Kalimantan Timur

Aquaboom BSB, Waterpark Favorit di Kota Balikpapan

Balikpapan memiliki destinasi wisata bermain air seru yang banyak dikunjungi para wisatawan bernama Aquaboom BSB. Waterpark ini menjadi tujuan rekreasi favorit warga Balikpapan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kompleks Balikpapan Superblok ,  Nicopolis Selatan Tower Astara Lantai 7, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Aquaboom BSB Waterpark Balikpapan resmi dibuka secara umum tepatnya pada tanggal 10 Oktober. Di tengah persaingan waterpark di Kalimantan, Aquaboom BSB memiliki keunikan sendiri, yakni di sektor lokasi. Wisata Aquaboom BSB merupakan satu satunya wisata air yang memiliki lokasi di gedung lantai 7 dan menjadi satu dengan bangunan hotel dan mal. Tak hanya itu, ada banyak sekali keunikan yang ditawarkan objek wisata tersebut. Berikut penjelasannya.

Daya Tarik yang Ditawarkan Aquaboom BSB

Daya Tarik Aquaboom BSB

Image Credit: Tribunnews.com

Berbeda dengan waterpark dan wahana bermain air pada umumnya yang menempati lahan tapak, Aquaboom BSB dibangun tepat di atas gedung bertingkat. Letak waterpark tersebut tepat di lantai 7 Nicopolis South Tower Astara. Dengan ketinggian yang tidak seperti waterpark biasanya, Aquaboom BSB diklaim menjadi salah satu destinasi wisata bermain air yang paling tinggi di Indonesia. Dari ketinggian ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Balikpapan.

Secara umum, Aquaboom BSB terbagi dalam tiga area besar. Area yang pertama ialah permainan yang memacu adrenalin, area yang kedua ialah area bermain anak yang aman, dan yang terakhir adalah area kolam renang yang luas. Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan pemacu adrenalin, bisa memanfaatkan area pertama. Di sana, Anda bisa bermain seluncuran tertinggi dengan kecepatan luncur yang maksimal.

Wisata bermain air ini memiliki tiga wahana seluncuran air yang sangat seru, diantaranya Hurricane Slider, Thunder Bolt, dan Race Buster. Masing masing seluncuran tersebut memiliki ketinggian dan bentuk yang berbeda beda. Hurricane Slider merupakan sebuah seluncur air dengan tipe spiral dan terbuka yang memiliki tinggi sekitar 9 meter. Seluncuran ekstrim pemacu adrenalin ini digadang gadang dapat memberikan kesan yang tak akan terlupakan.

Selain Hurricane Slider, ada juga tipe seluncuran lain yakni Race Buster. Secara umum, bentuk wahana ini mirip dengan seluncuran pada umumnya. Yang menjadi pembeda Race Buster dengan tipe lainnya ialah adanya empat jalur berbeda dalam satu wahana. Hurricane slider memiliki 4 jalur dalam satu wahana yang bisa dinaiki sebanyak 4 orang di setiap masing masing bagiannya. Jangan lupa mengajak teman untuk beradu cepat meluncur mencapai garis finis.

Daya Tarik Aquaboom

Image Credit: Piknikasyik.com

Jika merasa belum puas bermain seluncuran, Anda bisa menaiki Thunder Bolt yang memiliki dua jalur dengan kemiringan nyaris 160 derajat. Wahana seluncur tipe ini juga dibuat dengan desain yang ekstrim dan memacu adrenalin. Menurut beberapa cerita pengalaman, ketika menaiki Thunder Bolt tubuh seperti melompat dari ketinggian 6 meter. Bagi Anda yang takut dengan ketinggian, disarankan untuk menaiki wahana lain yang lebih rendah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Setelah puas bermain di seluncuran dengan tiga tipe tersebut, Anda juga bisa mencoba wahana terbaru dari Waterpark Aquaboom BSB, yakni Aqua Loop. Wahana tersebut merupakan salah satu seluncuran yang paling tinggi di wisata bermain air Balikpapan. Pasalnya, ketinggian seluncuran tersebut mencapai 12 meter. Sangat cocok bagi Anda pencinta wahana ekstrem pemacu adrenalin.

Beralih ke area anak, wilayah tersebut dilengkapi dengan Bucket Boom dan Mushroom Fountain. Kedua tempat tersebut merupakan area ranah anak yang terdiri dari kolam, tiga seluncuran mini, dan ember tumpah. Kolam anak dalam area tersebut memiliki kedalaman sekitar 40 cm saja, jadi sangat aman bagi anak anak yang ingin bermain air. Dua ember raksasa dalam area tersebut juga siap mengguyur orang yang ada di bawahnya.

Selain ember raksasa, anak anak juga bisa bermain tembak tembakan menggunakan pistol air yang sudah disediakan pihak pengelola. Di sekitar area tersebut juga terdapat kursi kursi dan gazebo untuk beristirahat. Sembari bersantai di gazebo, Anda juga bisa mengawasi buah hati yang sedang bermain main di beberapa wahana tersebut. Inilah salah satu alasan Waterpark Aquaboom BSB menjadi destinasi wisata kerluarga yang terbaik.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Aquaboom BSB

Alamat Aquaboom BSB

Image Credit: Twitter.com @bambangherlandi

Bila berminat untuk mengunjungi destinasi wisata bermain air ini, Anda bisa menempuh perjalanan hingga Jalan Jendral Sudirman. Lokasi wisata tersebut berada tepatnya di Kompleks Balikpapan Super Blok di Gedung Nicopolis South Tower Astara lantai 7. Waterpark Aquaboom BSB juga terletak antara Hotel Astara dan Mal Pentacity. Jadi, jika Anda ingin liburan dengan kurun waktu yang lama bisa menginap di hotel tersebut.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan di Samarinda Paling Enak & Murah

Jika meluncur dari Bandara Internasional Sepinggan, Anda hanya perlu menempuh perjalanan baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum sekitar 15 menit saja. Apabila Anda datang dari pusat Kota Balikpapan, maka cukup mengambil jalur yang kebetulan searah dengan rute menuju Bandara Balikpapan. Akses jalanannya pun juga sangat mudah dilalui karena berada di pusat kota.

Umumnya jalanan akan mengalami kemacetan di jam atau hari hari tertentu saja. Bisa dibilang akses menuju ke Waterpark Aquaboom BSB ini sangat mudah, pasalnya letak objek wisata yang satu ini terletak di dekat jalan pusat. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat objek wisata bermain air ini dilalui banyak transportasi umum. Jika Anda datang dan tidak membawa kendaraan pribadi bisa menaiki salah satu transportasi tersebut.

Fasilitas yang Disediakan Aquaboom BSB

Fasilitas Aquaboom BSB

Image Credit: Baca.co.id

Waterpark Aquaboom BSB Balikpapan memiliki beragam fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya, gazebo atau cabana, tropical food hall, kamar mandi, tempat duduk, dan masih banyak lagi. Setelah puas bermain air, Anda bisa beristirahat di gazebo atau cabana yang telah disediakan pihak pengelola. Namun, untuk bisa berteduh di gazebo Anda perlu membayar uang sewa terlebih dahulu.

Cabana atau gazebo disewakan dengan harga yang terbilang terjangkau. Di hari biasa persewaan cabana dipatok dengan harga sekitar Rp. 100 ribuan, di hari libur gazebo tersebut memiliki harga sewa sekitar Rp. 200 ribu per 4 jam. Untuk urusan makanan Anda juga tak perlu khawatir, di lokasi tersebut juga sudah disediakan tempat kuliner Tropical Food Hall yang menyediakan beragam sajian ala Indonesia, Western, Asian, dan lain lain.

Harga Tiket Masuk Aquaboom BSB

Harga Tiket Aquaboom BSB

Image Credit: Imginn.com

Biasanya, setiap tempat wisata memiliki harga tiket yang berbeda antara hari hari biasa dengan hari libur. Hal tersebut juga berlaku bagi destinasi wisata Waterpark Aquaboom BSB. Untuk tarif yang harus dibayarkan ketika memasuki wisata bermain air tersebut sekitar Rp. 100 ribu di hari Senin hingga Jumat. Sedangkan di hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah lainnya tiket masuk Waterpark Aquaboom dibanderol seharga Rp. 200 ribuan per orang.

Bagi Anda yang ingin tetap liburan meski budget minim, Anda bisa memanfaatkan promo tiket yang biasanya digelar oleh pihak waterpark tersebut. Promo tiket tersebut kebanyakan disediakan dalam bentuk seperti, tiket masuk anak sekolah, tiket masuk rombongan, dan tiket anggota. Sebelum menuju lokasi, Anda juga bisa menghubungi pihak pengelola waterpark dan menanyakan secara langsung terkait informasi promo tiket masuk.

BACA JUGA:  5 Pakaian Adat Khas Kalimantan Timur

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Waterpark Aquaboom BSB, usahakan untuk mengetahui terlebih dahulu jam buka wisata tersebut. Sebagai informasi, Waterpark Aquaboom BSB akan tutup di hari senin. Pasalnya, di hari tersebut Waterpark Aquaboom akan melakukan perawatan secara keseluruhan dari kolam hingga wahana lainnya. Anda bisa mendatangi wisata bermain air ini di hari Selasa hingga Minggu.

Di Hari Selasa hingga Jumat, waterpark akan dibuka pukul 10.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Jam operasional wisata tersebut akan lebih lama di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yakni mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 19.00 WITA. Di hari tersebut Anda bisa lebih puas untuk bermain main air di Waterpark Aquaboom BSB. Khusus untuk Anda yang menginap, bisa menjangkau waterpark tersebut kapanpun Anda inginkan.

Penginapan dan Hotel di Sekitar Area Wisata

Hotel di Area Wisata

Image Credit: Hotelmurah.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Waterpark Aquaboom dibangun tepat di antara kompleks hotel dan mal. Bagi Anda yang berlibur di Kota Balikpapan dengan jangka waktu lama, bisa memanfaatkan penginapan atau hotel di area tersebut sebagai tempat peristirahatan. Tak hanya itu, jika Anda ingin menginap di luar area waterpark Anda juga bisa menginap di hotel yang terletak di sekitar lokasi wisata tersebut.

Meski terletak di tengah kota, beberapa penginapan sekitar area lokasi Waterpark Aquaboom BSB memiliki harga sewa kamar yang terbilang cukup terjangkau. Dengan harga yang terjangkau, beberapa penginapan juga dilengkapi fasilitas modern yang sangat menunjang kenyamanan para pengunjung. Lokasi yang juga strategis menjadikan penginapan tersebut berdekatan dengan pasar, mal, tempat wisata, hingga restoran kuliner Balikpapan.

Demikian informasi lengkap mengenai daya tarik, hingga penginapan terdekat yang ada di Waterpark Aquaboom BSB Balikpapan. Bagi Anda yang berada di Kota Balikpapan, Kalimantan, tak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata air yakni Waterpark Aquaboom BSB. Wisata air ini memiliki keunikan berupa letak lokasi yang berada di gedung lantai 7. Untuk mengetahui keunikan lainnya, silahkan kunjungi destinasi wisata air tersebut.