Kalimantan Utara

Intip Keindahan Alam Air Terjun Karungan di Tarakan

Air Terjun Karungan menjadi objek wisata alam yang menarik dikunjungi di Tarakan, Kalimantan Utara. Keaslian alam dan pesona dari air terjun menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi: Karungan, Mamburungan Timur, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan.
Map: Cek Lokasi

Kalimantan dikenal dengan pesona alam yang sangat menakjubkan dan menawan. Mulai dari pantai yang eksotis, taman yang indah, hingga air terjun yang memesona semua ada di Kalimantan. Berbicara tentang air terjun, ada salah satu destinasi yang bisa dikunjungi untuk berlibur di akhir pekan yaitu Air Terjun Karungan tepatnya berada di Tarakan. Banyak sekali pesona yang dipancarkan dari kawasan wisata tersebut. Untuk lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Karungan

Daya Tarik Air Terjun Karungan

Image Credit: Wisatalengkap.com

Mendapat predikat kota industri, tak membuat kota Tarakan menyampingkan potensi wisata alamnya yang bisa dikembangkan. Pariwisata yang terkenal pada kota ini kebanyakan wisata sejarah. Pasalnya, Tarakan dulu merupakan saksi bisu perang dunia kedua. Selebihnya lokasi wisata didominasi dengan pantai, wisata pesisir laut dan konservasi hutan bakau. Namun, ada juga cara lain untuk menikmati liburan akhirnya pekan dengan mengunjungi air terjun.

Salah satu air terjun yang populer di Tarakan adalah Air Terjun Karangan. Dengan pesonanya yang menawan, Anda disuguhkan dengan ketinggian air yang cukup tinggi. Anda bisa menikmati pemandangan yang akan membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Hal tersebut terjadi karena keseharian sudah dipenuhi dengan hiruk pikuk pekerjaan di perkotaan yang hanya membuat hati tidak nyaman.

Jika berbicara tentang air terjun Karungan, apa sih yang ditawarkan pada wisata ini? Pesona keindahan yang jarang terjamah oleh tangan manusia ini menjadi salah satu daya tarik yang bisa Anda bayangkan keasriannya. Itu artinya air terjun masih sangat terjaga keasrian alamnya dan tentunya begitu sejuk. Keindahan yang tak kalah menarik ada pada bebatuan di sekitar Air Terjun Karungan ini.

Keaslian dari alam yang membentang luas disuguhkan lokasi wisata tersebut memang sengaja dilakukan Pemerintah setempat dengan tidak mengubah dan tetap mempertahankan keindahan alamnya. Terletak di Dusun Karungan Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kalimantan Utara, wisata ini sangat diminati baik penduduk lokal maupun wisatawan berasal dari luar daerah Tarakan.

Daya Tarik Air Terjun Karungan Tarakan

Image Credit: Instagram.com @dispar.trk

Tak berhenti di situ saja, Anda pasti akan rela datang jauh hanya untuk melihat air terjun ini karena pesona dinding air terjun dengan batuan coklat mengkilap yang akan memanjakan mata. Seolah batu tersebut merupakan bebatuan buatan. Selain itu, ada juga batu di bawah dasar air dengan ukuran yang besar dan terjal, sehingga membuat kesan menjulang sampai ke permukaan air sungai.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tarakan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda tidak perlu khawatir dengan air yang mengalir pada air terjun ini. Pasalnya jatuhnya air dari atas ketinggian mengalir langsung pada bebatuan tadi tanpa mengalami terjun bebas karena ada kemiringan tebing dan bebatuan yang menjulang tinggi. Selain keindahan dari air terjunnya, Anda juga bisa dimanjakan dengan pemandangan alam sekitarnya yang masih hijau asri dan pastinya hutan yang lebat masih terjaga kealamian.

Keasrian dari air terjun juga membuat suhu dari air sangat segar. Udara sejuk dan cuaca yang dingin akan Anda rasakan dibandingkan dengan kota yang biasanya hanya merasakan rasa panas. Di lokasi ini, Anda bisa menikmati keindahan alam di sekitar, air terjun yang menawan, dan juga aliran air yang tidak begitu deras. Air Terjun Karungan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman jika ingin berlibur atau sekedar melepas penat.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Karungan

Fasilitas Air Terjun Karungan

Image Credit: Indonesiatraveler.id

Libur akhir pekan memang lebih seru jika dihabiskan di tempat wisata yang tidak mewah namun bisa melepas penat. Air Terjun Karungan menjadi opsi yang sangat tepat untuk menciptakan quality time atau waktu berkualitas bersama orang terkasih yang dimiliki. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini hanya untuk sekedar bersantai, dan menghabiskan waktu liburan untuk menikmati keindahan alamnya.

Wisata air terjun ini memang keberadaannya sudah lama dan terlebih lokasinya sangat mudah diakses. Hal tersebut membuat lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung di setiap harinya. Maka dari itu, Pemerintah Kota Tarakan juga sudah mulai menawarkan pembenahan pada lokasi wisata Air Terjun Karungan di Tarakan ini. Ada beberapa fasilitas yang dibangun untuk menunjang kenyamanan pengunjung saat berada di air terjun cantik ini.

Pemerintah telah membangun jembatan gantung sepanjang 30 meter dan gazebo untuk bersantai yang dapat digunakan wisatawan. Tidak hanya fasilitas itu saja, ada juga beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati pengunjung khususnya anak anak. Terdapat pula lokasi pemancingan jika menghabiskan liburan seru di Air Terjun Karungan ini. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk berkumpul dan berwisata bersama keluarga.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang Paling Hits

Selain wahana permainan dan lokasi wisata Anda bisa menghabiskan malam di sekitar kawasan wisata ini dengan menyewa penginapan. Setelah lelah menikmati pemandang dan bermain bersama keluarga di tempat ini, Anda juga bisa melepas dahaga dan mengisi perut di warung sekitar. Makanan yang disajikan sangat beragam, mulai dari makanan asli khas Kalimantan hingga menu nusantara.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Air Tarakan

Aktivitas di Air Terjun Tarakan

Image Credit: Tribunnews.com

Jika sudah berada di tempat wisata seperti ini, pasti momen untuk mengabadikannya merupakan hal yang sangat penting. Apalagi kalau Anda memiliki banyak media sosial untuk membagikan kegiatan yang dilakukan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengunjungi wisata air terjun ini, wajib rasanya jika menikmati keindahannya dengan berfoto. Pasalnya banyak sekali spot menarik yang bisa Anda temukan di tempat wisata ini.

Bagi Anda yang hobi fotografi, lokasi Air Terjun Karungan juga sangat cocok untuk diambil gambarnya karena pemandangannya yang indah. Setelah puas untuk mengabadikan momen, Anda bisa bermain air atau berenang di sekitar air terjun. Kedalaman air yang dangkal memudahkan pengunjung berlama lama untuk menikmati kesegaran air yang ada di dalamnya.

Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda pada wisata ini, maka Anda bisa membawa peralatan camping dari rumah. Bermalam di air terjun akan menambah pengalaman yang berbeda karena menghabiskan liburan di alam terbuka. Sambil menikmati panorama pemandangan yang sejuk dan asri, Anda juga bisa lebih dekat dengan alam dan juga keluarga saat berlibur.

Tips Berwisata ke Air Terjun Karungan Tarakan

Tips ke Air Terjun Karungan

Image Credit: Facebook.com @agro wisata karungan tarakan

Jika Anda ingin berwisata ke Air Terjun Karungan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik agar liburan Anda berjalan sesuai dengan rencana. Pertama Anda memantau perkiraan cuaca saat akan bepergian, mengingat lokasi yang dituju adalah wisata alam. Hal tersebut akan mengganggu liburan Anda jika di tengah perjalanan turun hujan. Terlebih untuk sampai lokasi ada beberapa track yang harus dilewati.

BACA JUGA:  Islamic Center Tarakan, Masjid Megah Ala Timur Tengah

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika mengunjungi air terjun ketika cuaca sedang cerah dan tidak berlibur di musim penghujan. Kemudian, bawalah barang yang seperlunya saja. Pasalnya, jika terlalu membawa banyak barang, maka akan mempersulit diri sendiri karena perjalanan untuk sampai di lokasi harus melewati beberapa jalur yang cukup terjal dan berliku.

Bawalah barang yang menunjang perjalanan dan berguna seperti makanan atau minuman, baju ganti, kamera atau ponsel pintar untuk berfoto, dan uang secukupnya. Selain itu, jika Anda sudah sampai di tempat, sebaiknya juga harus berhati – hati saat bermain di air, dan menyusuri wisata Air Terjun Karungan ini, karena banyak batu besar yang ada di sekitar area tersebut.

Jika sebelumnya wisata ini masih belum banyak terjamah tangan manusia dan masih asli, maka sebaiknya Anda jangan coba – coba merusak alam tersebut. Jangan membuang sampah sembarangan saat berada di air terjun ini. Tak sampai di situ saja, Anda juga perlu untuk menjaga fasilitas penunjang lainnya dan tidak mengganggu biota alam di air serta hutannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Karungan

Rute ke Air Terjun Karungan

Image Credit: Pesonatimur.com

Seperti namanya, Air terjun Karungan juga berada di Dusun Karungan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, di Kota Tarakan. Untuk sampai ke lokasi sangatlah mudah, karena berjarak tempuh hanya sekitar sepuluh menit dari tengah kota dengan menggunakan kendaraan. Jadi Anda tidak perlu lagi kesulitan mencari lokasi, jika baru pertama kali mengunjungi tempat ini.

Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, bahkan juga bisa menggunakan bus apabila datang dengan rombongan. Namun, untuk sampai ke air terjun, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Selama menyusuri perjalanan, Anda kan disuguhi berbagai pemandangan yang indah, suasana yang sejuk dan keaslian dari hutan sekitar.

Itulah keindahan Air Terjun Karungan yang bisa Anda nikmati jika memilih lokasi wisata ini sebagai tempat liburan. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama seperti, bermain air, piknik dan berswafoto. Jika ingin lebih menyatu dengan alam, Anda juga bisa membawa peralatan kemah untuk menghabiskan malam di sini. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan pusat kota memudahkan pengunjung jika ingin berlibur ke Air Terjun Karungan.