indonesia sendiri siapa lagi?

Kegiatan Menarik Dilakukan di Bukit Biru

Kegiatan Menarik Dilakukan di Bukit Biru

Image Credit: Instagram.com @13alan_m

Untuk menuju ke lokasi, perjalanan hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki dengan kisaran sejauh 1 km. Namun perlu Anda ketahui, di sisi kiri dan kanan saat akan menuju puncak, Anda tidak bisa menemukan pagar pengaman. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pemandu wisata Batu Biru yang sudah berpengalaman. Pemandu wisata ini tentunya sudah hafal rute jalan setapak demi setapak, sehingga dapat menuntun Anda dengan aman.

Beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan ketika berwisata ke tempat indah tersebut adalah mempersiapkan kondisi mental dengan baik. Mengingat jarak dan rute yang dilalui cukup jauh dan menanjak, hal ini akan menjadi pemicu kelelahan pada tubuh. Bagi Anda yang belum mampu menaiki gunung, jangan khawatir Anda masih bisa menikmati keindahan alam di sekitaran kaki bukit yang tak kalah menakjubkan dengan keindahan di puncak.

BACA JUGA:  Wisata Seru ke Agrowisata Beruang Madu Balikpapan

Karena wilayah wisata yang masih asri, keindahan alam Bukit Biru dapat dinikmati dari berbagai sisi. Udara yang sejuk juga akan semakin memanjakan waktu liburan Anda bersama orang tercinta. Tidak ada kebisingan hiruk pikuk kota yang bisa menyesakkan pikiran. Hanya ada rimbunan pohon bersama persawahan luas yang menghasilkan udara sejuk kaya oksigen. Memang tak salah jika berkunjung ke Bukit Biru untuk melepaskan penat sehari hari.

Setelah Anda mempersiapkan kesehatan mental dan fisik untuk menaiki puncak bukit biru, Anda juga perlu menyiapkan bekal seperti makanan atau minuman pengganti cairan, obat obatan lengkap, dan hal penting lainnya. Bawa alat komunikasi seperti telepon genggam apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan berbagai review yang diberikan banyak orang setelah mengunjungi Bukit Biru, mereka terjamin keamanannya.

Namun, apabila Anda merasa was was disana juga menyediakan pemandu wisata terpercaya yang akan mengawasi dan menuntun perjalanan Anda untuk sampai ke puncak bukit. Tak seperti wisata lainnya, Anda bisa menyewa pemandu hanya dengan harga yang terjangkau. Mereka akan menyesuaikan budget dan anggaran yang telah Anda siapkan. Liburan pun tenang tanpa khawatir biaya besar yang harus dikeluarkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Biru Tenggarong

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Biru Tenggarong

Image Credit: Kaltimkece.id

Bukit Biru merupakan destinasi wista yang terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kelurahan ini sebelumnya merupakan sebuah desa asri transmigrasi yang berasal dari provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Oleh sebab itu, mereka fasih berbahasa jawa. Mengikuti tradisi suku Jawa yang bekerja di sektor pertanian, sebagian besar penduduk bermata pencaharian petani.

Destinasi wisata ini tepatnya berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Tenggarong. Apabila Anda datang dari arah kota Tenggarong, tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mencapai area lokasi Bukit Biru ini. Mungkin, Anda hanya membutuhkan waktu berkendara sekitar 15 menit saja bila menggunakan kendaraan roda dua. Setelah itu, Anda akan langsung melihat Bukit tersebut dengan pepohonan yang rimbun serta persawahan yang luas.

Pada saat mendekati lokasi, Anda sudah bisa merasakan medan magnet yang berbeda. Hembusan angin sejuk nan asri akan menyambut kedatangan Anda bersama rekan wisata. Apabila Anda datang dari arah Samarinda atau Balikpapan dengan melalui jalan tol dengan arah Samarinda – Balikpapan, silahkan berbelok menuju area alternative. Nantinya, Anda akan menemukan tanda lokasi yang sudah semakin dekat.

BACA JUGA:  Taman Cibodas Bontang, Destinasi Wisata Favorit Keluarga

Jarak yang harus Anda tempuh apabila berangkat dari Kota Balikpapan sekitar 1,5 jam, khususnya bila menggunakan jalan alternative. Anda juga tidak perlu lagi melintasi wilayah Kecamatan Duri atau wilayah lainnya yang akan memakan waktu tiga jam perjalanan. Bila Anda tak kunjung menemukan lokasi wisata tersebut, ada banyak sekali bantuan yang bisa digunakan. Anda bisa menanyakan lokasi kepada penduduk setempat yang ramah tamah.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Ditawarkan Bukit Biru

Harga Tiket dan Fasilitas yang Ditawarkan Bukit Biru

Image Credit: Experienceofborneo.blogspot.com

Agar bisa menikmati keindahan alam asri di Bukit Biru Tenggarong, tidak memerlukan banyak biaya. Bagi Anda yang menuju rute lokasi menggunakan kendaraan roda dua, hanya diminta untuk membayar tiket masuk yang dipatok sekitar Rp. 5.000 saja. Hanya dengan harga tiket masuk yang sangat murah, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan asri dari Bukit Biru Tenggarong ini.

Bagi Anda yang datang dengan rombongan dan membutuhkan bantuan pemandu wisata, hal ini sangat bisa dilakukan. Untuk menuju puncak, Anda beserta rombongan dapat menghubungi pihak pengelola dan meminta untuk mengawasi serta memimpin rute perjalanan.Tiap pengunjung wisata tidak akan dimintai biaya tiket masuk, namun sebagai bukti kunjungan wisatawan akan diminta untuk menyertakan informasi diri dalam buku kunjungan.

Tak hanya itu, bagi Anda dan rombongan yang datang dari luar daerah yang membutuhkan penginapan, di sekotar lokasi wisata ini juga banyak rumah penduduk yang disewakan. Anda bisa mendapatkan harga terbaik dari penduduk yang ramah. Penginapan sederhana ini juga tersedia dengan fasilitas tanpa biaya alias gratis. Tentunya hal ini bisa sangat diperhitungkan bagi Anda yang ingin tetap liburan namun hanya memiliki budget kecil.

Pun jika Anda memilih penginapan yang mengharuskan Anda untuk membayar biaya sewa, mereka akan mematok harga yang terjangkau dan sangat ekonomis. Bahkan Anda bisa mengunjungi pihak pengelola wisata di Desa Wisata Taman Arum untuk kebutuhan penginapan. Mereka akan membantu Anda untuk mendapatkan layanan akomodasi yang cukup untuk menginap selama beberapa hari.

Apabila mengunjungi wilayah Kutai Kertanegara, jangan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi wisata Bukit Biru. Wisata dengan keindahan alam yang masih asri ini dapat memanjakan mata Anda setelah lelah bekerja. Hamparan sawahan luas beserta pepohonan akan membuat oksigen yang dihirup semakin berkualitas. Kunjungi wisata Bukit Biru dan nikmati tawaran keindahannya yang memukau.