Kalimantan Timur

Bukit Alpha, Bukit Teletubbies di Balikpapan

Beragam destinasi wisata yang disuguhkan Kalimantan Timur menjanjikan petualangan yang cukup menarik. Bukit Alpha menjadi destinasi wisata yang menawarkan suasana asri dan mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung.

Lokasi : Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Semakin bertambahnya hari banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Kalimantan Timur, mengingat bahwa di Provinsi ini menyimpan sejuta pesona alam tampak membentang indah yang salah satunya ada di Kota Balikpapan. Kota metropolitan ini menyuguhkan destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi yaitu Bukit Alpha. Bukit cantik mirip Bukit Teletubbies menjadi incaran anak muda penggemar fotografi. Penasaran apa saja daya tarik lainnya? Simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Disuguhkan oleh Bukit Alpha

Daya Tarik Bukit Alpha

Image Credit: Tlrtdt.blogspot.com

Pernah nonton serial anak yang bernama Teletubbies ? Pada serial TV tersebut, teletubbies tinggal di area perbukitan hijau yang nampak indah dan permai. Ternyata untuk bisa menikmati bukit dengan pemandangan yang serupa tak perlu pergi jauh jauh ke luar negeri lagi. Karena cukup dengan mendatangi Bukit Alpha yang terletak di Kelurahan Manggar ini, Anda akan mendapatkan pemandangan perbukitan hijau yang membentang luas.

Bukit yang sempat menjadi tren di tahun 2015 ini, dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki spot foto yang instagramable. Karena di destinasi ini menawarkan pemandangan berupa hamparan perbukitan hijau dengan udara yang sejuk. Bukit yang populer di kalangan anak muda ini, juga menyuguhkan hamparan ilalang hijau yang sangat cocok digunakan sebagai salah satu spot foto kekinian wajar jika wisata ini menjadi salah satu lokasi favorit prewedding.

Kesohoran Bukit Alpha dimulai ketika dijadikan sebagai lokasi pemotretan salah satu majalah lokal di Kalimantan Timur. Beragam foto hasil dari pemotretan tersebut tersebar luas di media sosial, sehingga banyak membuat orang yang penasaran untuk mendatangi lokasi wisata ini secara langsung. Tak heran jika pada masa itu wisata Bukit Alpha ini sangat terkenal di berbagai kalangan.

Daya Tarik Dari Bukit Alpha

Image Credit: Twitter.com @bams_baretz11

Ketenaran Bukit Alpha tersebut ternyata berbanding terbalik dengan beberapa warga pemukiman sekitar. Bagi mereka tempat ini hanyalah perbukitan yang penuh akan rumput ilalang biasa serta yang sering dilihat dan dilalui setiap harinya. Oleh karena itu mereka menganggap bahwa bukit ini bukanlah tempat wisata. Bahkan terdapat pemuda yang mengaku kaget saat pertama kali melihat beragam foto Bukit Alpha yang tersebar di beragam media sosial.

BACA JUGA:  Hutan Mengrove Margomulyo, Jelajahi Wisata Alam Terbaik di Balikpapan

Meski tidak dikhususkan sebagai salah satu objek wisata, namun area perbukitan ini kenyataannya memiliki rerumputan nan hijau yang mampu menyihir banyak wisatawan untuk datang. Bagi Anda yang ingin bertandang ke bukit ini, maka persiapkan menu bekal sendiri dari rumah. Karena di destinasi ini tidak terdapat pedagang yang berjualan makanan ataupun minuman untuk pengunjung.

Berfoto foto di area perbukitan sembari menggelar tikar untuk berpiknik memang terasa mengasyikan, apalagi Anda mengajak orang orang tersayang. Dengan begitu Anda bisa menikmati masa senggang selama liburan dengan menyenangkan. Tak hanya itu, momen bahagia tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Alpha

Rute Menuju Bukit Alpha

Image Credit: Instagram.com @udamalik

Bukit Alpha berada di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Lebih tepatnya terletak di dekat Tempat Pembuangan Sampah Akhir Balikpapan. Meski dekat dengan TPA, tetapi ketika berada di destinasi ini tidak tercium aroma tak sedap yang dimunculkan oleh tempat pembuangan sampah tersebut. Namun Anda akan mencium aroma segar dan asri yang disuguhkan pada destinasi wisata ini.

Jalan untuk menuju ke destinasi wisata Balikpapan ini tidak seperti lokasi wisata pada umumnya. Karena jalanannya masih cenderung bergelombang, sehingga terdapat kemungkinan Anda akan sedikit memakan waktu yang cukup lama untuk bisa sampai ke bukit. Apabila Anda berangkat dari pusat kota Balikpapan, maka jarak tempuhnya sekitar 20 kilometer ke lokasi wisata ini.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab semua rasa lelah selama perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan nan cantik dari atas Bukit Alpha ini. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bukit Alpha namun tidak memiliki kendaraan yang mumpuni untuk menaklukan medan jalan tersebut, Anda bisa menyewa mobil yang memiliki kemampuan untuk melewati jalanan tak beraspal. Bahkan Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum menuju ke lokasi ini.

Tak perlu khawatir mengenai tiket masuk wisata ini, karena tidak dipungut biaya sepeserpun. Bahkan jam operasionalnya pun dibuka setiap hari dalam 24 jam. Dengan begitu Anda bisa menikmati suasana yang menyegarkan di Bukit Alpha ini kapan pun. Namun jika Anda menginginkan suasana yang indah, disarankan untuk datang saat pagi hingga sore hari. Di saat pagi hingga siang Anda akan disuguhkan pemandangan nan hijau dan segar dari perbukitan.

BACA JUGA:  Pulau Kumala, Destinasi Wisata Unik di Tengah Sungai Mahakam

Sementara pada sore harinya di perbukitan ini akan terdapat pemandangan menjelang matahari terbenam yang indah. Meski tak ada pengelola yang merawat wisata ini, tetapi Anda masih bisa menikmati segala keindahan serta panorama yang disuguhkan tersebut sepuasnya. Asalkan Anda tetap menjaga kebersihan Bukit Alpha ini agar tetap terjaga kelestarian dan kesejukkannya.

Disarankan pula untuk datang ke destinasi disaat musim kemarau, karena jika Anda datang ketika musim hujan dikhawatikan jalanan menuju ke lokasi wisata ini akan berlumpur. Oleh karena itu demi menjaga keselamatan Anda, lebih baik berkunjung disaat musim kemarau saja. Para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini mayoritas datang ketika waktu pagi ataupun sore hari, mengingat kedua waktu tersebut sinar matahari yang menyinari bukit ini tidak terlalu terik.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Alpha

Fasilitas di Bukit Alpha

Image Credit: Tripadvisor.com

Di destinasi wisata ini hanya menghadirkan hiburan berupa wisata alam saja. Meskipun begitu Anda tetap bisa menikmati keindahan bukit ini dengan puas sambil melepaskan kepenatan selama satu minggu beraktivitas. Dulu di tempat ini ramai berbagai penjual yang menawarkan sajian kuliner khas serta camilan untuk para pengunjung, namun kini tak seramai dulu. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena masih terdapat beberapa kedai yang buka.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bukit Alpha ini diwajibkan untuk membawa bekal untuk berjaga jaga apabila kelaparan. Sementara untuk lahan parkir kendaraan masih belum tersedia, sehingga para pengunjung memarkirkan kendaraan mereka di dekat pemukiman penduduk yang berada di bawah bukit. Untuk jarak dari tempat parkir menuju bukit sangat dekat, yaitu hanya beberapa langkah saja Anda sudah bisa melihat puncaknya yang hijau.

Meski tak memiliki fasilitas yang memadai, tetapi banyak para pengunjung yang datang kesini untuk menikmati serta menghilangkan penat dari hiruk pikuk perkotaan. Bahkan banyak wisatawan yang datang kesini untuk mengabadikan fotonya dengan pemandangan padang rumput yang membentang luas, seolah olah sedang berada di luar negeri. Karena pemandangan yang indah tersebut jarang ditemukan di perkotaan.

Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan rerumputan nan hijau dan langit yang biru. Bagi Anda yang bosan memandang bangunan di perkotaan, maka tempat wisata ini sangat membantu untuk menghilangkan penat selama seharian bekerja. Menariknya lagi disini, Anda bisa menjumpai beberapa kambing ataupun sapi yang sedang digembala. Adanya pemandangan tersebut, menjadi suatu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Bukit Alpha ini.

BACA JUGA:  Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Tips Berkunjung ke Bukit Alpha

Tips ke Bukit Alpha

Image Credit: Instagram.com @nilapopon

Bagi Anda yang berminat berkunjung ke salah satu destinasi wisata populer di Balikpapan ini, terdapat beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Yang pertama ialah jangan lupa untuk memakai sunblock atau lotion pelindung dari sinar matahari, mengingat wisata ini merupakan hamparan perbukitan yang luas jadi jarang terdapat pepohonan. Usahakan Anda mengoleskan lotion satu ini ke bagian tubuh yang terpapar sinar matahari seperti wajah, tangan, dan kaki.

Penggunaan sunblock tersebut sangat berguna, karena di saat siang hari terik matahari yang menyinari perbukitan ini sangatlah panas apalagi ketika musim kemarau. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang lebih menyarankan datang di saat pagi ataupun sore hari. Jika diperlukan Anda juga bisa memakai topi sebagai pelindung untuk menjaga dari terik sinar matahari. Kemudian tips yang kedua ialah memakai baju dengan lengan panjang serta celana panjang.

Kenakan pakaian ataupun celana panjang untuk melindungi kulit cantik Anda dari paparan sinar matahari yang menyengat pada siang hari. Anda juga disarankan untuk tidak memakai celana panjang yang berwarna hitam, karena ditakutkan panas dari sinar matahari membuat kulit terbakar. Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan tidak terlalu tebal, agar tidak kepanasan dan bisa menikmati semilir angin yang ada di bukit ini.

Yang terakhir ialah membawa makanan atau minuman sendiri dari rumah atau membeli selama di perjalanan. Karena kini Bukit Alpha jarang terdapat penjual yang menjajakan makanan dan minuman, maka Anda harus bisa mempersiapkan kedua hal ini sebelum berkunjung. Apalagi suasananya yang sangat panas di siang hari tentunya akan membuat Anda kehausan saat melakukan perjalanan dari tempat parkir ke perbukitan ini.

Salah satu destinasi wisata yang terletak di Balikpapan ini memang terkenal atau tren pada masanya, tetapi keindahan yang disuguhkan Bukit Alpha masih sama seperti sebelumnya meski terdapat beberapa bagian telah digunakan untuk kawasan perumahan. Tak hanya itu saja, diharapkan pemerintahan setempat dapat memperhatikan objek wisata ini untuk dikelola dan dirawat sebaik mungkin.