Kalimantan Timur

Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Memukau di Samarinda

Lokasi: Jl. Muara Badak – Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
MapCek Lokasi

Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur yang cukup padat penduduk. Banyak orang yang mengunjungi daerah ini karena berbagai kepentingan, salah satunya untuk liburan. Sayangnya tidak banyak wisata alam yang disuguhkan oleh kota Samarinda, karena kebanyakan tempat yang banyak dikunjungi oleh pusat perbelanjaan. Meskipun demikian, anda masih bisa mengunjungi tempat wisata alam yang menarik di sini yaitu Air Terjun Tanah Merah.

Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Air Terjun Tanah Merah

Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Air Terjun Tanah Merah

Image Credit: Moniikawp.com

Air terjun Tanah merah menjadi tempat tujuan wisata favorit di Samarinda. Hal ini dikarenakan, keindahan air terjun dengan ketinggian 15 meter tersebut ditambah dengan suasana di daerah sekitar yang masih asri. Air terjun ini dikelilingi dengan hijaunya pepohonan yang membuatnya terlihat semakin teduh. Gemeririk air yang berasal dari atas, pastinya akan memberikan efek relaksasi bagi pikiran anda. Air terjun ini, terletak di pinggiran perkampungan yang masih alami.

Hal yang tidak kalah unik dari tempat ini, adalah air terjunnya yang memiliki warna berbeda dengan tempat lain, yaitu coklat kemerahan. Ketika masih berada di atas, air terjun ini memiliki warna yang jernih. Namun, setelah jatuh ke kolam bawah, maka air tersebut menjadi berubah warna. Hal ini disebabkan karena air tersebut bercampur dengan tanah di daerah Borneo ini, yang berjenis gambut sehingga warna air terjun tersebut menjadi kecoklatan.

Air Terjun tanah merah masih tergolong baru, dimana lokasi ini ditemukan sekitar tahun 1975. Dan setelah 14 tahun kemudian, baru masyarakat sekitar mengelola air terjun tersebut menjadi tempat wisata. Di sini, anda akan menjumpai beberapa mata air yang ditutupi oleh pepohonan dan semak semak. Mata air tersebut kemudian membuat suatu aliran air menuju ke bebatuan, tanah, dan bahkan anda juga akan menemukan kolam yang berisi air air tersebut.

BACA JUGA:  Wisata Seru ke Agrowisata Beruang Madu Balikpapan

Akses Menuju Air Terjun Tanah Merah

Akses Menuju Air Terjun Tanah Merah

Image Credit: Tokopedia.com

Air Terjun ini terletak di Kecamatan Samarinda Utara, lebih tepatnya di Dusun Purwosari. Karena lokasinya yang masih berada di wilayah Samarinda, maka akses untuk menuju ke tempat wisata ini juga tergolong mudah. Jarak antara air terjun tanah merah dengan pusat kota Samarinda sekitar 14 km. Sehingga perjalanan anda menuju tempat wisata ini bisa menghabiskan waktu sekitar 30 menit, tergantung situasi dan kondisi jalanan.

Untuk mengunjungi tempat ini, anda bisa menggunakan angkutan umum yang banyak tersedia dengan tarif yang cukup terjangkau. Jika menaiki angkutan kota, anda bisa memilih angkot dengan jurusan dari pasar Segiri menuju Sungai Giring. Selanjutnya, anda harus berhenti di simpang tiga yang menuju ke air terjun tersebut. Selain angkutan umum, anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor karena sudah disediakan parkir di wisata ini.

Fasilitas yang Ada di Wisata Air Terjun Tanah Merah

Fasilitas yang Ada di Wisata Air Terjun Tanah Merah

Image Credit: Flickr.com @Nuovi

Mengunjungi tempat wisata ini, anda tidak perlu khawatir lagi karena fasilitas yang ada di sana cukup lengkap baik untuk rekreasi sendiri, maupun aktivitas penunjang lainnya. Selain adanya fasilitas area parkir yang luas untuk menjaga kendaraan pribadi anda, di sini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti kamar mandi, bangku bangku di sekitar air terjun, gazebo atau pendopo untuk istirahat, kolam renang dan tempat bermain untuk anak anak.

Di tempat wisata ini, anda juga bisa menemukan warung makan dengan mudah. Jadi anda tidak perlu bingung lagi ketika lupa membawa bekal ssebelum ke lokasi. Ada beberapa tempat makan yang bisa anda tuju untuk mengenyangkan perut anda. Pastinya harga makanan di tempat ini juga cukup terjangkau. Dan hal yang tidak kalah menarik dari tempat wisata ini adalah pentas terbuka. Tak heran jika tempat ini sering dikunjungi oleh para wisatawan, apalagi  saat liburan.

BACA JUGA:  Danau Semayang, Objek Wisata Alam Favorit di Kutai Kartanegara

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Tanah Merah

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Tanah Merah

Image Credit: Pesona.travel

Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan dan pastinya anda tidak akan bosan untuk menghabiskan waktu liburan anda di tempat ini. Selain menikmati keindahan air terjun yang cukup unik tersebut sembari duduk di bangku sekitarnya, anda juga bisa dengan mengambil foto dengan menggunakan pemandangan air terjun sebagai latarnya. Puas mendengarkan gemericik air terjun, anda bisa menyegarkan tubuh dengan berenang di kolam renang.

Meskipun air terjun ini memiliki kolam bawah dengan air yang langsung berasal dari atas, namun pengunjung dilarang berenang di tempat tersebut. Kemungkinan karena warna airnya yang kecoklatan sehingga bisa menghalangi penglihatan saat sedang berenang. Selain berenang, anda juga bisa bersantai sambil menikmati kuliner yang ada di warung makan. Anda juga tidak perlu khawatir jika mengajak anak kecil, karena di sini mereka bisa bermain dengan puas.

Bagi pengunjung yang hobi melakukan penjelajahan, anda bisa mencoba trekking untuk melihat aliran air terjun tanah merah yang berasal dari hulu. Terdapat anak tangga dibuat dari kayu, yang memang sengaja disediakan untuk pengunjung yang naik ke atas bukit. Sehingga anda tidak perlu lagi naik ke atas bukit melewati bebatuan, karena dikhawatirkan akan terpeleset. Dengan melakukan penjelajahan ini, tentunya liburan anda akan semakin seru dan menantang.

Barang-Barang yang Penting Dibawa Saat Berkunjung

Barang-Barang yang Penting Dibawa Saat Berkunjung

Image Credit: Travel.detik.com

Agar liburan lebih menyenangkan dan tidak kecewa, anda harus membawa barang barang yang lengkap. Ketinggalan barang yang penting bisa membuat liburan anda menjadi terganggu. Ada beberapa barang yang harus dibawa ketika anda mengunjungi wisata air terjun ini. Beberapa barang tersebut antara lain smartphone, kamera dengan baterai yang penuh, baju untuk ganti, sandal antiselip, drybag serta air mineral yang cukup.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Balikpapan yang Paling Populer

Smartphone menjadi barang yang sangat penting untuk dibawa. Selain digunakan untuk memotret keindahan pemandangan Air Terjun Tanah Merah, benda ini juga berguna untuk menunjukkan lokasi tempat wisata melalui google maps. Jadi anda harus memastikan bahwa baterainya dalam keadaan penuh, sebelum membawanya pergi. Kalau perlu anda juga bisa membawa powerbank yang berfungsi untuk mengisi daya jika ponsel anda kehabisan baterai di tengan perjalanan.

Sebenarnya untuk mengambil foto yang ada di tempat ini sudah cukup dilakukan dengan smartphone jika kualitas kameranya cukup bagus. Namun, untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik anda juga bisa membawa kamera DSLR. Sedangkan baju ganti sendiri sangat penting jika ternyata di tempat ini, anda berenang maupun pakaian basah karena terkena percikan air. Sandal antiselip sangat berfungsi ketika anda berencana melakukan trekking ke atas bukit.

Air Terjun Tanah Merah memang menawarkan keindahan pemadangan air terjun yang indah dengan suasana yang masih alami. Untuk mengunjungi tempat wisata ini sangatlah mudah, bisa dilakukan dengan menaiki angkutan umum maupun menggunakan kendaraan pribadi. Banyak fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini, mulai dari tempat parkir yang luas hingga adanya taman bermain untuk anak kecil. Sangat menyenangkan bukan?