Kalimantan Barat

Pancur Aji, Destinasi Air Terjun yang Hits di Kalimantan Barat

Lokasi: Beringin, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau.
MapCek Lokasi

Kalimantan, salah satu provinsi yang ada di Indonesia ini rasanya mempunyai magnet tersendiri untuk manerik wisatawan. Banyak wisata alam yang ditawarkan, wisata alam disini tentu masih sangat alami dan liar, jadi untuk kamu yang ingin merasakan sensasi wisata liar ala Indonesia cobalah berkunjung ke Kalimantan. Selain wisata alam yang eksotis, Kalimantan juga masih kental dengan adat istiadat serta budaya yang dijaga turun temurun dari nenek moyang mereka.

Salah satu daerah di Kalimantan mempunyai satu destinasi wisata air terjun menarik yang bisa kamu kunjungi, yaitu air tejun pancur aji yang ada di Kalimantan Barat. Air mancur ini terdiri dari tiga undakan, ketinggian tiga air terjun di kawasan ini hanya sekitar empat sampai lima meter. Namun derasnya air dari masing-masing ketinggiannya memberikan sensasi segar, memang curah airnya tidak terlalu deras, tapi cukup untuk menyegarkan bandan.

Konon katanya lokasi ini merupakan persembunyian bujang Melaka membentengi diri dari kerajaan musuh. Walaupun lokasinya berda di ujung kota, Pancur Aji tetap ramai dikunjungi wisatawan dalam maupun luar Kalimantan. Pada bagian atas bukit Pancur Aji ini sempat ditemukan sisa-sisa banteng yang terbentang pada dataran bukit. Di bagian belakang banteng tersebut ada pula galian yang berukuran cukup dalam, diperkirakan galian tersebut adalah tempat penyimpanan perbekalan zaman dahulu.

Mengenal Air Terjun Pancur Aji

Mengenal Air Terjun Pancur Aji

Image Credit: Suarakalbar.co.id

Air Terjun Pancur Aji menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang masih sangat alami , udaranya masih sangat segar karena jauh dari hruk pikuk kendaraan dan jauh dari polusi. Dinginnya air pegunungan gemericik air dan suara alam kental dan suasana yang masih alami yang bisa Anda rasakan disini. Pemandngan yang segar ini akan membuat betah berlama-lama di air terjun Pancur Aji.

BACA JUGA:  Pulau Randayan, Pulau Cantik Nan Eksotis di Kalimantan Barat

Karena masih banyak, flora dan fauna di kawasan air terjun ini masih sangat baik, Anda akan mudah menemukan pohon tengkawang disini yang merupakan tumbuhan dalam kategori langka dan sulit ditemukan. Saat berjalan melalui area perhutanan kamu jika beruntung kamu bisa melihat seperti orang utan, rusa, dan berbagai jenis fauna lainnya, tapi jangan khawatir hewan-hewan tersebut sudah dikandangkan dengan baik.

Saat akhir pekan seperti wisata ini akan lebih ramai lagi, tampak sejumlah masyarakat Sanggau maupun warga luar Sanggau berlibur disini. Dari kalangan anak-anak hingga dewasa juga tampak sedang menikmati suasana di Pancur Aji. Bagian bawah air terjun juga bisa kamu gunakan untuk mandi segar bersama rombongan.

Untuk sampai di perjalanan kamu harus melewati perjalanan yang lumayan melelahkan, setidaknya ada 100 anak tangga yang harus dilewati agar sampai. Mempersiapkan stamina yang segar dan perbekalan yang cukup bisa membantumu di perjalanan.

Keindahan Panorama Air Terjun yang Eksotis & Udara Segar

Keindahan Panorama Air Terjun yang Eksotis & Udara Segar

Image Credit: Midwifery20.blogspot.com

Pada saat musim hujan, pengunjung bisa merasakan sensasi berendam yang menyegarkan  dan mandi dia derasanya air terjun Pancur Aji, akan lebih baik jika kamu datang kesana pada saat musin hujan saja, karena ketika musim kemarau air terjun tetap menarik meski curah airnya tidak terlalu deras seperti sajat musim hujan.

Meski mempunyai ketiggian yang tidak terlalu tinggi, air terjun ini tetap memikat dengan pesonanya, jika kamu berendam di tengah kolam air terjun, kamu bisa melihat rimbunnya pepohonan yang menyejukkan mata. Sudah puas berendam di bawah air terjun kamu bisa mengambil spot foto yang menarik dan bisa untuk koleksi di media sosial.

BACA JUGA:  Nikmati Berpetualang di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya

Wisata ini juga cocok untuk wisata keluarga, ada gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sebari menikmati bekal yang dibawa dari rumah, atau hanya untuk mearuh barang-barang saat kamu ingin mandi. Walaupun ketinggian air terjun Pancur Aji tidak terlalu, selain itu terdapat sebuah meriam yang dipasang dibenteng tersebut dan diberi nama Bujang Malaka.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Pancur Aji

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Pancur Aji

Image Credit: Detik.com

Di objek wisata Pancur Aji ada fasilitas kamar mandi yang bisa kamu gunakan untuk bilas setelah berendam di dalam air terjun tersebut, kamar mandi tersebut dalam kondisi layak yang bisa dipakai. Ada juga tempat-tempat duduk yang bisa untuk bersantai bersama pasangan, atau hanya istirahat sejenak setelah perjalanan jauh menelusuri hutan.

Untuk kamu yang kaum rebahan, bisa memilih gazebo yang berukuran cukup besar untuk tempat bersantai setelah seharian mandi di tengah air terjun. Terdapat pula jalur tracking setapak supaya biasa menjadi jalur olahraga kecil bagi pengunjung sekitar.

Karena wisata ini ada di tengah hutan yang masih rimbun, maka kamu harus memarkinkan kendaraanmu di atas, untuk kendaraan roda adua akan dipatok dengan tariff 2500 dan unmtuk mobil akan dipatok dengan harga 5000 rupiah. Terdapat pula warung dan tenda-tenda makan yang tersedia sebelum masuk rimbunnya hutan, jadi lebih baik kamu membeli persediaan konsumsi saat masih diatas.

Lokasi Air Terjun Pancur Aji

Lokasi Air Terjun Pancur Aji

Image Credit: Adamaqbar.com

Pancur Aji adalah sebuah obyek wisata alam kebanggaan kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Pancur Aji terletak di pinggiran teluk sungai Kapuas di bagian hilir atau pesisir barat kota Sanggau, kawasan wisata ini diapit oleh dua buah anak sungai, ada Sungai Monga yang ada di bagian hilir dan Sungai Mawang yang ada di bagian hulu.

BACA JUGA:  Keindahan Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang, Kalimantan Barat

Sungai Monga dan Sungai Mawang bermuara pada Sungai Kapuas yang juga terletak di Kalimantan Barat. Jadi sayang banget kalau kamu ke Kalimantan Barat tidak menyempatkan waktu berkunjug ke air terjun ini, masyarakat lokal sering menyebutnya dengan sebutan air terjun Niagara ala Kalimantan.

Cara Menuju Air Terjun Pancur Aji

Cara Menuju Air Terjun Pancur Aji

Image Credit: Detik.com

Untuk menuju kawasan wisata alam ini disimpang jalan sudah terpasang papan petunjuk lokasi wisata tersebut, bagi kamu penyuka jalanan ekstrim boleh mencoba jalanan tersebut, pasalnya jalan menuju kawasan ini cukup menantang. Melewati bukit-bukit yang licin dan lembab, namun jangan khawatir kamu tidak akan bosan ketika melewati jalanan tersebut, akan ada suguhan pemandangan sekeliling yang indah dan membuat kita lupa dengan rasa lelah yang mendera.

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan kawasan wisata ini, wisata Pancur Aji berjarak sekitar 6 km dari kota Sanggau, kamu bisa menempuh perjalanan dari jalan raya menuju Pontianak di sebelah barat Sanggau dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam. Perjalanan darat sudah bisa diakses dengan baik, kamu sudah bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju lokasi.

Agar tidak kesulitan saat berwisata ke air terjun Pancur Aji, ada beberapa tips yang bisa akmu gunakan. Pertama  sewalah homestay atau penginapan yang nyaman sebelum berangkat ke Kalimantan, jangan memilih saat dalam perjalanan karena hasilnya tidak akan maksimal, kedua bawalah sunblock atau obat nyamuk oles karena wisata ini terletak di tengah hutan. Usahakan pakai pakaian senayaman mungkin supaya tidak mengganggu aktivitas wisatamu.