Kalimantan Timur

Air Terjun Pinang Seribu, Destinasi Wisata Alam Favorit di Samarinda

Lokasi: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map: Cek Lokasi

Wilayah Kalimantan memang sangat terkenal dengan keindahan alam yang dimilikinya.Tak heran jika di daerah ini banyak ditemukan wisata alam, salah satunya di Samarinda. Berkunjung ke Samarinda, tentunya harus menyempatkan mampir ke tempat wisata yang ada di sana. Rekomendasi wisata alam yang paling tepat adalah Air Terjun Pinang Seribu. Berniat liburan ke Air Terjun ini? Berikut ini daya tarik dan fasilitas yang ada di sana.

Daya Tarik Air Terjun Pinang Seribu

Daya Tarik Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Heikaku.com

Air terjun yang ada di Kalimantan Timur ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan air terjun yang ada di pulau Jawa. Jika umumnya air terjun yang Anda temukan tampak begitu tinggi, maka wisata alam ini justru kebalikannya. Ketinggian Air Terjun Pinang Seribu hanya 4 hingga 5 meter, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Meskipun demikian, air terjun ini tak kalah indahnya dengan air terjun di tempat lain.

Justru karena keunikan inilah yang membuat air terjun ini menjadi tempat wisata favorit di Samarinda. Selain itu, di tempat wisata ini terdapat tebing dengan celah yang cukup besar, dengan diameter sekitar 2 meter. Sehingga cukup digunakan untuk bermain air. Tidak hanya air terjun yang menarik, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai satwa yang ada di hutan Kalimantan ini. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman baru selama liburan.

Daya tarik lainnya yaitu suasana yang sejuk dengan pohon yang rindang di sekitar air terjun. Terdapat kolam dengan air yang jernih untuk berenang dan bermain air. Gemericik air terjun disertai keindahan alamnya, membuat pengunjung betah berlama lama di tempat ini. Selain itu, terdapat danau buatan yang memang disediakan untuk bermain sepeda air dan wahana lainnya.

BACA JUGA:  Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong, Objek Wisata Andalan Kutai Kartanegara

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Pinang Seribu

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Visit-samarinda.blogspot.com

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Pengunjung bisa duduk di bebatuan dekat air terjun untuk menikmati pemandangan, dan mendengarkan air terjun yang jatuh menuju kolam. Pemandangan yang masih asri menjadi salah satu tujuan bagi para fotografer untuk mengabadikan momen di tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam yang sudah disediakan. Tentunya badan akan menjadi segar kembali, apalagi jika ke tempat ini pada siang hari.

Meskipun tergolong sebagai salah satu wisata alam, namun tempat ini juga menyediakan wahana permainan yang menarik untuk dicoba. Salah satunya yaitu bermain sepeda air dan flying fox. Bila lelah, pengunjung dapat bersantai di pendopo yang sudah disediakan. Dijamin, pengujung tidak akan bosan jika mengunjungi tempat wisata ini. Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk berselfi.

Selain itu, beberapa komunitas juga mengadakan outbond di tempat ini. Salah satu kegiatan outbond yang menarik yaitu menaiki jembatan gantung yang dibangun di sekitar air terjun. Jembatan ini terbuat dari tali tambang yang dirangkai satu sama lain. Sedangkan bagian dasar jembatan menggunakan kayu yang disusun dengan jarak tertentu. Ketinggian jembatan memang tidak seberapa, namun sensasi ketika menaiki jembatan membuat Anda serasa berjalan di atas air.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Pinang Seribu

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Wonderfulborneoku.blogspot.com

Fasilitas yang ada di tempat ini terbilang cukup lengkap. Terdapat banyak wahana permainan dan fasilitas liburan yang disediakan oleh pihak pengelola. Dibangun beberapa gazebo yang memang disediakan untuk tempat istirahat pengunjung, agar dapat menikmati keindahan alam di tempat ini. Setidaknya terdapat sekitar sepuluh gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk sekedar duduk. Setiap gazebo terdiri dari ruangan besar dan kecil.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Balikpapan yang Wajib Anda Coba

Selain itu, terdapat villa untuk pengunjung yang berasal dari daerah yang jauh yang ingin menginap. Namun, penginapan yang ada di sini memang masih hanya satu villa saja. Adapun fasilitas pendukung lainnya meliputi mushola, tempat parkir dan toilet. Tidak perlu khawatir jika harus menunggu lama untuk berganti, karena di tempat ini tersedia sekitar 8 bilik kamar mandi. Terdapat area parkir untuk pengunjung yang membawa motor ataupun mobil.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Pinang Seribu

Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Getborneo.com

Salah satu alasan mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini yaitu karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota Samarinda. Jika Anda berangkat dari Sempaja, maka jarak menuju Air Terjun Pinang Seribu tidak terlalu jauh. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 10 hingga 15 menit. Untuk sampai ke air terjun ini, pengujung harus melewati perkampungan warga sampai ke ujung jalan Pinang Seribu.

Selanjutnya, Anda harus melanjutkan perjalanan melewati jalan yang cukup terjal, dengan pemandangan sawah dan tebing yang cukup tinggi. Meskipun akses menuju lokasi agak sulit, namun perjalanan tidak akan terasa , karena Anda akan teralihkan dengan gemericik air yang jatuh ke sungai, ditambah hamparan alam yang hijau di daerah Bengkuring.

Harga tiket masuk saat berkunjung ke tempat wisata ini cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 5000 untuk satu orang. Namun, harga tersebut bisa berubah ubah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak pengelola. Sedangkan biaya parkir dibebankan hanya sekitar seribu rupiah untuk roda dua dan empat ribu rupiah untuk roda empat. Perlu diketahui, jika harga tiket masuk belum termasuk wahana permainan yang ada di dalamnya.

BACA JUGA:  10 Mall di Samarinda yang Wajib Anda Kunjungi

Jadi jika pengunjung ingin menikmati wahana permainan, maka akan dikenakan biaya tambahan, menyesuaikan dengan jenis wahana yang dipilih. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 10.00 hingga 17.00. Tentunya jam yang berlaku mengikuti zona waktu WITA. Agar bisa bermain sepuasnya, maka disarankan untuk memulai perjalanan dari Samarinda sekitar jam 09.00.

Tips Berlibur ke Air Terjun Seribu Pinang

Tips Berlibur ke Air Terjun Seribu Pinang

Image Credit: Travellersstep.blogspot.com

Agar liburan terasa lebih menyenangkan, sebaiknya ajak teman atau keluarga untuk liburan bersama. Jika memang berniat berenang dan bermain air di tempat ini, maka jangan lupa untuk membawa baju ganti. Selain itu, Anda juga tetap harus menjaga kebersihan lingkungan di tempat ini, dengan membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai merusak lingkungan agar keasriannya masih terjaga.

Kolam yang ada di air terjun ini memang tidak terlalu dalam, bahkan tergolong cukup dangkal. Meskipun demikian, Anda harus tetap hati hati saat bermain di sekitar kolam. Pasalnya, di dasar kolam terdapat pusaran air. Pusaran air tersebut dapat membahayakan jika Anda tidak mahir berenang, karena bisa terseret arus dan terjebak dalam pusaran tersebut.

Itulah beberapa keindahan Air Terjun Pinang Seribu yang ada di Samarinda. Agar tidak sampai menyesal saat berlibur ke sini, maka pastikan membawa kamera dengan baterai yang penuh. Jika memang tidak sempat membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini terdapat warung yang menjual makanan. Untuk menikmati liburan yang lebih seru, sebaiknya ajak teman atau keluarga untuk mengunjungi Air Terjun Pinang Seribu yang ada di Samarinda ini.