Kalimantan Selatan

Bekantan Park, Destinasi Wisata Keluarga Terbaik di Banjarbaru

Lokasi: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
MapCek Lokasi

Bagi anda warga Banjarbaru tentu sudah mengenal spesies Bekantan yang merupakan jenis primata khas dari Kalimantan Selatan. Umumnya hewan ini akan tersebar di beberapa hutan hutan yang ada di Kalimantan seperti Pulau Bakut. Oleh karenanya didirikan Bekanten Park sebagai salah satu tempat penangkaran primata Bekanten tersebut. Yuk simak apa saja keseruan mengunjungi Bekanten Park yang ada di Banjarbaru berikut.

Wahana Unik Bekanten Park Cocok Untuk Keluarga

Image Credit: Triptrus.com

Bekanten Park terletak di Jl. Guntung Manggis Banjarbaru yang merupakan salah satu obyek wisata outbond yang didedikasikan untuk anak anak. Namun apabila anda penyuka fotografi anda juga bisa berkunjung ke Bekanten Park karena ada beberapa spot foto menarik yang bisa dicoba untuk dikunjungi.

Saat anda pertama kali masuk ke kawasan wisata ini, anda akan disambut dengan patung primata Bekantan yang tinggi menjulang. Patung Bekantan tersebut merupakan simbol dari kota Banjarbaru selain pasar terapung. Patung Bekantan terbesar sendiri terletak di siring tepi Sungai Martapura di Jalan Kapten Pierre Tendean yang merupakan wisata baru di Banjarmasin.

Tak hanya area masuk wisata, anda akan menemukan banyak sekali patung bekantan saat berkeliling ke area Bekanten Park. Uniknya di area ini anda akan menemukan banyak sekali model patung bekantan. Selain itu, juga ada patung alien lengkap dengan pesawat UFO nya yang menarik perhatian para pengunjungnya. Anda bisa mengambil beberapa foto di spot menarik patung yang ada di area patung.

Wahana Unik Bekanten Park

Image Credit: Zainalhakimmsc.blogspot.com

Anda juga akan menjumpai miniature jembatan barito yang cocok untuk jadi spot foto ciamik anda. Para pecinta foto juga sering sekali berkunjung ke tempat ini untuk mengambil gambar yang cocok dan dijadikan background dari foto yang bagus. Tak hanya di bagian luar saja, anda juga akan menemukan spot foto yang bagus karena didesain mirip dengan patung bekantan.

Selain area foto yang unik, ada juga akan menemukan banyak sekali wahana permainan anak. Wahana outbond wisata ini memiliki beraneka ragam permaianan yang bisa dicoba untuk anak anak. Anda bisa menguji nyali anak dengan mencoba wahana outbond flying fox yang disediakan untuk anak anak kecil.

Tak hanya itu anak anak juga bisa bermain jembatan tali yang dibagian bawahnya terdapat kolam ikan. Tentunya anda tidak susah khawatir tentang kemanan permaiann outbond di Bekantan Park. Karena semua wahana permaianan di Bekantan Park telah diawasi dengan tenaga yang profesional yang kompeten di bidangnya.

Apabila bosan dengan permainan, anda bisa mengajak anak berkeliling di Bekantan Park untuk melihat hewan lain yang ada di daerah tersebut. Anda akan menemukan binatang seperti kura kura, biawah dan beruang. Ketiga jewan tersebut memang dibudidayakan oleh pihak pengelola Bekantan Park untuk melengkapi wahana bermain sambil belajar. Anda bisa mengajak anak untuk langsung beinterasi dengan hewan hewan tersebut.

Tentunya hewan hewan ini aman untuk diajak melakukan interaksi dan tidak berbahaya. Penjaga hewan pun juga akan memberikan pengawasan yang cukup ketat untuk kenyamanan dan kemanan pegunjung yang ingin berinteraksi dengan hewan hewan tersebut. Pengunjung bisa leluasan berinteraksi dengan hewan dan menambah pengetahuan hewan dengan berbincang dengan penjaga kebun bianatang.

Harga Tiket & Jam Operasional Bekantan Park

Harga Tiket & Jam Operasional Bekantan Park

Image Credit: Banjarmasinhomeproperty.blogspot.com

Apabila anda ingin mengajak anak atau keluarga berlibur anda bisa menjadikan Bekantan Park sebagai salah satu rekomendasinya. Hal ini karena Bekantan Park memiliki spot foto yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu ada juga area wahana bemain yang bisa dicoba untk anak anak. Si kecil juga akan belajar mengenai hewan hewan yang ada di area Bekantan Park tersebut.

Bekantan Park sendiri terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Alamat lengkapnya ada di Gungtungmanggis, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Anda bisa menggunakan penunjuk arah untuk bisa sampai di lokasi tersebut. Pada aplikasi penunjuk arah akan ada pilihan jalur tercepat bagi pengguna kendaraan bermotor, mobil ataupun kendaraan umum.

Umumnya harga tiket masuk untuk wisata akan dibanadrol dengan harga yang berbeda beda. Harga yang dibandrol ini tergantung dengan hari anda berkunjung ke Bakentan park. Harga tiket masuk yang dibandrol pun tergolong ramah di kantong. Hanya dengan 15 ribu rupiah anda bisa berkeliling di arena outbond satu ini. Sayangnya anda hanya bisa berkunjung ke Baketan Park pada hari Sabtu Minggu saja.

Setiap tempat wisata memiliki jam operasional masing masing yang berbeda beda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di daerah Banjarbaru tersebut. Tidak sama dengan destinasi wisata yang buka dari pagi sampai sore atau dari sore hingga malam, Bekantan Park memiliki jam operasional sendiri. Biasanya Bekantan Park akan memiliki jam operasi pada pukul 8 pagi hingga jam 2 siang saja.

Mengenal Hewan Primata Bekantan

Mengenal Hewan Primata Bekantan

Image Credit: Facebook.com @Borneo Wildlife Ecotour

Bekantan adalah salah satu hewan primata yang memiliki ciri khusus berbeda dengan primata pada umumnya. Hewan Bekantan ini memiliki hidung yang besar dan panjang dan merupakan salah satu maskot Provinsi Kalimantan Selatan. Biasanya Bekantan akan sering dijumpai di beberapa hutan bakau atau mangrove yang ada di Pulau Kalimantan, Malaysia ataupun Brunei Darussalam.

Panjang ekor Bekantan ini hampir sama dengan panjang tubuhnya yaitu sekitar 559 hingga 762 mm. Sementara itu warna rambut pada tubuhnya bervariasai. Bagian punggung Bekantan berwarna cokelat kemerahan sedangkan bagian anggota tubuhnya berwarna putih keabuan. Bobot yang dimililiiki oleh hewan ini berkisar 16 hingga 22 kg untuk jantan, sementara pada betina sekitar 7 hingga 12 kg.

Satwa Bekantan merupakan jenis arboreal yaitu terlalu banyak hidup di pohon, namun terkadang hewan ini akan turun ke lantai untuk alasan tertentu. Ia akan melompat, bergantung, atau bergerak dari satu pohon satu ke pohon yang lainnya dengan keempat anggota tubuhnya. Bekantan sendiri juga merupakan perenang yang ulung karena di bagian telapak kaki dan tangannya memiliki selaput kulit seperti katak.

Hewan permata ini merupakan salah satu hewan permata yang dilindungi keberadaannya dan terancam punah populasinya. Hampir 50 hingga 80 persen populasi Bekantan akan berkurang dalam kurun waktu 36 hingga 40 tahun terakhir. Oleh karenanya hewan ini termasuk permata yang populasainya terancam punah di masa yang akan datang.

Pada tahun 2019, populasi Bekantan ini hanya tersisa sekitar dua ribu spesien saja. Pemerintah harus memberikan perhatian khusus untuk penangkaran hewan permata ini. Berkurangnya populasi Bakatan ini karena hewan permata ini dijadikan bisnis penjualan secara illegal di Banjarmasin. Oleh karenanya pemerintah harus bertindak tegas terhadap pelaku eksploitasi hewan tersebut.

Nah daripada anda penasaran dengan satwa Bekantan, anda bisa berkunjung ke Banjarbaru atau Bekantan Park untuk mengetahui lebih lanjut. Selain menyediakan beragam permainan, anda juga akan menemui banyak sekali spot foto yang unik dan bisa membuat foto anda terlihat unik dan menarik. Kunjungi Bekantan Park bersama keluarga saat liburan untuk mengisi waktu bersama keluarga terdekat.